Apa itu Customer Relationship Management (CRM)?

pengenalan_customer_relationship_management_crm

Terjun dalam dunia bisnis membuat Anda harus memahami banyak strategi bisnis yang akan membantu mengembangkan bisnis tersebut. Salah satu jenis strategi dalam dunia bisnis yang perlu Anda ketahui adalah customer relationship management (CRM). CRM (Customer Relationship Management) adalah strategi bisnis yang digunakan oleh perusahaan untuk bisa menangani dengan standar yang tepat interaksi pelanggan. Menggunakan strategi ini, pebisnis bisa mengetahui apa yang menjadi permintaan dari pelanggan, keluhan, masukan, dan berbagai interaksi lainnya.Tentunya berdasarkan definisinya, CRM (Customer Relationship Management) sangat bermanfaat dalam pengembangan suatu bisnis. Memanfaatkan CRM (Customer Relationship Management) ini, perbaikan secara berkala bisa dilakukan pada bisnis Anda. Pelanggan yang merupakan fokus utama dalam suatu bisnis pun bisa dengan aktif Anda ketahui kebutuhan dan masukannya. Jadi, memang strategi CRM (Customer Relationship Management) dalam dunia bisnis ini sangat penting dan memegang peranan untuk suatu bisnis bisa menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi pelanggan dengan cepat dan tanggap juga.Anda yang berencana mengembangkan bisnis atau sedang mengembangkan bisnis Anda, pastikan untuk menaruh perhatian lebih pada strategi CRM (Customer Relationship Management) ini. CRM (Customer Relationship Management) bisa menjadi kekuatan Anda dan bisa membantu Anda melakukan berbagai fungsi dalam pengembangan bisnis. Pelajari lebih lengkap mengenai apa saja fungsi dari CRM (Customer Relationship Management) pada bagian di bawah ini.

Beberapa Fungsi CRM (Customer Relationship Management) dalam Pengembangan Bisnis

Penjelasan sebelumnya sudah dapat menggambarkan pada Anda betapa pentingnya peran CRM (Customer Relationship Management) dalam suatu bisnis. Namun Anda tentu akan lebih mudah memahami mengenai manfaat CRM (Customer Relationship Management) ini setelah mempelajari daftar berikut. Daftar di bawah ini akan menjelaskan mengenai beberapa fungsi CRM (Customer Relationship Management) dalam pengembangan bisnis. Bisnis yang memanfaatkan strategi CRM (Customer Relationship Management) dengan baik akan memiliki hubungan dengan pelanggan yang sangat baik dan pelanggan pun cenderung puas menggunakan layanan dari bisnis ini. Jadi tidak perlu menunggu lama lagi, berikut ini 7 fungsi CRM (Customer Relationship Management) untuk bisnis Anda:

  1. Alat Komunikasi dengan Pelanggan

CRM (Customer Relationship Management) berfungsi untuk menjadi alat komunikasi dengan pelanggan dari suatu bisnis. Bisnis perlu mengetahui apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan dari pelayannya. Menggunakan CRM (Customer Relationship Management), bisnis Anda bisa mengetahui hal-hal tersebut karena adanya feedback dari pelanggan mulai sejak menggunakan, hingga apa jenis layanan yang digunakan dan penilaiannya.

  1. Mengatasi Keluhan dengan Tanggap

Jika ada pelanggan yang memiliki keluhan dari layanan bisnis yang didapatkan, maka CRM (Customer Relationship Management) pun bisa mengatasinya dengan lebih tanggap. Hal ini sangat penting, mengingat keluhan pelanggan yang tidak segera diberi tanggapan akan berujung pada kekecewaan dan ketidakpercayaan penggunaan layanan dikemudian hari. Sedangkan dengan adanya CRM (Customer Relationship Management), keluhan ini langsung bisa diatasi.

  1. Mengedepankan Kebutuhan Pelanggan

CRM (Customer Relationship Management) juga diterapkan dengan prinsip selalu mengedepankan kebutuhan pelanggan diatas segalanya. Kebutuhan pelanggan di atas segalanya ini berkaitan dengan selalu mempelajari apa yang menjadi keinginan pelanggan dalam hal perbaikan pelanggan. Jadi menggunakan CRM (Customer Relationship Management), bisnis pun bisa melakukan evaluasi berkala terhadap layanan yang diberikannya dan memperbaiki terus kualitas layanannya.

  1. Memberikan Bantuan untuk Pertanyaan

Terkadang ada pelanggan atau calon pelanggan yang akan mengajukan pertanyaan ketika menghadapi kesulitan dalam penggunaan layanan bisnis. Fungsi CRM (Customer Relationship Management) akan terlihat dalam kondisi seperti ini karena CRM (Customer Relationship Management) akan langsung memberikan bantuan kepada pelanggan atau calon pelanggan tersebut. Jadi pelanggan akan tetap bisa menggunakan layanan yang tidak dipahami dan calon pelanggan pun kemudian bisa menjadi pelanggan baru.

