Berikut 7 Langkah-Langkah Standar Operasional Prosedur (SOP) Stock Opname

berikut_7_langkah_langkah_standar_operasional_prosedur__sop__stock_opname

Stock opname merupakan kegiatan perhitungan persediaan fisik (barang dagang) atau stock yang berada di dalam toko atau gudang. Arti dari stock opname adalah sebagai salah satu cara dalam mengendalikan stok barang dalam bisnis usaha perdagangan. Fungsi lainnya yaitu mengontrol kesesuaian antara jumlah barang fisik  dengan catatan pembukuan atau data di mesin pencatat (computer).

Tujuan Stok Opname

Tujuan dari stok opname tidak lain untuk mengetahui secara pasti kebenaran catatan dalam pembukuan perusahaan, yang mana termasuk salah satu fungsi untuk sistem pengendalian intern ( biasa disebut SPI). Melalui kegiatan ini maka akan diketahui keadaan yang terjadi antara catatan pembukuan dan persediaan fisik yang ada.Nah, jika terjadi selisih antara catatan dan jumlah persediaan barang, maka ada kesalahan pencatatan atau bahkan terjadi kecurangan yang berkaitan dengan perusahaan.Perusahaan besar dengan pengendalian intern stock opname memiliki petugas khusus (petugas audit) sendiri. Hal ini untuk menghindari terjadi manipulasi data oleh oknum tidak bertanggung jawab yang nantinya akan menimbulkan kerugian untuk pihak perusahaan tersebut.

Manfaat Stock Opname

Sebelum ke Standar Operasional Prosedur (SOP) stock opname, lihat dulu apa saja manfaat dan tujuan stock opname. Agar ketika nanti kita melakukan stock opname melalui SOP bisa berjalan dengan lancar:

  1. Memunculkan data valid persediaan perusahaan.
  2. Menjadi alat kontrol terhadap pengawasan persediaan perusahaan.
  3. Agar dapat diketahui Harga Pokok Produk (HPP) dan dapat dijadikan acuan perkiraan laba-rugi perusahaan.
  4. Dapat dijadikan sebagai informasi kondisi barang secara kuantitas maupun kualitas.
  5. Sebagai pembanding stok dari satu periode laporan dengan periode laporan selanjutnya, sehingga kontrol stok dapat efisien.

You Might Also Like