Bingung Usaha Apa Yang Cocok Di Bulan Puasa? Berikut 8 Ide Bisnis Jualan Rumahan Yang Cocok Di Bulan Ramadhan 2023

Bingung Usaha Apa Yang Cocok Di Bulan Puasa? Berikut 8 Ide Bisnis Jualan Rumahan Yang Cocok Di Bulan Ramadhan 2023

Apa ide bisnis jualan rumahan yang cocok di bulan Ramadhan? Pada umumnya, berbondong orang akan mencari ide usaha yang cocok dan menguntungkan di bulan Ramadhan. Mereka melakukan ini agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan buat keperluan sehari-hari.Memiliki bisnis selama bulan puasa sangatlah menguntungkan, bukan hanya secara jasmani saja. Melainkan bisa mendapatkan pahala dari sang Maha Kuasa. Bagaimana tidak, pebisnis akan menjalankan ibadah puasa sambil berjualan, tentunya ini sangat menguntungkan bukan?Usaha dengan menjualkan menu makanan kekinian adalah salah satu waktu yang paling tepat untuk menghasilkan sejumlah rupiah di bulan Ramadhan. Perlu diperhatikan kalau usaha rumahan di Bulan puasa saat ini bisa mendapatkan pahala di surga nanti.

Inilah Ide Bisnis Jualan Rumahan di Bulan Ramadhan

Di bulan puasa saat ini, pola konsumsi warga masyarakat akan mengalami yang namanya peningkatan. Jadi, usaha yang cocok di bulan Ramadhan 2023 adalah usaha yang berbentuk makanan atau minuman. Karena usaha yang seperti ini akan mendatangkan banyak konsumen.Dari sinilah anda akan membutuhkan software kuliner terbaik di ramadhan 2023. Dengan begitu kita yang memiliki bisnis dapat berjualan dengan baik dan lancar tanpa adanya kesalahan. Itulah sebabnya software penjualan dan pembelian makanan kekinian dibutuhkan. Lantas apa saja ide bisnis jualan rumahan di bulan Ramadhan? Dalam pembahasan ini telah tersedia 5 ide dan usaha yang cocok untuk anda buka selama bulan Ramadhan berlangsung. Bagi anda yang ingin mencari tahu tentang ide-ide tersebut, simaklah pembahasan berikut.

1. Es Buah

Bingung usaha apa yang cocok di bulan puasa? Mungkin berjualan es buah adalah ide bisnis jualan rumahan yang wajib anda coba. Banyak orang yang menginginkan minuman ini akibat menjalankan puasa seharian. Menunaikan ibadah puasa seharian, tentunya mereka akan membutuhkan minuman yang dapat menyegarkan tubuhnya kembali. Sudah pasti jawabannya es buah. Atau bisa juga dengan beberapa jualan minuman lainnya yang berupa es teler, es blewah dan timun sari.Jika anda ingin membuka usaha yang seperti ini, jangan sampai lupa agar tetap menggunakan software penjualan minuman kekinian. Yang mana software tersebut akan membantu anda untuk mencatat keuangan dari bisnis atau usaha yang ada. Anda dapat melakukan pemasaran produk dimana pembeli membawah wadahnya sendiri bisa mendapatkan potongan harga atau diskon. Tentunya cara ini sangat berguna untuk mengundang pelanggan datang membeli produk tersebut. Bukan hanya menarik pelanggan, melainkan cara seperti ini dapat mengurangi pemakaian plastik yang digunakan hanya dalam sekali. Hal yang seperti ini akan berdampak bagi untuk lingkungan yang ada.

2. Jualan Takjil

Ide bisnis jualan rumahan selanjutnya adalah bisnis rumahan takjil. Anda dapat mengunduh aplikasi jual beli kue takjil untuk mempermudahkan anda dalam melayani konsumen. Dengan adanya aplikasi tersebut, maka anda bisa catat penjualan kue online dengan lebih baik dan mudah dilakukan. Biasanya jual kue takjil ini dapat mengundang banyak pelanggan, karena dalam bulan puasa kebanyakan orang akan mencari takjil.Yang pastinya kita akan merasa kebingungan juga untuk mengelola bisnis tersebut. Tapi anda dapat memanfaatkan software restoran ramadhan, yang mana dapat mengelola keuangan hingga dapat memberikan pelayanan terbaik pada setiap pelanggan. Takjil maupun minuman segar seringkali dijadikan sebagai hidangan paling nikmat saat berbuka puasa. Anda dapat memulai berjualan dari halaman rumah, pinggir jalan serta bisa dibawa ke beberapa tempat kerja untuk ditawarkan pada teman kerja.Sebenarnya berjualan takjil yang seperti ini bukan hanya mendapatkan penghasilan yang besar saja. Melainkan anda bisa menerima pahala dari surga akibat membantu orang agar bisa berbuka meskipun anda sedang mengalami kesibukan. Apalagi menjual takjil serta minuman segar hanya membutuhkan modal yang kecil saja dengan penghasilannya nanti yang besar. Anda dapat mengeluarkan modal yang hanya kurang lebih Rp 300.000 sampai Rp 1.000.000 saja.

