Cara Memilih Software Akuntansi Online Terbaik Untuk Bisnis Anda

cara_memilih_software_akuntansi_online_terbaik_untuk_bisnis_anda

Hal paling krusial dalam mengelola sebuah bisnis adalah bagaimana pemilik bisnis mengelola keuangannya dengan baik agar perusahaan bisa terus berjalan. Tentunya pengelolaan yang baik dan tepat atas sumber daya yang paling penting bagi pelaku bisnis, yaitu modal, harus didasari pada data. Pasalnya, tanpa data dan informasi yang jelas, perusahaan akan kesulitan untuk menentukan langkah selanjutnya serta mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki. Data dan informasi yang dibutuhkan oleh pemilik bisnis atau pemangku kepentingan lainnya yang biasa membuat keputusan dalam sebuah perusahaan dikumpulkan dan dibuat dalam bentuk laporan akuntansi. Ini sebabnya pengerjaan akuntansi harus dilakukan secara teliti dan detail agar laporan yang dihasilkan pun benar-benar memenuhi fungsi optimalnya.Peran akuntansi bisa dibilang menjadi ujung tombak dalam mengelola sebuah bisnis. Pasalnya, tanpa adanya pencatatan laporan keuangan yang akurat maka kegiatan pemasaran serta operasional bisnis lainnya akan menjadi tidak terukur dan perusahaan tidak mengetahui kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya. Tak sedikit kasus bisnis yang terpaksa harus gulung tikar karena tidak mampu mengelola keuangannya dengan bijak dan laporan keuangan yang kurang memadai.Sekarang ini, saat dimana teknologi semakin berperan penting dalam memudahkan kehidupan masyarakat, pemanfaatan teknologi dalam bidang akuntansi pun semakin dibutuhkan. Salah satunya berupa software akuntansi yang dapat membantu perusahaan dalam melakukan pencatatan segala transaksi yang dilakukannya dengan lebih mudah, akurat, dan terpercaya. Penggunaan software akuntansi oleh perusahaan sangat direkomendasikan karena software ini berfungsi untuk secara otomatis mencatat transaksi apa saja yang dilakukan, mengintegrasikannya dengan data serta informasi lain, dan dapat diakses secara langsung oleh pemangku kepentingan.Dengan adanya akses untuk memonitor operasional bisnis secara real-time melalui software akuntansi, kekhawatiran akan pemalsuan data transaksi maupun penyelewengan dapat diminimalisir atau bahkan kemungkinan tersebut dapat dicegah.

Mengapa Harus Menggunakan Software Akuntansi Online

Seperti yang telah disebutkan di atas beberapa keuntungan dalam memanfaatkan software akuntansi bagi perusahaan, seperti pencatatan transaksi perusahaan secara otomatis, mengintegrasikan data transaksi perusahaan dengan informasi lainnya, serta memungkinkan bagi pemangku kepentingan untuk memonitor performa keuangan perusahaannya secara real-time dari mana saja, penggunaan software akuntansi dapat menghemat waktu Anda hingga berjam-jam jika dibandingkan dengan memonitornya atau membuat laporan secara manual.Software akuntansi juga mampu mengurangi atau menghilangkan entri data yang berlebihan, contohnya seperti memasukkan alamat pelanggan pada quotation dan kemudian membuat dokumen pemesanan lalu invoice. Jika Anda mengelola bisnis dengan pendapatan serta operasional yang masih sederhana mungkin masih belum terlalu membutuhkan software ini. Namun, untuk pelaku usaha yang mengelola bisnis yang terus berkembang dimana mereka harus mengelola inventaris atau persediaan barang serta harus menangani jumlah pelanggan dan karyawan yang tidak sedikit secara bersamaan, penggunaan software akuntansi, terutama yang berbentuk online, dapat mempermudah pekerjaan Anda dengan menghemat waktu yang harus Anda habiskan dalam mengurusnya dan Anda juga akan memiliki laporan keuangan yang lebih akurat.

