banner iklan

Apa Itu Digital Marketing Dan Manfaatnya Pada Penjualan

apa_itu_digital_marketing_dan_manfaatnya_pada_penjualan.png

Saya yakin istilah digital marketing sudah bukan kata asing untuk kita. Digital marketing, lebih mudahnya bisa dipahami sebagai pemasaran lewat teknologi internet. Segala sesuatunya dilakukan dengan online. Pemasaran melalui digital dapat menjangkau pasar lebih luas hingga ke setiap orang secara personalize. Seperti halnya iklan TV yang mampu menanyakan iklan ke semua orang yang menonton TV ketika iklan ditayangkan, iklan di internet juga demikian. Satu kali penayangan bisa menjangkau market sangat luas. Bahkan salah satu kelebihan iklan online adalah, Anda bisa mengatur siapa saja yang bisa menonton iklan Anda. Kelebihan ini memungkinkan pelaku bisnis untuk menarget calon pelanggan potensial sehingga kemungkinan closing penjualan lebih tinggi. Sementara iklan konvensional, TV, belum mampu melakukan itu. Digital marketing saat ini memiliki lebih banyak kelebihan dibanding pemasaran konvensional. Karena itulah hampir semua pebisnis berbondong-bondong beralih ke iklan secara online. Selain satu kelebihan tadi, digital marketing masih memiliki segudang kelebihan lain yang jangan sampai kita sia-siakan. Selengkapnya akan kita bahas di bawah ini.

Jenis Digital Marketing

  1. Website

Website biasanya menjadi situs resmi perusahaan untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat. Website banyak digunakan pemilik produk untuk memperkenalkan perusahaan, produk, dan sebagai wadah resmi yang mengatasnamakan perusahaan. 

  1. Media Sosial (Medsos) 

Digital marketing dengan sosial media bisa dikatakan yang paling familiar untuk kita. Karena jenis pemasaran ini bisa dilakukan tanpa berbayar. Yaitu dengan membuat akun-akun media sosial yang khusus memasarkan produk kepada para pengikut akun itu. Melalui medsos, sebetulnya Anda juga bisa memasang iklan berbayar yang akan muncul di home pengguna. Anda cukup membayar pada sosial media tersebut dan akun Anda akan muncul di sela-sela home akun pengguna lainnya. Saat ini instagram menjadi medsos yang paling banyak digunakan untuk pemasaran.

  1. Online Ads 

Ketika Anda berselancar di google, lalu membuka suatu web, kemudian ada iklan yang muncul di samping (kanan atau kiri atau keduanya), atau di bawah halaman utama web tersebut, itulah contoh online Ads. Iklan online tersebut dipasang oleh google dengan sistem AI yang menyesuaikan jenis iklan dengan web yang dibuka. Iklan tersebut adalah iklan berbayar yang diajukan pemilik produk ke google.

  1. Email marketing 

Pernahkah Anda mendapatkan email dari suatu merk produk yang berisi poster produk diskon mereka? Biasanya akan menyapa nama Anda, lalu memberikan pesan singkat tentang produk mereka. Jika Anda pernah mendapatkannya, maka Anda telah merasakan di promosi melalui email marketing. Saat ini, banyak perusahaan menerapkan strategi ini. Mengirimkan email secara personal ke banyak calon pelanggannya.

