9 Jasa Pengiriman Barang untuk Mendukung Bisnis Online Anda

9_jasa_pengiriman_barang_untuk_mendukung_bisnis_online_anda

Era digital membawa perubahan yang mempengaruhi banyak aspek. Salah satu dampaknya adalah semakin banyak orang yang berbelanja online. Banyak pengusaha yang menjalankan bisnis online atau online shop lebih memilih menggunakan jasa pengiriman (outsource) untuk mengantarkan barang pesanan kepada pelanggan mereka dibandingkan membentuk divisi logistik sendiri yang lebih banyak memakan biaya dan sumber daya manusia. Sekarang ini banyak e-commerce dan online shop yang bekerja sama dengan beberapa penyedia jasa pengiriman barang untuk memudahkan penyaluran barang kepada setiap pelanggan mereka. Artikel ini akan mengulas tentang beberapa jasa pengiriman yang dapat membantu mengirimkan barang kepada pelanggan anda.

Pengiriman Langsung

Tujuan dari pengiriman langsung adalah untuk mengirimkan barang secara instan sehingga barang tersebut bisa sampai di tempat tujuan hanya dengan hitungan jam. Selain itu anda bisa mengetahui berapa lama barang itu bisa sampai ke tempat tujuan sesuai dengan jaraknya. Jenis pengiriman ini bisa membantu anda untuk mengirimkan barang dengan cepat sehingga pelanggan anda bisa menerima barang yang dipesan pada hari yang sama. Ini merupakan salah satu pilihan untuk menunjang bisnis anda dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

GO-SEND & GO-BOX

GO-SEND adalah salah satu layanan on-demand dari GO-JEK yang berguna untuk mengantar barang dengan menggunakan sepeda motor. Cukup dengan menggunakan smartphone untuk memesan jasa tersebut dan pengemudi GO-JEK akan datang. Setelah itu barang akan diantarkan dengan menggunakan motor ke tempat tujuan. Per tanggal 6 Juli 2017 GO-SEND mengenakan tarif pengiriman sebesar Rp. 2.500,- per kilometer dengan biaya minimal Rp. 20.000,-. Jika sudah diatas 10km maka biayanya menjadi Rp. 3.000,- per km. Untuk jam khusus (23.00 - 05.00) dikenakan Rp. 3.000,- per km. Waktu dan lokasi padat dikenakan Rp. 3.000,- per km. Dengan menggunakan uang elektronik dari GO-JEK yaitu GO-PAY anda akan mendapatkan diskon sebesar 25%. Sama halnya dengan GO-SEND, GO-BOX juga bisa dipesan melalui aplikasi GO-JEK. Bedanya GO-BOX adalah untuk mengantarkan barang dalam jumlah yang banyak atau barang dengan ukuran yang lebih besar. Tarif yang akan dikenakan ketika anda menggunakan GO-BOX adalah mobil pickup dan mobil boks Rp.7.500,- per km, truk engkel dan truk engkel boks Rp. 9.500,-.

Grab Express

Grab merupakan perusahaan asal Malaysia yang menyediakan layanan transportasi on-demand. Grab Express adalah salah satu fitur layanan yang berguna untuk mengirimkan barang dengan menggunakan sepeda motor. Grab Express merupakan pesaing GO-SEND dan tidak kalah dalam hal kualitas pengiriman. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif ketika kita tidak mau repot mengantarkan barang ke tempat tujuan. Sesuai dengan yang tercantum di situsnya, Grab mengenakan biaya Rp. 2.500,- per kilometernya dengan harga minimum Rp. 12.000,-

Deliveree

Aplikasi asal Thailand ini sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2015. Aplikasi ini mempunyai layanan untuk mengantarkan barang dengan menggunakan motor, mobil pickup, mobil boks kecil dan mobil boks besar. Tentunya masing-masing dengan harga yang berbeda. Deliveree juga bisa diakses lewat web sehingga anda juga bisa memesan jasa pengiriman lewat browser. Info tentang harga penggunaan jasa pengiriman Deliveree bisa anda lihat di sini. Anda cukup memesan layanan ini dari smartphone anda dan mereka akan mengantarkan barang anda ke tempat tujuan. Selain itu, Deliveree memungkinkan anda untuk menyewa jasanya selama 12 jam dengan harga yang tetap dan bisa menambah lokasi pengiriman.

