Affiliate Marketing: Manfaat dan Tips Menjalankannya dalam Bisnis

affiliate_marketing_manfaat_dan_tips_menjalankannya_dalam_bisnis

Affiliate marketing adalah jalan pintas bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dari internet tanpa modal besar. Di dalam dunia nyata, kita pasti sering mendengar istilah makelar.  Yah, istilah tersebut sering digunakan untuk menunjuk seseorang yang menawarkan barang dan jasa milik orang lain agar mendapatkan komisi. Nah, profesi semacam itu juga bisa dilakukan lewat internet yang sering disebut dengan affiliate marketing.Di zaman serba digital ini, menawarkan barang dan jasa milik orang lain melalui internet seakan menemukan ekosistem yang tepat. Berbeda dengan reseller atau dropshipping yang menuntut syarat khusus seperti adanya stok barang, melayani pelanggan secara langsung atau melakukan proses penjualan, affiliate marketing tidak memerlukan semua itu.

Apa itu Affiliate Marketing?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, affiliate marketing adalah aktivitas menawarkan barang atau jasa milik orang lain agar bisa mendapatkan komisi dengan  mengadopsi teknologi elektronik basis komputasi secara utuh. Modal dalam menjalani bisnis affiliate marketing ini hanya link. Kita tak perlu menyiapkan stok barang, melakukan penjualan, atau berinteraksi dengan pelanggan.Affiliate Marketing kini telah menjadi model bisnis yang populer di dunia maya. Tak sedikit orang yang berhasil meraup jutaan rupiah dengan mengandalkan affiliate marketing. Bahkan, beberapa orang menekuni model bisnis ini sebagai sebuah profesi utama.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Seperti yang disebutkan sebelumnya, cara kerja affiliate marketing mirip dengan makelar. Anda bisa mendapatkan komisi untuk setiap aksis spesifik yang dilakukan oleh setiap orang. Affiliate marketing khusus dilakukan untuk bisnis online. Jadi, komisi yang diberikan tidak melulu dari hasil penjualan. Sistem komisi yang diberikan dalam model bisnis ini bisa berupa berikut:1.       Pay Per Sale (PPS/CPS)Bentuk komisi ini diberikan saat ada seseorang membeli produk melalui link affiliate kita. Contoh affiliate marketing dengan model PPS ini adalah Amazon dan Clickbank.2.       Pay Per LeadKomisi dengan sistem pay per lead diberikan saat kita berhasil mendapatkan lead atau prospek. Komisi dihitung dari setiap jumlah klien yang melakukan registrasi, baik dengan memasukan email atau nomor kartu kredit.3.       Pay Per InstalKomisi dalam model pay per instal diberikan ketika ada orang lain yang menginstal software atau aplikasi yang kita pasaran. Sistem affiliate marketing semacam ini biasanya  ditemukan pada pemasaran perangkat mobile.

Manfaat Affiliate Marketing

Bisnis model affiliate marketing ini punya banyak keuntungan. Berikut keuntungan affiliate marketing:1.       Tidak perlu modal banyakBisnis model affiliate marketing ini tidak perlu modal banyak, bahkan bisa dilakukan tanpa modal sekalipun. Kita tidak perlu membeli barang atau ikut menjual produk itu sendiri.2.       Tidak perlu keahlian khususMenjadi affiliate marketer tidak perlu keahlian khusus. Hal terpenting adalah kita memahami dengan baik produk yang akan dipromosikan dan menawarkannya ke audiens yang tepat.3.       Mendapatkan passive incomeDengan menjadi affiliate marketing, kita bisa mendapatkan pasif income hanya dengan membuat konten. Selama orang melihat konten atau mengklik link afiliasi yang kita promosikan, maka komisi akan terus mengalir.4.       Jam kerja fleksibelModel bisnis ini bisa dilakukan kapan saja tanpa perlu mengikuti jam kantor, bahkan kita bisa mengiktui beberapa program afiliasi sekaligus.

