Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Harus Pinjam ke Bank

cara_mendapat_modal_usaha_tanpa_pinjam_ke_bank

Apa yang Anda pikirkan ketika awal hendak membangun usaha? Hal-hal utama yang pasti langsung terpikirkan adalah modal. Ya, modal adalah syarat penting dalam mengawali usaha atau bisnis. Tanpa modal yang dalam hal ini adalah berupa modal uang, maka rencana usaha akan sulit tercapai.Beruntung bagi mereka yang berasal dari keluarga berada karena bisa saja membiayai modal usaha dari uang sendiri. Tetapi bagi yang tidak memiliki kemampuan finansial tersebut, maka modal menjadi beban yang seringkali membuat rencana usaha berakhir pada mimpi belaka. Tentu Anda tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan?Biasanya ketika membicarakan tentang sumber modal usaha, yang terpikirkan adalah meminjam di bank. Ya, pinjaman bank menjadi solusi paling umum yang dilakukan. Apalagi sekarang, banyak bank yang memberikan persyaratan yang lebih mudah dipenuhi oleh para calon pengusaha. Tetapi tak bisa dipungkiri pula, banyak diantara kita yang ragu untuk meminjam di bank. Salah satunya karena bunga yang besar hingga hal-hal lain yang seringkali memberatkan pengusaha pemula.Lantas adakah cara lain untuk mendapatkan modal usaha tanpa harus meminjam ke bank? Jawabannya tentu saja ada, bahkan bisa dikatakan cukup banyak pilihan. Apa saja cara-cara tersebut? Berikut 7 cara mendapatkan modal usaha tanpa harus pinjam ke bank.

  1. Memanfaatkan Aset Pribadi

Dalam upaya meraih sesuatu, maka tak jarang kita harus mengorbankan sesuatu. Termasuk untuk memulai usaha, jika tidak memiliki modal uang yang cukup maka bisa saja dengan memanfaatkan aset pribadi yang dimiliki. Pemanfaatan ini bisa dengan menjualnya ataupun menggadaikannya.Mulailah list aset-aset yang Anda miliki dan bisa dimanfaatkan. Beberapa aset yang sering dimanfaatkan adalah seperti emas dan surat tanah atau kendaraan. Aset emas mungkin bisa dijual atau digadaikan, tetapi untuk surat tanah biasanya pilihannya hanya berupa digadaikan saja. Meskipun berat, tetapi jika Anda yakin akan usaha yang dibangun, maka asumsikan saja bahwa aset pribadi tersebut hanya direlakan untuk sementara waktu hingga waktunya ditebus atau membeli yang baru.

  1. Modal Patungan dari Teman

Cara berikut sangat mungkin dilakukan apalagi untuk Anda yang memiliki relasi pertemanan yang potensial. Anda bisa menyiapkan strategi usaha yang matang untuk kemudian diajukan kepada teman-teman terdekat. Biasanya teman-teman yang mau turut menanamkan modalnya adalah mereka yang bekerja kantoran tetapi ingin juga berbisnis. Peluang inilah yang bisa dimanfaatkan yang mana modal didapat dari beberapa orang dan Anda sendiri sebagai eksekutor usaha tersebut. Tentunya juga hal ini harus diawali dengan kesepakatan besaran bagi hasil yang didapatkan oleh masing-masing penanam modal.Keuntungan dari sistem mencari penanam modal dari teman-teman sendiri ini adalah komunikasi. Oleh karena Anda dan pemberi modal adalah teman, tentu kesepakatan menjadi lebih mudah dikomunikasikan. Namun jangan lupa juga bahwa hal ini menyangkut reputasi diri Anda sendiri, sehingga kejujuran menjadi hal penting.

