Ingin Jadi Wirausaha? Berikut Sederet Contoh Bisnis dengan Modal Kecil

ingin_jadi_wirausaha_berikut_sederet_contoh_bisnis_dengan_modal_kecil

Contoh bisnis dengan modal kecil kini sedang dicari banyak orang. Hal ini memang bukan fenomena mengejutkan karena profesi wirausaha memang sedang dilirik banyak orang. Entah pekerja kantoran atau bukan, punya usaha sendiri menjadi impian banyak orang. Sayangnya, banyak orang terkendala dengan modal ketika ingin menjadi wirausaha. Kabar baiknya, ada banyak contoh profesi wirausaha yang bisa dilakukan dengan modal minim, bahkan tanpa modal sekalipun.

Contoh Wirausaha

Profesi wirausaha disukai banyak orang karena Anda tak perlu khawatir soal jam kerja. Tidak ada bos yang mengatur bagaimana Anda harus bekerja. Anda sendiri yang menjadi bos untuk usaha Anda. Bahkan, Anda bisa bekerja dari mana saja tanpa harus pergi ke kantor. Sangat menarik, bukan?Untuk menjadi wirausaha, Anda bisa memulai dengan menentukan jenis bisnis apa yang ingin Anda tekuni. Tak perlu bingung soal modal. Sebab, ada banyak contoh bisnis atau usaha dengan modal kecil yang bisa kalian coba. Anda bisa mencoba untuk membuka bisnis atau usaha di bidang jasa atau barang.

  • Wirausaha Jasa 

Usaha di bidang jasa umumnya membutuhkan modal yang lebih sedikit. Bahkan, banyak orang meraih kesuksesan dengan modal skill atau kemampuan diri saat membuka usaha di bidang jasa. Sebagai referensi, berikut berbagai contoh wirausaha di bidang jasa:

  1. Jasa cleaning service

Jasa cleaning service ini bisa Anda merupakan ide usaha yang bisa dilakukan siapa saja asalkan memiliki kepribadian tidak takut kotor. Modal untuk membuka usaha ini hanya alat-alat kebersihan seperti sapu, lap, kain pel, kemoceng, dan cairan pembersih lantai atau kerak-kerak kotoran yang membandel. Anda bisa membeli semua peralatan tersebut di toko online yang banyak menyediakan diskon atau membelinya di pusat grosir. Target market dari usaha ini bisa mahasiswa yang disibukan dengan jam kuliah, orang yang baru saja pindahan rumah, atau pemilik rumah yang terlalu sibuk dengan pekerjaanya. Sebagai langkah awal, Anda bisa mencoba mempromosikan bisnis Anda ke teman terdekat dan membuat konten menarik di media sosial.

  1. Jasa Desain grafis dan Penulisan Artikel

Bisnis bidang jasa ini cocok untuk Anda yang punya bakat di bidang desain atau penulisan artikel. Selain kemampuan yang mumpuni, Anda hanya perlu menyiapkan laptop atau komputer sebagai modal awal. Setelah itu, Anda bisa mencoba membuat portofolio dan memajangnya di sosial media seperti Linkedin, Instagram, atau platform penyedia jasa freelance agar orang lain tahu kemampuan Anda. Dari langkah kecil tersebut, Anda bisa saja mendapatkan klien tetap hingga membuka usaha digital agency sendiri.

  1. Cuci Motor

Jasa cuci motor ini modalnya juga tak banyak. Tak perlu sewa tempat, Anda bisa memanfaatkan lahan kosong atau teras rumah Anda sebagai lokasi usaha. Setelah itu, Anda perlu menyiapkan berbagai keperluan seperti sabun atau sampo khusus motor yang harganya mungkin tak sampai Rp 50.000.Misalnya Anda memasang tarif Rp 20.000 per motor. Jika dalam sehari ada tiga orang yang menggunakan jasa Anda, modal yang Anda keluarkan sudah kembali lagi. Namun, agar usaha Anda laris-manis, kekuatan promosi juga dibutuhkan. Mungkin Anda bisa memasang promo gratis satu kali cuci setelah 10 kali menggunakan jasa Anda. Lalu pasang informasi promo tersebut di sosial media agar banyak orang yang tahu. 

