Cara Mudah Mengajukan Pinjaman Modal Ke Bank

cara_mudah_mengajukan_pinjaman_ke_bank

Semakin banyak keinginan yang diinginkan, semakin banyak pula keuangan yang harus dipersiapkan. Selain gaji, pemasukan keuangan tambahan yang bisa dilakukan adalah dengan berdagang atau berbisnis. Terutama di zaman sekarang ini, cara pemasaran dengan menggunakan media sosial akan lebih mudah dan murah untuk dapat menjangkau konsumen. Barang yang dijual pun dapat bermacam-macam, dapat berupa barang atau jasa. Mungkin ide untuk memulai bisnis sudah Anda dapatkan, namun apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk dapat mewujudkan bisnis tersebut? Jawabannya adalah modal. Modal adalah dana awal untuk digunakan untuk memulai bisnis Anda. Untuk Anda yang memang sudah menabung sebelumnya, akan sangat mudah untuk dapat menyiapkan modal ini. Namun, bagaimana dengan Anda yang memang belum mempunyai modal sama sekali? Apakah ada cara lainnya untuk mendapatkan modal tanpa harus ada tabungan terlebih dahulu?Terdapat beberapa cara untuk Anda bisa mendapatkan modal. Salah satu cara yang dapat dengan mudah Anda dapatkan adalah melalui kredit. Kredit ini bisa Anda dapatkan melalui pinjaman kredit online atau bank. Sebelum Anda memulai untuk mengambil kredit ini, perlu Anda perhatikan untuk perbedaan bunga yang diberikan dari pinjaman kredit online atau bank. Biasanya pinjaman kredit online mempunyai bunga yang lebih besar, karena pada pinjaman kredit online tidak meminta jaminan kepada calon penerima kredit atau biasa disebut dengan debitur. Untuk Anda yang ingin mengajukan kredit, disarankan untuk melakukan pinjaman ke bank. Selain pemberian bunga yang bersaing, dengan mengajukan kredit dengan bank dapat membantu untuk mengembangkan bisnis Anda kedepannya. Berikut ini kami berikan beberapa cara mudah untuk Anda yang ingin mengajukan kredit modal usaha ke bank.

  1. Bandingkan Bunga Kredit Beberapa Bank

Sekarang ini banyak Bank yang bersaing dalam memberikan bunga kredit. Biasanya Bank BUMN lebih besar memberikan kredit dibandingkan dengan Bank swasta. Untuk itu, agar mempermudah Anda membandingkan bunga kredit, Anda bisa menggunakan website keuangan yang mempunyai fitur membandingkan bunga kredit. Terkadang informasi dari website tersebut belum diperbarui, namun tidak ada salahnya Anda menelepon layanan pelanggan dari bank yang akan Anda ajukan kredit berdasarkan data dari website tersebut untuk mengkonfirmasi kebenaran bunga kredit yang ditawarkan. Untuk memudahkan Anda dalam pengajuan kredit bisnis Anda, disarankan untuk mengajukan pinjaman pada Bank tempat Anda menabung. Hal ini karena, Bank akan dengan mudah melihat transaksi keuangan Anda sehingga pengajuan kredit Anda akan semakin cepat diproses.

  1. Pantau Kolektibilitas Anda

Apa itu Kolektibilitas? Kolektibilitas adalah skor kelancaran pembayaran kredit yang diberikan oleh Bank kepada Anda. Skor yang diberikan terdiri dari Kolektibilitas 1-5. Bila Anda mendapatkan Kolektibilitas 1, artinya Anda pembayaran kredit Anda adalah Lancar. Sedangkan bila Anda mendapatkan Kolektibilitas 4-5, Bank akan dengan segera menolak pengajuan pinjaman modal Anda. Mengapa Bank akan melihat Kolektibilitas Anda berdasarkan OJK Checking? Karena dengan nilai Kolektibilitas berdasarkan OJK checking tersebut, Bank akan mengetahui historikal kredit yang mungkin pernah Anda ajukan sebelumnya. Historikal kredit ini berdasarkan historis pembayaran cicilan kartu kredit Anda, cicilan rumah, atau cicilan kendaraan yang pernah Anda ajukan sebelumnya. Lalu bagaimana dengan Anda yang belum pernah mengajukan cicilan sebelumnya dan juga tidak mempunyai kartu kredit? Ada beberapa Bank yang akan ragu untuk memberikan modal kepada calon debitur yang mempunyai historis kredit yang bersih. Namun, bukan berarti tidak ada bank yang tidak mau memberikan kredit kepada calon debitur yang mempunyai catatan kredit bersih. Untuk itu, tidak ada salahnya bukan untuk mengajukan pinjaman modal bisnis tersebut lebih dari satu bank.