Manfaat Digital Marketing Untuk Penjualan

  1. Membangun kredibilitas merk 

Jika dulu membangun kredibilitas merk membutuhkan biaya yang tinggi dan waktu yang lama melalui berbagai program pemasaran, kini semua itu bisa dilakukan dengan harga terjangkau dan waktu yang relatif cepat dengan memanfaatkan digital marketing. Sebuah studi dan penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa perusahaan yang mengoptimalkan pemasaran merk mereka melalui online, mampu meningkatkan kepercayaan pelanggannya. Kepercayaan pelanggan kepada merk merupakan modal penting untuk membangun kredibilitas merk. Lantas bagaimana konkritnya peran digital marketing untuk menciptakan kredibilitas merk yang efektif? Jawabannya melalui konten-konten berkualitas yang dibuat oleh perusahaan guna mengenalkan produknya ke masyarakat. Konten-konten tersebut tidak hanya mendorong calon konsumen untuk membeli melalui berbagai diskon besar, tapi juga memberikan informasi-informasi penting terkait produknya. Informasi-informasi yang dibutuhkan calon konsumen dan mampu menjawab keraguan serta masalah mereka. Konten yang bermanfaat, yang jauh dari hard selling dan tidak terkesan menggurui namun menjadi referensi terpercaya untuk konsumen mereka.

  1. Menargetkan audiens dan pelanggan yang tepat 

Salah satu masalah besar yang dihadapi perusahaan ketika memasarkan secara konvensional adalah mereka mengeluarkan biaya yang besar untuk beriklan, namun mereka tidak bisa mengontrol siapa saja yang melihat iklannya. Cara konvensional juga tidak bisa mengendalikan siapa saja audiens yang tepat dan keberhasilan iklan berbiaya mahal itu juga tidak bisa dijamin. Digital marketing hadir menjadi solusi atas masalah tersebut.Sistem AI dalam iklan online dapat menyesuaikan iklan yang cocok untuk audiens yang tepat. Semisal Anda memasang iklan kuliner di google, maka sistem google akan memajang iklan Anda di website-website kuliner dengan traffic tinggi. Orang yang membuka website kuliner tersebut peluang besarnya adalah juga para pecinta kuliner. Para pecinta kuliner ini akan melihat iklan produk Anda yang terpampang dalam halaman website tersebut. Begitulah salah satu contoh sederhananya. Sehingga orang-orang yang menyaksikan iklan Anda hanyalah mereka yang memang menyukai kuliner. Dengan memilih audiens iklan yang tepat, dapat meningkatkan potensi penjualan.

  1. Menjalin interaksi dan membangun loyalitas pelanggan 

Sistem online memungkinkan Anda untuk berinteraksi secara langsung kepada konsumen Anda tanpa perantara. Anda bisa membuka satu call center ataupun customer service resmi untuk menampung setiap pertanyaan, keluhan, masukan dan kritikan dari pelanggan Anda. Melalui pelayanan yang ramah, nyaman, meyakinkan dan memuaskan, pelanggan akan betah dan terpuaskan berinteraksi dan mengonsumsi produk Anda. Kepuasan pelanggan Anda adalah modal penting untuk pembelian kedua, dan seterusnya hingga menjadi pelanggan loyal.

  1. Biaya terjangkau 

Inilah yang menjadi revolusi penting dalam dunia pemasaran. Dahulu, kesuksesan pemasaran tergantung pada berapa banyak modal yang dimiliki. Semakin melimpah modalnya, produk akan semakin dikenal luas karena diiklankan di banyak media secara masif. Ini yang membuat perusahaan kecil sulit bersaing dalam mengiklankan produk mereka. Tapi tidak dengan pemasaran online. Biayanya sangat terjangkau jika dibanding cara konvensional. Ada beberapa pilihan jenis pembayaran iklan dalam Google contohnya: bayar per klik, bayar per lead, bayar per seribu tayangan dan sebagainya.

  1. Wahana bersaing seimbang dengan kompetitor besar 

Digital marketing memberikan kesempatan yang sama besarnya untuk perusahaan besar dan kecil dalam bersaing. Dalam pemasaran online, modal uang bukan segalanya untuk menguasai iklan dan menaikkan rating iklan Anda. Selain uang, Anda harus memutar akal untuk menghasilkan konten iklan yang berkualitas, menarik dan berbobot secara isi. Untuk membuat konten iklan yang menarik dan bermanfaat, Anda harus melakukan riset dan mengerahkan segenap tenaga dan pikiran. Jadi, meskipun perusahaan besar punya modal melimpah, kalau iklannya membosankan dan buruk, tidak akan menguasai rating iklan.


You Might Also Like