Langkah Menjadi Affiliate Marketing

Menjadi seorang affiliate marketer adalah profesi yang cocok bagi kalian yang tidak ingin repot.  Model bisnis ini banyak dilakukan oleh pebisnis yang tidak mau repot atau tidak mau mengurus produknya sendiri. Jika dilakukan secara serius hasil dari affiliate marketing ini sangat memuaskan, loh. Jika Anda tertarik menjadi seorang affiliate marketing, berikut langkah yang harus dilakukan:1.       Daftar program afiliasiBanyak affiliate network yang mengumpulkan banyak  program afiliasi dari berbagai merek. Anda juga bisa mendaftar sebagai affiliate marketing pada sebuah bisnis online. Umumnya, e-commerce besar memiliki program afiliasi.2.       Memilih produk yang akan dipromosikanLangkah ini sangat penting jika Anda mendaftar pada program affiliate network. Jangan asal pilih produk yang akan dipromosikan, terutama jika Anda belum memiliki audiens yang tepat. Hal ini sama halnya dengan membuang-buang tenaga. Jadi, pahami produk yang akan dipromosikan agar Anda bisa menentukan target audiens yang tepat.3.       Pahami Syarat dan Ketentuan  Program AfiliasiSebelum melakukan promosi, pahami terlebih dahulu apa yang bisa dan tidak boleh Anda lakukan. Hal ini sering disepelekan banyak orang. Padahal, kita bisa saja gagal mendapatkan komisi juga melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku.4.       Buat konten promosiKonten promosi yang Anda buat bisa berupa artikel, video, atau gambar. Anda juga bisa memasang banner di website pribadi atau menyebarkan link afiliasi di sosial media. Namun, pastikan link afiliasi yang Anda sebarkan bukan link biasa. Sebab, link tersebut digunakan untuk menghitung komisi yang akan didapatkan.Setelah melakukan langkah di atas, Anda hanya perlu menunggu performa dari bisnis afiliasi dan menarik komisi sampai batas minimal penarikan yang ditentukan.

Tips Memaksimalkan Bisnis Afiliasi

Agar bisnis afiliasi yang Anda lakukan hasilnya lebih maksimal, berikut tips yang bisa Anda terapkan:1.       Buat konten berkualitasKonten adalah modal utama dalam bisnis afiliasi. Jika konten yang kita buat tidak menarik, otomatis tidak akan ada orang yang tertarik mengunjungi blog atau website kita. Kalau tidak ada orang yang mengunjungi website kita, tentu saja produk yang kita pasarkan tidak akan laku.2.       Buat konten evergreenKonten evergreen atau tahan lama akan membuat pengunjung bisa menikmatinya kapan saja. Jadi, kita tidak perlu membuat konten setiap hari. Konten semacam ini juga akan membantu kita untuk mendapatkan pasif income.3.       Memaksimalkan penggunaan SEOSearch Engine Optimization atau SEO merupakan modal penting agar website kita bisa dideteksi oleh mesin pencarian. Dengan begitu, orang akan lebih mudah menemukan konten promosi yang kita buat. SEO juga membantu menjangkau pengunjung website lebih banyak. Semakin banyak pengunjung, tentu semakin besar kemungkinan kita untuk mendapatkan komisi lebih.4.       Manfaatkan sosial media atau iklanMedia sosial juga membantu kita untuk menjangkau lebih banyak pengunjung. Namun, promosikan link afiliasi kita di platform sosmed yang sesuai dengan target audiens. Selain media sosial, kita juga bisa melakukan promosi lewat iklan. Sebelum memasang iklan, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan program afiliasi yang Anda ikuti. Sebab, bisa saja program afiliasi yang kita ikuti melarang atau membatasi pemakaian iklan.Affiliate marketing bisa menjadi profesi yang cocok bagi Anda yang jenuh dengan sistem kerja kantoran. Selain tak perlu modal besar Anda bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun. Bahkan, Anda juga bisa menjalani bisnis ini di tengah kesibukan lainnya.


You Might Also Like