Bagaimana Memilih Software ERP yang Cocok Untuk Perusahaan Anda?

bagaimana_memilih_software_erp_yang_cocok_untuk_perusahaan_anda_100.png

Saat ini mungkin banyak dari anda yang sudah tidak asing dengan software ERP (Enterprise Resource Planning). Tuntutan untuk bekerja lebih cepat, akurat, teliti dan cermat membuat setiap perusahaan membutuhkan sistem yang mampu menutupi kekurangan yang dimiliki oleh sumber daya manusia yang digunakan. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa sistem seperti software ERP bisa muncul dan ramai digunakan di berbagai perusahaan.

Manfaat ERP Bagi Perusahaan

Mungkin beberapa dari anda penasaran tentang manfaat ERP bagi perusahaan. Kenapa sistem ini menjadi populer dan dibutuhkan dalam perusahaan? Nah, berikut ini ada beberapa manfaat software ERP bagi perusahaan:

  1. Software ERP bisa dimanfaatkan untuk mengintegrasikan data keuangan dalam perusahaan sehingga pengontrolan dan pengelolaan keuangan bisa dilakukan dengan lebih baik.
  2. Software ERP juga mampu menstandarkan proses operasi sehingga bisa meningkatkan produktivitas, efisiensi dan kualitas produk secara keseluruhan.
  3. Software ERP juga bisa dimanfaatkan untuk menstandarkan data dan informasi khususnya untuk perusahaan besar dengan unit bisnis yang banyak dan berbeda.
  4. Memilih Software ERP yang Cocok Untuk Perusahaan

Software ERP sendiri merupakan kumpulan perangkat lunak yang kompleks dan memiliki kemampuan untuk mengelola beberapa komponen bisnis. Kondisi ini membuat banyak perusahaan mulai beralih ke software ERP. Pada dasarnya meskipun permintaan terhadap software ERP ini cukup tinggi, namun untuk memilih software mana yang sesuai tidaklah mudah. Hal ini bisa terjadi karena faktanya saat ini ada cukup banyak jenis software ERP yang ada di pasaran. Setiap perusahaan yang berminat untuk menggunakan software ini jelas harus membuat keputusan yang cukup sulit dalam menentukan pilihan.Perlu anda ketahui bahwa pada dasarnya ada beberapa kriteria yang bisa anda gunakan sebagai indikator penilaian sebuah software ERP. Keberadaan indikator ERP ini akan membantu anda memilih software ERP mana yang cocok untuk digunakan oleh perusahaan. Nah, setidaknya 3 hal berikut bisa anda jadikan indikator penilaian dalam memilih software ERP:

Memilih Software ERP Berdasarkan Fungsionalitas

Hal pertama yang menjadi indikator dalam memilih software ERP adalah fungsi software tersebut bagi perusahaan. Anda harus mampu memilih software yang sesuai dan bisa berfungsi dengan baik untuk operasional perusahaan. Jadi misalkan perusahaan anda merupakan bisnis yang fokus pada manajemen inventory, layanan penjualan, akuntansi hingga melacak laporan pelanggan. Maka anda harus memilih software ERP yang memiliki modul-modul tersebut. Tidak hanya cukup dengan memiliki modul yang dibutuhkan, tapi anda juga harus memilih software ERP yang modul-modulnya berfungsi dengan baik dan optimal.Mengingat dalam sebuah software ERP ada begitu banyak modul yang mungkin penting bagi perusahaan lain dan tidak penting bagi perusahaan anda, dan sebaliknya. Maka sebaiknya dari awal anda memahami fungsi-fungsi apa saja yang butuh dimaksimalkan dalam perusahaan. Dengan memahami fungsi-fungsi ini maka anda akan lebih mudah dalam memilih modul yang dibutuhkan dalam suatu software ERP.

Memilih Software ERP Berdasarkan Jenis dan Proses Bisnis yang Digeluti

Penting bagi anda untuk memahami bahwa setiap perusahaan memiliki jenis atau kecenderungan yang berbeda. Sedikit banyak hal ini juga bisa mempengaruhi dalam pemilihan software ERP untuk perusahaan. Anda harus mencocokkan paket ERP yang tersedia dalam penawaran terhadap bisnis atau perusahaan anda. Faktanya, ada beberapa paket ERP yang dirancang untuk bisnis tertentu. Nah, jika anda beruntung, anda bisa menemukan atau mencari software ERP yang sistemnya sesuai atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan anda.

Memilih Software ERP Berdasarkan Anggaran

Indikator ketiga yang bisa anda jadikan pertimbangan dalam memilih software ERP adalah anggaran. Dalam membeli sebuah software, jelas tidak bisa dihindarkan kemungkinan perusahaan untuk mengeluarkan biaya yang cukup besar. Karena itulah biasanya anggaran selalu menjadi salah satu pertimbangan utama di luar spesifikasi dan fungsionalitas sebuah software.Nah, masalah harga software sendiri, sebelum anda membandingkan harga antara satu software ERP dengan software ERP lain, anda harus tahu bahwa dalam hal ini harga mencerminkan kualitas. Ini bisa terjadi karena sebuah software tidak memiliki wujud di mana anda bisa menimbang berat, bentuk dan lain sebagainya. Anda hanya bisa melihat apakah nominal harga tersebut sesuai dengan kualitas software. Untuk mengetahui kualitas sebuah software bisa dilihat dari waktu pengerjaan hingga seberapa efektif hasil yang diperoleh.Anda sebagai konsumen harus pintar dalam menentukan pilihan. Jangan membuang anggaran terlalu banyak untuk membeli paket yang tidak anda butuhkan. Jadi sebelum menentukan software ERP mana yang akan dibeli, pastikan dulu modul-modul mana yang dibutuhkan.Salah satu software ERP yang dapat menjadi pilihan Anda adalah Ukirama ERP. Ukirama ERP membantu Anda mengelola dan mengintegrasikan proses bisnis di perusahaan Anda. Selain itu, software ini juga menghasilkan laporan-laporan yang Anda butuhkan termasuk laporan keuangan. Software ini sangat cocok untuk perusahaan di bidang perdagangan, distribusi, konsinyasi, manufaktur, dan jasa perbaikan. Informasi lebih lanjut mengenai Ukirama ERP dapat dilihat di sini.Cr: Berbagai sumber


You Might Also Like