Cara Memilih Software Akuntansi 

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dari penggunaan software akuntansi pada perusahaan, selanjutnya pemilihan software akuntansi yang tepat sangat diperlukan agar penggunaannya dapat dioptimalkan dalam mendukung operasional bisnis perusahaan. Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu cara memilih software akuntansi yang tepat seperti beberapa di bawah ini:Pertimbangkan Kebutuhan PerusahaanSebelum memilih software akuntansi yang akan digunakan, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang sebenarnya dibutuhkan perusahaan agar software yang digunakan dapat mendukung perkembangannya. Hal ini dikarenakan setiap software akuntansi menawarkan fitur yang berbeda-beda sehingga Anda harus memastikan memilih fitur yang bisa lebih pas bagi perusahaan.Dengan memahami apa saja kebutuhan perusahaan yang sebenarnya, Anda bisa mempersempit pilihan software akuntansi yang tepat. Cara terbaik untuk mengetahui software akuntansi seperti apa yang tepat untuk mendukung operasional bisnis Anda adalah dengan memahami bagaimana bisnis Anda beroperasi, lalu lakukan riset terlebih dahulu berbagai jenis software yang ada di pasaran. Ada berbagai macam pilihan software akuntansi yang tersedia, termasuk software yang fiturnya dirancang khusus atau disesuaikan dengan operasional bisnis suatu perusahaan.Kelengkapan FiturSetelah mengetahui kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan, menentukan fitur apa saja yang harus ada pada software akuntansi yang akan digunakan merupakan langkah yang paling penting. Penentuan fitur-fitur ini pun bisa dikonsultasikan dengan tim Anda terlebih dahulu, karena mungkin tim Anda ada yang mengetahui fitur yang belum terpikirkan. Hal ini juga untuk meminimalisir adanya fitur yang harus ditambahkan setelahnya sehingga memungkinkan Anda harus mengeluarkan budget yang lebih besar lagi.Selain itu, akan lebih baik untuk mencari penyedia software akuntansi yang juga bisa memberikan Anda konsultasi mengenai fitur-fitur yang tepat bagi operasional bisnis.Berikut beberapa fitur-fitur yang biasanya digunakan oleh bisnis kecil menengah:

  • Inventory management
  • Budgeting
  • Sales Tracking
  • Payroll
  • Accounting
  • Tax
  • Customer contacts management

Sebagai informasi tambahan, beberapa software akuntansi dibuat secara spesifik untuk industri tertentu, seperti manufaktur, konstruksi, dan distributor grosir. Apabila bisnis yang Anda kelola beroperasi di industri yang memerlukan fitur-fitur tertentu, mungkin ada software akuntansi yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.Penting juga untuk menentukan jenis software akuntansi yang akan digunakan. Apakah Anda akan menggunakan yang online atau aplikasi. Sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan software akuntansi online. Software akuntansi online merupakan software akuntansi yang berbasis web pada jaringan internet yang sudah pasti aman. Selain itu, software akuntansi online dapat diakses dari beberapa perangkat sekaligus. Dengan berbasiskan internet, Anda juga tidak perlu repot menginstall aplikasi pada perangkat yang digunakan.Layanan Support yang MemadaiPoin penting lainnya yang harus dipastikan adalah apakah penyedia software akuntansi online yang akan Anda gunakan memiliki layanan bantuan yang memadai. Mengimplementasikan serta menjalankan sebuah software ada kalanya menemui kendala-kendala tertentu. Oleh karena itu, sangat penting bagi penyedia software akuntansi online yang bekerjasama dengan perusahaan Anda untuk memberikan layanan bantuan yang baik.Layanan support ini tidak hanya diberikan ketika Anda menemui kendala, tetapi juga memberikan saran atau konsultasi proses bisnis, membantu proses implementasi software dan juga setup accounting.Harga yang SesuaiMungkin bagi perusahaan fitur-fitur sesuai yang dibutuhkan memang penting, tetapi tidak ada yang bisa mengalahkan pentingnya jumlah nominal yang harus dihabiskan oleh perusahaan. Pada umumnya, pihak management tidak akan keberatan untuk mengeluarkan budget yang sesuai dengan kualitas serta layanan yang baik yang akan didapatkan oleh perusahaan. Jadi pastikan Anda memilih software akuntansi online yang penyedianya dapat memberikan yang terbaik untuk mendukung perkembangan perusahaan Anda serta memudahkan operasional bisnis dengan harga yang sesuai.


You Might Also Like