Apa Itu Capital Gain & Capital Loss Beserta Contohnya

Apakah Anda familiar dengan istilah capital gain dan capital loss? Tentu bagi mereka yang sehari-hari berkecimpung dalam dunia pasar modal, hal ini tidak asing lagi. Ini adalah istilah yang kerap digunakan ketika melakukan jual beli saham di bursa efek.Umumnya, capital gain dan capital loss adalah risiko yang menyertai ketika seseorang bermain saham untuk jangka waktu relatif pendek. Dalam artikel kali ini, kita akan mengulik lebih jauh tentang capital gain dan capital loss, lengkap dengan contohnya.

Definisi Capital Gain

Definisi dari capital gain adalah keuntungan yang diperoleh seorang investor ketika harga penjualan dikurangi jumlah harga beli saham. Selisih dari harga penjualan dan harga beli ini yang kemudian diperhitungkan sebagai capital gain.Keuntungan modal ini bisa terjadi pada banyak aset seperti properti, barang, reksa dana, obligasi, barang koleksi dan bisnis, serta opsi. Anda berpeluang mendapatkan keuntungan besar namun dibayangi dengan risiko kehilangan aset.Tentunya capital gain adalah kondisi yang paling disukai investor ketika mereka berinvestasi. Keuntungan ini bisa diperoleh saat menjual aset investasi tertentu seperti reksadana, surat utang, saham, atau properti.Tapi perlu diingat bahwa capital gain baru akan Anda peroleh apabila aset tersebut telah dijual. Jika Anda masih menguasai aset tersebut, maka belum tentu berarti capital gain meskipun harga jualnya lebih tinggi ketimbang selisih awal.

Jangka Waktu Capital Gain

Capital gain bisa diperoleh dalam jangka pendek kurang dari 1 tahun atau jangka panjang lebih dari 1 tahun. Untuk capital gain jangka pendek, artinya instrumen investasi yang digunakan berada dalam jangka waktu kurang dari setahun.Berapa pengenaan pajak pada capital gain jangka pendek akan disesuaikan dengan besaran pajak penghasilan yang Anda miliki.Sementara untuk capital gain jangka panjang, investasinya harus berjalan lebih dari 1 tahun. Tentunya semakin panjang periode investasi, risiko maupun peluang untungnya juga kian besar. Pengenaan pajak untuk capital gain jangka panjang berada di kisaran 15 hingga 20 persen, lebih rendah dari pajak pendapatan biasanya.


You Might Also Like