Cara Membuat dan Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

cara_membuat_dan_contoh_laporan_keuangan_perusahaan_dagang

Laporan keuangan adalah salah satu tonggak keberhasilan sebuah bisnis, tak terkecuali perusahaan dagang. Namun yang pertama perlu Anda tahu adalah apa itu perusahaan dagang, laporan keuangan perusahaan dagang, dan bagaimana cara membuatnya?

Apa itu perusahaan dagang?

Perusahan dagang adalah perusahaan yang menjual sebuah produk dari pemasok ke konsumen dengan atau tanpa mengubah rasa, bentuk, atau kualitas demi mencapai keuntungan dari selisih penjualan. Nah, jika Anda menjual sebuah barang, baik itu barang atau jasa, maka Anda adalah pengusaha sebuah perusahaan dagang.

Dalam perusahaan dagang yang profesional, Anda harus tahu cara membuat laporan keuangan secara terperinci dan lengkap. Tak hanya itu, Anda juga harus paham apa saja informasi yang tertera pada laporan keuangan perusahaan dagang tersebut.

Tentang Laporan Keuangan

Laporan keuangan, atau dalam bahasa Inggris disebut financial statement, adalah penyajian posisi keuangan dan kinerja secara terstruktur. Tentu laporan keuangan memiliki manfaat bagi perusahaan karena bisa menjadi landasan pengusaha mengambil keputusan.

Ada beberapa jenis laporan keuangan yang sebaiknya disiapkan oleh pengusaha secara rutin, yakni: laporan laba rugi, perubahan ekuitas, laporan arus kas, neraca, laporan piutang, laporan hutang, dan laporan persediaan stok barang.

Laporan Laba-Rugi

Dalam laporan ini, Anda bisa mengetahui sejauh mana perusahaan bisa menghasilkan laba atau justru malah berakibat rugi. Nah, dalam penyusunan laporan laba-rugi, biasanya tertera:

Pendapatan : peningkatan aset, penurunan kewajiban dan kenaikan ekuitas/modal.

Harga pokok penjualan : biaya penjualan barang, meliputi biaya bahan baku, tenaga kerja langsung dan biaya overhead. Adapun komponennya terdiri dari persediaan awal barang dagang, persediaan akhir barang dagang dan pembelian bersih.

Beban : penurunan manfaat ekonomi selama satu periode dalam bentuk penurunan aset atau arus keluar dan berakibat menurunnya ekuitas.

Pendapatan kompehensif : total penghasilan dikurangi beban.

Intinya, jika pendapatan lebih besar maka perusahaan untung dan mendapatkan laba. Sebaliknya, jika lebih kecil maka perusahaan hanya mendapat kerugian.

Persamaan dasar laporan laba-rugi:

Laba/Rugi= Total pendapatan - total beban

Contoh laporan laba-rugi

Source: www.zams.web.id

Laporan Perubahan Ekuitas

Ekuitas bisa dikatakan sebagai modal. Artinya, laporan ini menginformasikan bagaimana kinerja modal selama bisnis Anda berjalan. Laporan perubahan ekuitas sama dengan peningkatan atau penurunan aktiva bersih selama periode yang ditentukan.

Adapun persamaan dasar perubahan ekuitas adalah:

Perubahan ekuitas = Modal awal + laba

Contoh laporan perubahan ekuitas

Source: www.accounting-basics-for-students.com

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas (cash flow) biasanya dibuat demi mengetahui sejauh mana aliran uang ini seimbang dan menunjukkan hasil positif. Laporan ini terdiri dari beban perusahaan, hutang dan pengambilan prive.

Contoh laporan arus kas

Source: www.accounting-basics-for-students.com

Neraca

Neraca menginformasikan kepada Anda tentang aktiva, kewajiban, modal saham pada periode waktu tertentu. Dalam istilah laporan keuangan, neraca disebut juga sebagai balance sheet.

Adapun fungsi neraca ini untuk menakar kesehatan keuangan perusahaan, meramalkan keadaan arus kas di masa depan dan menganalisa likuiditas dan fleksibilitas perusahan. Persamaan dasarnya yakni:

Aktiva = Kewajiban + Modal

Contoh neraca

Source: www.accounting-basics-for-students.com

Laporan Piutang

Laporan ini berisi informasi tentang transaksi penambahan atau pengurangan piutang perusahaan serta saldo terakhir piutang di masing-masing pelanggan. Tentu saja laporan piutang bisa memudahkan Anda dalam menagih setiap piutang kepada pelanggan.

Contoh laporan piutang:

Source: https://create.microsoft.com

Laporan Hutang

Sama seperti laporan piutang. Bedanya dalam laporan ini, Anda bisa melihat sejauh mana hutang berkurang atau justru bertambah kepada supplier.

Contoh laporan hutang:

Source: www.smartsheet.com

Laporan Persediaan Stok Barang

Dalam laporan ini, Anda bisa melihat rincian stok barang, harga penjualannya, stok awal, pembelian barang, retur penjualan/pembelian, penjualan, hingga stok akhir.

Contoh laporan persediaan stok barang

Source: www.bluelayouts.org

Demikian pemaparan tentang laporan keuangan perusahaan dagang yang perlu Anda ketahui. Nah, untuk Anda yang hendak memulai bisnis ini, semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya.

Nah, untuk memudahkan anda dalam membuat laporan keuangan perusahaan, akan lebih baik jika anda menggunakan sistem yang terintegrasi seperti Ukirama ERP. Sistem ERP ini mampu mencatat, menganalisa dan mengatur keuangan dan akuntansi bisnis anda dengan berbagai fitur dan layanan yang ditawarkan. Beberapa fitur keren dari Ukirama ERP adalah manajemen stok termasuk proses stock opname, pembelian, penjualan, pengelolaan SDM, manufaktur, reparasi hingga sistem akuntansi. Tidak hanya itu, Ukirama ERP juga menampilkan laporan secara terperinci dan terintegrasi termasuk di dalamnya laporan keuangan perusahaan.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Ukirama ERP dapat dilihat di sini .


You Might Also Like