Barang Substitusi: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

barang_substitusi_pengertian_jenis_dan_contohnya

Barang substitusi bukan hanya memberikan manfaat terhadap konsumen melainkan juga merupakan bagian yang penting dalam marketplace. Dengan adanya barang substitusi maka konsumen memiliki banyak pilihan mengenai barang yang akan mereka beli. Agar lebih paham tentang barang substitusi, berikut ini kami akan memberikan penjelasan secara lengkap.

Pengertian Barang Substitusi

Barang substitusi juga dinamakan barang pengganti. Artinya, barang ini dapat diganti atau ditukar dengan barang yang lainnya. Dalam ilmu ekonomi, sebuah barang substitusi adalah layanan atau produk yang sebenarnya cukup mirip atau bahkan sama dengan produk yang lain di mata para konsumen.Secara sederhana, barang ini adalah jenis barang yang bisa digunakan untuk menggantikan barang yang lain. Barang substitusi adalah jenis barang yang sangat penting keberadaannya. Barang ini menghadirkan keuntungan karena membuat konsumen memiliki pilihan yang lebih banyak. Ketika ada satu barang yang harganya naik atau turun, maka permintaan terhadap barang substitusi juga akan naik atau turun. Sementara konsumen dapat memilih secara bebas layanan atau produk yang mereka inginkan.

Jenis Barang Substitusi

Sebenarnya mengategorikan barang substitusi bukan hal yang mudah. Ini karena terdapat beberapa batasan yang tidak sama antara satu produk atau jasa bisa masuk ke dalam kategori barang substitusi. Namun secara keseluruhan, terdapat dua jenis barang substitusi yaitu barang substitusi sempurna serta tidak sempurna.Ini bergantung pada apakah barang tersebut bisa memuaskan kebutuhan konsumen atau tidak. Baik kebutuhan secara keseluruhan atau hanya sebagian. Adapun barang substitusi sempurna merupakan jenis barang yang bisa digunakan dengan cara yang sama sesuai dengan barang yang digantikannya. Itu artinya fungsi dari kedua barang ini identik alias mirip.Contoh yang termasuk ke dalam barang substitusi adalah roti yang berasal dari dua produsen atau pabrik yang berbeda. Meskipun berasal dari pabrik maupun produsen yang tidak sama, nyatanya keduanya memiliki kegunaan yang sama. Lalu bagaimana untuk barang substitusi tidak sempurna? Jenis barang yang satu ini memiliki fungsi yang agak berbeda dengan barang yang digantikan.Salah satu contohnya adalah mobil dengan sepeda. Memang keduanya sama-sama termasuk kendaraan yang dapat membawamu ke tempat tujuan. Meskipun begitu, keduanya memiliki banyak perbedaan sehingga ini dikategorikan sebagai barang substitusi tidak sempurna.

Apa Saja Contoh Barang Substitusi?

Kamu sebenarnya sudah mengetahui contoh dari barang substitusi baik sempurna atau tidak sempurna. Namun itu hanya contoh sekilas sehingga kami akan memberikan contoh yang lebih lengkap tentang barang yang termasuk ke dalam kategori barang substitusi.

  1. Beras yang Diganti dengan Jagung, Singkong, atau Kentang

Contoh barang substitusi yang mudah kita temui adalah beras yang dapat digantikan dengan jagung, singkong, maupun kentang. Masyarakat Indonesia memang kebanyakan mengonsumsi nasi karena nasi merupakan makanan pokok. Namun sebenarnya kamu bisa mengganti nasi dengan makanan lain yang juga sama-sama mengandung karbohidrat.Beberapa makanan yang memang bisa dan biasa menggantikan nasi adalah singkong, jagung, sagu, maupun kentang. Beberapa orang bahkan tidak mengonsumsi nasi putih dan menggantinya dengan nasi merah. Hal tersebut karena nasi merah memang cocok untuk kebutuhan diet.

  1. Teh dengan Kopi atau Sebaliknya

Apa yang biasa kamu sajikan ketika ada tamu? Beberapa orang akan menjawab kopi dan sisanya akan menjawab teh. Kedua barang ini juga termasuk barang substitusi. Jika kamu biasanya menyiapkan kopi namun pada waktu itu stok kopi habis, maka kamu bisa menggantinya dengan teh. Begitu juga ketika stok teh habis, kamu bisa menggantinya dengan kopi atau bahkan minuman lainya.

  1. Buku Cetak dengan Buku Digital

Bagi para pecinta buku, beberapa di antara mereka mungkin masih suka membeli buku versi cetak. Namun di era digital sekarang sebenarnya kamu juga bisa membeli buku versi digital atau yang biasa dinamakan e-book. Keduanya memiliki fungsi yang sama. Hanya saja untuk buku digital tidak berbentuk secara fisik.Contoh yang lainnya adalah kendaraan umum dengan kendaraan pribadi. Beberapa orang memilih menggunakan kendaraan pribadi ke tempat kerja. Namun tidak sedikit juga yang memilih naik kendaraan umum. Keduanya memiliki fungsi yang sama dan akan mengantarmu sampai ke tempat tujuan.

  1. Pensil dengan Bolpoin

Contoh barang substitusi selanjutnya yang juga ada di sekitar kita adalah pensil dengan bolpoin. Kedua benda ini termasuk dalam kategori alat tulis di mana keduanya juga memiliki fungsi yang sama. Kamu bisa menggantikan fungsi pensil dengan bolpoin dan begitu sebaliknya. 

  1. Komputer dengan Laptop

Keduanya merupakan barang elektronik yang memiliki fungsi yang serupa. Baik laptop maupun komputer sama-sama memudahkan pekerjaan manusia. Namun yang membedakan adalah bentuknya. Komputer memiliki bentuk lebih besar dari laptop. Kemudian laptop mudah dibawa ke mana-mana alias fleksibel.

Bagaimana dengan Barang Komplementer?

Sebenarnya membahas barang substitusi juga tidak bisa lepas dari pembahasan terkait barang komplementer. Ini merupakan jenis barang pelengkap. Artinya, barang komplementer digunakan bersamaan dengan barang yang lain. Dikarenakan sifatnya yang hanya sebagai tambahan atau pelengkap, maka nilai konsumsinya cenderung sedikit.Akan tetapi jika barang tersebut digabungkan dengan barang maupun jasa yang lain maka kemungkinan nilai barang tersebut bisa bertambah. Beberapa ciri barang yang termasuk ke dalam komplementer yaitu:

  • Barang komplementer tidak bisa berfungsi sendiri tanpa adanya barang utama
  • Barang ini juga harus berpasangan dengan barang utama karena memang barang komplementer hanya sebagai pelengkap

Seperti Apa Pengaruh dari Perubahan Harga Pada Barang Substitusi?

Jika harga dari suatu produk relatif meningkat, maka bisa membuat konsumen berusaha mencari alternatif lain yang harganya lebih hemat. Akibatnya, permintaan terhadap barang yang harganya lebih mahal bisa menurun. Lalu bagaimana dengan peran barang substitusi? Barang substitusi berperan sebagai kompetitor atau pesaing.Ini merupakan hal yang baik karena konsumen memiliki beberapa pilihan untuk menentukan mana barang atau jasa yang harganya sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hadirnya barang kompetitor, membuat perusahaan bisa lebih berkembang, meningkat, serta mampu menghadirkan inovasi baru agar produknya tetap bertahan.


You Might Also Like