Pengiriman Tidak Langsung

Jenis pengiriman ini biasanya memakan waktu sedikit lebih lama dibandingkan dengan pengiriman langsung. Beberapa jasa logistik menyediakan layanan sampai dengan cepat, tetapi dengan harga yang sedikit mahal. Selain itu barang yang akan dikirimkan, harus dibawa ke kantor cabang jasa logistik tersebut untuk disiapkan. Ada juga beberapa jasa pengiriman yang menawarkan layanan penjemputan barang. Kebanyakan orang menggunakan jenis pengiriman tidak langsung untuk mengirimkan barang antar kota. Jenis pengiriman tidak langsung ini biasanya dijadikan standar logistik pengiriman barang dalam bisnis online shop dan e-commerce dengan rentang waktu pengiriman 2 - 3 hari.

JNE Express

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi JNE adalah jasa pengiriman yang banyak digunakan orang. Bahkan sebelum situs belanja online meledak di kalangan masyarakat. Lewat JNE anda bisa mengirimkan barang anda khususnya antar kota. Jasa pengiriman pun beragam ditawarkan kepada pelanggan mereka mengirimkan barang yang anda jual kepada pembeli di kota yang berbeda. Selain itu kantor pengiriman JNE mudah anda temui, karena JNE membuka banyak cabang seluruh kota di Indonesia. Anda bisa melakukan simulasi tarif pengiriman di sini.

Pos Indonesia

Pos Indonesia sudah terkenal sejak zaman penjajahan belanda. Beroperasi pada tahun 1746 hingga kini kantor pos masih menjadi tempat pengiriman barang terpercaya. Banyak pengusaha toko online yang menggunakan Pos Indonesia untuk mengirimkan barang kepada pembeli mereka. Kantor Pos Indonesia dapat anda temui di kota-kota besar di Indonesia. Keunggulan dari Pos Indonesia adalah penggunaan jasa pengiriman memiliki tarif yang lebih terjangkau. Simulasi tarif pengirimannya bisa anda lihat di sini.

Tiki

Tiki adalah salah satu perusahaan penyedia jasa pengiriman yang populer di Indonesia. Banyak orang menggunakan Tiki untuk mengirimkan barang dengan cepat. Keunggulan dari jasa pengiriman ini adalah barang yang dikirim bisa diasuransikan sehingga ketika barang tersebut hilang akan diganti oleh Tiki sendiri. Tarif yang dikenakan pun cukup terjangkau. Simulasi tarif pengiriman Tiki bisa anda lihat di sini.

J&T

Perusahaan pengiriman J&T termasuk baru di dunia jasa pengiriman. Tetapi kualitas pengiriman yang dijalankan oleh perusahaan ini tidak kalah dengan perusahaan penyedia jasa pengiriman yang ada saat ini. Fasilitas yang disediakan oleh J&T adalah layanan penjemputan gratis untuk barang yang akan dikirim oleh pelanggan mereka. Simulasi tarif bisa anda lihat di sini.

Ninja Express

Ninja Express adalah salah satu perusahaan penyedia jasa pengiriman yang bisa dipesan melalui aplikasi dalam smartphone. Ninja Xpress memberikan fitur penjemputan barang di daerah Jakarta dan sekitarnya dalam waktu 3 jam dan mengirimkannya ke kota-kota besar di Indonesia. Pengecekan simulasi tarif Ninja Xpress bisa anda lihat di sini.

Wahana

Perusahaan jasa pengiriman ini sudah mulai dikenal banyak orang karena harganya yang cukup terjangkau. Wahana sekarang ini memiliki 60 kantor cabang di seluruh Indonesia. Wahana berkomitmen untuk menjamin setiap keamanan dari pengiriman barang ke seluruh tanah air. Tarif pengiriman Wahana bisa anda lihat di situs wahana.com.


Jasa Pengiriman atau logistik adalah salah satu komponen yang penting dalam menjalankan bisnis online. Jadi sangat penting untuk memilih jasa pengiriman yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Dengan begitu hal ini dapat menguntungkan anda dan tentunya meningkatkan kepuasan pelanggan dengan mutu pelayanan yang anda berikan.


You Might Also Like