  1. Bisnis Laundry

Bisnis seperti ini sangat cocok dibuka jika Anda tinggal di lingkungan mahasiswa atau pekerja kantoran. Biasanya, mereka tak punya banyak waktu untuk mencuci pakaian sehingga jasa laundry pun jadi laris manis.Anda hanya perlu menyiapkan mesin cuci, deterjen, setrika, dan pewangi khusus. Yah, kisaran modal yang dibutuhkan sekitar Rp 3 juta. Jika Anda memasang tarif Rp 5000 untuk satu kilogram pakaian, tak sampai dua bulan modal yang Anda keluarkan sudah bisa kembali lagi. Bahkan, tidak menutup kemungkinan Anda bisa merekrut pegawai.

  1. Jasa Bimbingan Belajar

Jasa bimbingan belajar juga banyak dicari, loh. Sejak pandemi Covid-19, sistem pembelajaran pun diubah menjadi sekolah online. Sistem tersebut juga banyak membuat anak merasa kesulitan memahami pelajaran atau mengerjakan tugas dari guru. Karena itu, banyak orangtua mulai menjari guru les untuk membantu anak mereka sekolah.Peluang bagus ini bisa Anda manfaatkan untuk meraih keuntungan. Anda bisa mengingat kembali materi pelajaran yang pernah diajarkan di sekolah dahulu. Semakin banyak siswa yang mendaftar, semakin banyak keuntungan yang Anda dapatkan.

  • Wirausaha Barang

Terdapat berbagai jenis wirausaha barang yang bisa Anda lakukan dengan modal kecil. Berikut contoh wirausaha barang dengan modal kecil:

  1. Dropship

Usaha dropship ini hanya perlu modal kuota internet atau wifi. Anda hanya perlu memanfaatkan media sosial untuk menjual barang milik orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Jadi, Anda tidak akan mengalami kerugian saat ada barang yang tak laku dijual.Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah memasarkan produk tersebut dengan cara unik agar banyak orang tertarik membelinya. Semakin banyak orang tertarik membeli, semakin banyak uang yang Anda dapatkan. Jadi, tanpa modal Anda bisa mendapatkan keuntungan.

  1. Bisnis Catering

Bisnis catering ini bisa Anda lakukan dengan sistem pre order. Anda bisa meminta customer membayar uang muka terlebih dahulu lalu menggunakan uang tersebut sebagai modal awal untuk membeli bahan masakan.Dengan cara ini, Anda tak perlu keluar modal banyak. Anda juga tak perlu takut ada makanan yang tak terjual karena jumlah masakan yang Anda buat sudah disesuaikan dengan banyaknya pesanan.

  1. Menjual Minuman Sehat

Minuman sehat seperti jamu atau rempah-rempah juga sedang naik daun. Pandemi Covid-19 ini membuat kita harus ekstra dalam menjaga kesehatan. Nah, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi minuman sehat. Apalagi, pandemi ini juga membuat banyak orang mulai peduli dengan kebugaran tubuh sehingga mereka juga tak segan mencari minuman sehat untuk meningkatkan imunitas. Agar produk yang Anda hasilkan laris-manis, kemas minuman dengan unik atau Anda bisa menambahkan berbagai varian rasa yang menggoda lidah.

  1. Buka Toko Pulsa

Bisnis satu ini juga tak pernah ada matinya karena hampir setiap orang sudah punya ponsel dan membutuhkan akses internet. Karena itu, berjualan pulsa bisa menjadi solusi mudah bagi Anda yang ingin jadi pengusaha dengan modal kecil.Tak perlu menyewa toko, Anda bisa menyiapkan etalase kecil dan menaruhnya di halaman rumah Anda sebagai lokasi untuk berjualan. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari setiap transaksi yang dilakukan. Selain pulsa, Anda juga bisa menjual token listrik atau top up saldo e-wallet.

  1. Bisnis Camilan

Bisnis camilan ini juga mudah dilakukan. Anda bisa mencoba membuat camilan yang sudah banyak dijual di toko namun diberi sedikit variasi, baik dari segi rasa atau pengemasan. Anda bisa mencoba membeli camilan di toko grosir lalu menjualnya kembali dengan kemasan menarik dan varian yang berbeda.Misalnya, Anda berjualan camilan makaroni. Anda bisa menambahkan varian rasa pedas atau aromatik dari daun jeruk agar rasanya lebih menggoda. Jika Anda jago masak, Anda juga bisa mencoba membuat kreasi camilan Anda sendiri.Nah, itulah sederet contoh bisnis dengan modal kecil yang bisa Anda coba. Selagi kita mau berusaha, modal bukanlah halangan besar untuk meraih impian menjadi pengusaha sukses. Banyak sekali kisah pengusaha yang berhasil meraih kesuksesan dengan modal kecil. Jika mereka bisa, kita pun pasti bisa melakukannya.


You Might Also Like