3. Kurma

Memakan kurma ketika berbuka puasa sudah termasuk dalam suatu sunnah rasul. Jenis makanan yang seperti ini juga berguna untuk bagi kesehatan anda. Hal tersebut karena bisa mengembalikan tenaga yang sebelumnya hilang setelah menjalankan ibadah puasa. Jadi, tak heran juga apabila semua jenis kurma yang ada akan terjual di berbagai macam pasar, mulai dari pasar tradisional hingga supermarket yang ada. Anda juga bisa memanfaatkan momen yang seperti ini untuk berjualan kurma di halaman rumah atau hanya sekedar berkeliling saja. Untuk produk yang berupa kurma ini bisa diambil dari distributor besar atau supplier. Dan kemudian anda dapat menjadi reseller agar bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan dengan harga yang sudah ditetapkan oleh supplier.

4. Parcel

Selain anda menjual kurma kurma dan takjil, anda bisa membuat jasa sebagai pembuatan parcel, yang mana ini akan menambahkan penghasilan anda menjelang lebaran. Dalam hal ini anda bisa menawarkan berbagai macam parcel dengan isiannya yang berbeda-beda, misalnya anda dapat menambahkan aneka macam kue atau makanan ringan, biskuit yang dibeli dari pasar dan sembako (bahan pokok).

5. Kue Kering

Selanjutnya, ide bisnis jualan rumahan yang cocok di bulan ramadhan adalah kue kering, misalnya putri salju atau nastar. Usaha yang seperti ini sangat cocok untuk anda yang memiliki bakat di dunia baking. Apabila anda merasa masih belum terbiasa, sebaiknya berlatih sebelum menjelang hari lebaran. Sesudah itu, anda dapat memberikan penawaran kue kering tersebut ke tetangga, keluarga, atau rekan kerja.Jika perlu, bisa manfaatkan sistem dari penjualan reseller. Yang mana harus mengundang teman-teman atau kerabat anda agar bisa mengikuti penjualan produk tersebut. Anda tak perlu khawatir mengenai modalnya, karena tidak sebesar seperti apa yang anda bayangkan.

6. Ketupat

Ide bisnis jualan rumahan yang cocok di bulan Ramadhan adalah berjualan ketupat. Biasanya ketupat dijadikan sebagai simbol perayaan idul fitri. Tak ada ketupat, rasanya seperti tidak merayakan idul fitri. Pasalnya, ketupat menjadi menu yang disajikan ketika tradisi qunutan.Dalam pertengahan bulan Ramadhan, seringkali ketupat akan dimakan dengan menggunakan opo ayam dan juga sayur labu siam. Dengan begitu, kebanyakan orang akan membutuhkan yang namanya kulit ketupat dalam pembuatan menu tersebut. Apabila anda dapat membuat ketupatnya dengan baik, tentunya ini dapat dijadikan ide bisnis jualan rumahan yang cocok di bulan Ramadhan. Yang bermodal Rp 1.000 saja untuk satu ketupat, tapi anda dapat menjualnya dengan harga lebih dan sesuai dengan harga pasarnya.

7. Katering Makanan

Ketika bulan puasa tiba, tentu sebagian orang tidak sempat dalam persiapan menu buat sahur dan berbuka nantinya. Tentu saja katering makan menjadi ide bisnis jualan rumahan yang cocok di bulan Ramadhan saat ini. Anda dapat memberikan penawaran catering makanan pada anak kost, ataupun para ibu-ibu yang sibuk dengan pekerjaan, karena biasanya mereka tak akan sempat mempersiapkan menu makanan berbuka atau sahur. Langkah sebelum menjalankan usaha yang seperti ini, sebaiknya anda mencoba riset pasar agar anda dapat menentukan tentang harga yang pas. Buatlah pilihan paket, misalnya katering makanan mingguan ataupun bulanan.

8. Jualan Baju Muslim

Bukan hanya berjualan berbagai jenis makanan dan minuman, anda dapat mengambil ide bisnis jualan rumahan yang cocok di bulan Ramadhan dengan berjualan baju muslim. Tak bisa dipungkiri juga kalau usaha ini menjadi sebuah pekerjaan yang dapat menguntungkan di bulan suci Ramadhan. Karena bulan yang seperti ini akan mengundang umat muslim untuk berpakaian tertutup dalam aktivitasnya sehari-hari.Usaha yang seperti ini biasanya akan berkembang dengan cara yang lebih baik sehingga pelaku usaha dapat memanfaatkannya. Jualan baju muslim sama halnya dengan berbisnis katering makanan, karena perkembangan usahanya yang baik di bulan puasa. Selain itu anda juga tidak akan mengeluarkan modal yang besar untuk memulai usaha jualan baju muslim, anda juga dapat menjadi reseller ataupun dropshipper agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan.8 ide bisnis jualan rumahan yang cocok di bulan Ramadhan seperti rekomendasi diatas dapat berguna untuk menunjang kebutuhan anda selama bulan suci Ramadhan. Anda dapat menggunakan aplikasi akuntansi untuk usaha rumahan anda. Dengan begitu ini dapat mempermudahkan anda dalam mengelola bisnis tersebut.


You Might Also Like