  1. Jalin Kerjasama Usaha

Jika di poin 2 adalah hanya mencari penanam modal dan biasanya si penanam modal tidak terjun langsung ke kegiatan usaha, maka cara ketiga ini adalah dengan menjalin kerjasama secara langsung. Menjalin kerjasama ini bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti memulai usaha bersama dari awal atau jika sesuai dengan jenis usahanya, Anda bisa bekerja sama dengan orang yang sudah memulai usahanya lebih dulu.

  1. Menggunakan Pinjaman Online

Selain bank, ada metode pinjaman modal lain yang tengah menjadi tren yaitu pinjaman online. Ya, pinjaman online bisa menjadi alternatif karena terbilang mudah dan simpel. Pilihan perusahaan penyedia jasanya juga beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kesesuaian usaha.Hanya saja perlu diperhatikan adalah agar berhati-hati dalam memilih penyedia jasa pinjaman online tersebut. Pilihlah penyedia jasa yang resmi dan memiliki ulasan baik dari banyak orang. Hal ini karena banyak kejadian dimana pinjaman online justru menjerat peminjamnya dengan bunga yang tidak sesuai. Alih-alih untung, Anda justru bisa terjerat hutang yang menumpuk. Lebih parah lagi, ada juga kasus dimana data-data peminjam juga dimanfaatkan untuk diperjual belikan.

  1. Pinjaman Melalui Crowd Funding (Penggalangan Dana)

Selain jasa pinjaman online, ada juga situs-situs yang secara khusus membantu memberikan pendanaan usaha yaitu crowd funding atau penggalangan dana. Pendanaan melalui situs crowd funding ini juga terbilang mudah dan praktis serta sifatnya seperti sponsorship. Hanya saja memang beberapa situs crowd funding mengharuskan Anda sudah menjalankan usaha dahulu. Mereka akan menilai usaha tersebut apakah layak untuk mereka bantu sebagai sponsor. Sebagai timbal baliknya, Anda bisa memberikan reward pada sponsor tersebut dalam berbagai bentuk yang disepakati atau sesuai keinginan penyedia sponsor.

  1. Mencari Dana Hibah Perusahaan

Cara lain yang bisa dicoba untuk Anda yang mencari modal usaha adalah dengan mencari dana hibah perusahaan. Biasanya dalam program CSR atau Corporate Social Responsiblity beberapa perusahaan memiliki program berupa dana hibah untuk membantu pengusaha muda atau pemula. Biasanya, mereka banyak membantu bisnis UKM yang memiliki prospek yang menjanjikan.Untuk bisa mendapatkan dana hibah ini, Anda harus menyiapkan ide usaha yang jelas dalam bentuk proposal. Usahakan juga Anda sudah mencoba memulai usaha tersebut agar menjadi poin lebih bagi penyeleksi. Meskipun memang cukup menyulitkan dan tidak pasti, tetapi tak ada salahnya mencoba cara ini.

  1. Mencari Investor di Acara Seminar

Bagi Anda yang ingin memulai usaha, jangan anggap seminar sekedar event mencari ilmu tentang berbisnis. Memang itu adalah tujuan utamanya, tetapi jika Anda lebih giat lagi maka di seminar atau workshop kewirausahaan yang diadakan perusahaan atau lembaga-lembaga itulah, Anda bisa mendapatkan calon investor. Hal tersebut tentu sangat dimungkinkan karena yang datang di sana tentu juga mereka yang sudah memiliki bisnis. Ketika mereka mengenal Anda dengan bisnis yang menjanjikan, tentu mereka tak segan untuk mengucurkan bantuan dana.Itulah 7 cara yang bisa menjadi pilihan untuk Anda mendapatkan modal usaha selain melakukan pinjaman di bank. Dari semuanya, hal utama yang memang harus disiapkan adalah proposal bisnis yang jelas. Pemberi pinjaman modal tentu tak mau asal memberikan suntikan dana, mereka harus tahu usaha yang hendak dibangun dan bagaimana peluangnya. Untuk itu, jika Anda memang serius mencari modal usaha, mulailah mempersiapkan proposal bisnis yang meyakinkan.


You Might Also Like