  1. Menjadi Pengguna Kartu Kredit Aktif

Untuk Anda yang sudah mempunyai kartu kredit, ini akan menjadi point tambahan dalam mengajukan pinjaman modal bisnis. Mungkin sebelumnya Anda bukan pengguna aktif kartu kredit, tetapi tidak ada salahnya jika Anda menjadi pengguna kartu kredit aktif. Selain untuk meningkatkan atau mempertahankan skor kolektibilitas Anda, Anda juga akan mendapatkan point reward atas penggunaan kartu kredit. Nanti point tersebut juga dapat Anda nikmati untuk pembelanjaan selanjutnya. Kartu kredit sendiri, juga digunakan oleh Bank untuk melihat historical pembayaran dan transaksi yang pernah Anda lakukan. Satu catatan untuk Anda, jangan terlalu sering untuk membuka atau menutup akun kartu kredit yang Anda punya, karena semakin lama riwayat kredit yang Anda miliki maka akan semakin baik pula kredit skor Anda.

  1. Jaminan atau Agunan

Mengapa harus ada jaminan atau agunan untuk meminjam pada Bank? Jaminan ini digunakan sebagai penjamin untuk meminimalisir risiko gagal bayar Anda sebagai debitur. Sehingga bila nanti terdapat kejadian kredit macet, maka jaminan tersebut dapat dilelang dan menutupi kekurangan pinjaman yang tidak dapat terbayarkan. Nilai jaminan yang dapat diterima Bank adalah dua kali lebih besar dari pada nominal yang akan dikreditkan atau setara dengan nominal tersebut. Sebagai catatan, tidak semua barang dapat dijadikan sebagai jaminan. Karena nilai barang yang dijadikan sebagai jaminan tersebut mungkin saat ini memiliki nilai yang sama dengan besaran nominal yang Anda ajukan. Namun bisa jadi juga jaminan tersebut akan turun nilai jualnya setelah 2 atau 3 tahun berikutnya. Untuk itu, Bank akan mengirimkan analis kreditnya untuk menilai seberapa besar nilai jaminan yang Anda ajukan. Contoh dari nilai jaminan yang harganya akan turun dalam 2 sampai 3 tahun berikutnya adalah kendaraan bermotor dan benda elektronik.

  1. Penuhi Persyaratan Administrasi Bank

Mungkin untuk Anda, pemenuhan persyaratan administrasi ini merupakan hal yang mudah. Namun jangan sampai Anda menjadi kesulitan dalam pemenuhan syarat administrasi ini. Sebelum Anda mengajukan kredit, maka Anda harus datang ke Bank yang ingin Anda ajukan kredit dan berikan pertanyaan secara terperinci mengenai syarat dan dokumen apa saja yang harus dipenuhi untuk mengajukan kredit dan termin pembayaran yang dapat diambil. Jika ada dokumen yang tidak dapat Anda penuhi, jangan sungkan untuk menanyakan alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengganti dokumen tersebut. Ketika persyaratan semua sudah lengkap, ini akan mempermudah Anda sehingga tidak perlu bolak-balik dan akan menghemat waktu dan biaya.Cara-cara di atas mungkin terlihat sepele, namun tidak ada salahnya untuk Anda mempraktekannya sehingga pinjaman kredit Anda akan lebih mudah dan cepat cair sehingga bisnis Anda akan dengan cepat dimulai. Selamat mencoba!


You Might Also Like