  1. Alat Kontrol Penjualan

CRM (Customer Relationship Management) juga bisa berfungsi sebagai alat kontrol penjualan layanan bisnis Anda. Karena menjadi alat komunikasi dan pemerhati kebutuhan serta keluhan pelanggan, CRM (Customer Relationship Management) memiliki data mengenai setiap layanan yang terjual pada masing-masing pelanggan. Data ini yang menjadi alat kontrol penjualan untuk menentukan mana produk yang laku terjual untuk karakteristik pelanggan tertentu dan pengolahan data lainnya.

  1. Alat Ukur dengan Sudut Pandang Pelanggan

Sudut pandang pelanggan adalah fokus utama dari CRM (Customer Relationship Management) juga. Jadi CRM (Customer Relationship Management) bekerja untuk mengumpulkan informasi yang bisa kemudian menjadi tolok ukur mengenai sudut pandang pelanggan. Sudut pandang pelanggan yang sangat penting bagi CRM (Customer Relationship Management) dan pengembangan bisnis Anda adalah mengenai apa yang harus diperbaiki dan apa yang harus dipertahankan dari layanan bisnis yang ditawarkan.

  1. Menjadi Penyedia Informasi Holistik Pelanggan

Terakhir, CRM (Customer Relationship Management) juga berfungsi sebagai penyedia informasi holistik pelanggan. Holistik menunjuk pada secara keseluruhan, jadi informasi mengenai pelanggan secara keseluruhan bisa disediakan karena penggunaan dari strategi CRM (Customer Relationship Management) ini. Jadi Anda bisa mendapatkan kemudahan untuk melakukan perbaikan ataupun promosi pada pelanggan yang menggunakan layanan dari bisnis Anda.

Tahapan dalam Pemanfaatan CRM (Customer Relationship Management)

Anda telah mengetahui apa saja fungsi CRM (Customer Relationship Management) yang sangat penting dalam suatu pengembangan bisnis. Setelah mempelajari berbagai manfaatnya diatas, kini Anda tentu semakin ingin menerapkan strategi CRM (Customer Relationship Management) ini dalam bisnis Anda. CRM (Customer Relationship Management) dapat Anda terapkan dalam beberapa tahapan. Pelajari setiap tahapan dalam pemanfaatan CRM (Customer Relationship Management) tersebut berikut ini. Setelah memahami setiap tahapannya, maka Anda bisa menerapkannya dalam bisnis Anda dan merasakan langsung fungsi dari CRM (Customer Relationship Management) ini.

  • Acquire (Mendapatkan Pelanggan Baru)

CRM (Customer Relationship Management) dimulai dengan mendapatkan pelanggan baru untuk menggunakan layanan bisnis yang ditawarkan. Bagaimana bisa mendapatkan pelanggan baru dari bisnis yang dikembangkan? Manfaatkan promosi dan inovasi berkala untuk menarik pelanggan. Anda juga bisa memberikan kemudahan bagi calon pelanggan mendapatkan informasi mengenai bisnis ini, sehingga akhirnya pelanggan baru berhasil didapatkan menggunakan bisnis yang ditawarkan.

  • Enhance (Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan)

Setelah pelanggan baru didapatkan, CRM (Customer Relationship Management) harus mulai meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Pelayanan terbaik adalah kunci utama membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Khususnya dalam hal pemberian rekomendasi layanan secara berkala, bonus diskon, ataupun gift card menjadi cara yang sangat ampuh dalam mempertahankan pelanggan ini.

  • Retain (Mempertahankan Pelanggan)

Selanjutnya, CRM (Customer Relationship Management) juga akan memastikan bisnis tidak akan kehilangan pelanggan. Kehilangan pelanggan adalah hal yang paling harus dihindari dalam penyelenggaraan suatu bisnis, karena tanpa adanya pelanggan tidak akan ada yang menggunakan layanan bisnis yang ditawarkan. Upaya mempertahankan pelanggan ini berkaitan dengan bagaimana CRM (Customer Relationship Management) bisa membantu bisnis untuk terus melakukan perbaikan dalam upaya memenuhi ekspektasi pelanggan dalam pemenuhan kebutuhannya.Demikianlah tadi penjelasan yang bisa Anda coba pahami dalam upaya pengenalan Customer Relationship Management (CRM) untuk kebutuhan bisnis Anda. Tentunya penting sekali menerapkan CRM (Customer Relationship Management) ini untuk membangun suatu bisnis yang bertahan lama karena hubungan baik dengan pelanggan. Tidak dapat dipungkiri bahwa kesetiaan pelanggan dan kepercayaannya pada bisnis Anda yang bisa membuat bisnis Anda tetap dibutuhkan dan digunakan fungsinya. Jadi pastikan untuk membangun tim CRM (Customer Relationship Management) yang andal dan berorientasi dalam pemuasan kebutuhan pelanggan!


You Might Also Like