Kapan Sebaiknya Perusahaan Mulai Menggunakan Software ERP

kapan_sebaiknya_perusahaan_mulai_menggunakan_software_erp

Dunia bisnis yang berkaitan erat dengan perusahaan-perusahaan mulai berkembang secara pesat, dinamis, dan tentunya kompetitif. Perkembangan itu tidak lain tidak bukan diakibatkan oleh adanya permintaan yang semakin besar akan suatu produk maupun jasa. Perusahaan-perusahaan yang ada berlomba-lomba untuk menghasilkan barang atau jasa yang sebaik mungkin untuk para konsumen sehingga perusahaan tersebut akan mendapat kepercayaan dari konsumen yang tentunya akan memperoleh laba dari penjualan tersebut.

Dunia bisnis yang semakin kompetitif menjadikan suatu perusahaan harus memiliki solusi yang terintegrasi yaitu dimana solusi tersebut dapat meningkatkan efisiensi, meningkatkan penjualan, menekan biaya, dan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Namun, diantara semua itu, yang paling terpenting adalah perusahaan dapat membuat keputusan yang akurat, informatif, dan strategis dalam pemasaran. Untuk memperoleh solusi-solusi tersebut maka terciptalah software atau aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning).

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan software atau aplikasi dalam suatu manajemen bisnis yang dibuat untuk membantu perusahaan dalam merencanakan dan memetakan pengelolaan sumber daya perusahaan yang berupa sumber daya manusia/karyawan, mesin, material atau bahan baku, suku cadang, dan dana serta merencanakan bisnis yang sedang dijalankan oleh suatu perusahaan. Penerapan Software atau aplikasi ERP bertujuan untuk membantu perusahaan dalam melakukan integrasi informasi dari seluruh bisnis yang ada dan juga membantu menyediakan pengaturan dalam penyederhanaan penyajian data-data sehingga dapat mempermudah perusahaan dalam mengambil keputusan. Software ERP dapat mempersiapkan informasi yang dibutuhkan secara real time mengenai proses produksi, proses pemesanan, dan inventory management dalam suatu perusahaan yang disajikan dengan tampilan yang lebih sederhana untuk penggunanya.

Jika ditanya kapan waktu yang paling tepat untuk sebuah perusahaan menggunakan software ERP maka jawaban singkatnya adalah secepat mungkin karena dengan memakai software ERP, suatu perusahaan dapat dengan mudah mengelola bisnisnya dan mudah dalam mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan sehingga perusahaan tersebut dapat berkompetisi dengan perusahan-perusahaan lainnya dalam melakukan pemasaran. Jika suatu perusahaan dengan bisnis yang sedang berkembang pesat tidak menggunakan software ERP maka kemungkinan akan mengalami kesulitan dalam memetakan informasi-informasi yang ada.

Dalam meningkatkan kinerja perusahaan dalam menjalankan sebuah bisnis, software ERP memiliki beberapa peran seperti berikut ini:

  1. Perusahaan yang menggunakan software ERP dapat menghemat biaya sekaligus waktu dalam proses manajemen perusahaan itu sendiri. Hal tersebut terjadi karena software ERP dapat meminimalisir proses kerja yang memakan banyak waktu serta dapat menghilangkan duplikasi data yang terjadi.
  2. Dengan adanya sistem ERP yang diterapkan membuat penjualan yang diperoleh tiap bulannya dalam sebuah perusahaan menjadi lebih banyak. Ini terjadi karena software ERP membantu proses arus barang dan jasa menjadi lebih cepat.
  3. Software ERP membantu perusahaan dalam bersaing secara kompetitif dengan perusahaan lainnya. Hal ini bisa terjadi dikarenakan software ERP dapat melakukan pengukuran dengan mudah sehingga membuat perusahaan tetap hidup dan terus bersaing.
  4. Penggunaan software ERP yang lancar dapat mengatasi kesulitan dalam perhitungan keuntungan yang sulit dihitung secara kuantitatif di kalangan pemasok atau supplier, pelanggan, dan juga distributor.
  5. Suatu perusahaan dapat dikatakan berjalan dengan lancar jika kinerja seluruh stakeholder dapat selaras antara yang satu dengan yang lain. Dengan adanya software ERP ini maka dapat diciptakan sebuah ekosistem pada perusahaan yang terintegrasi antara mitra bisnis, vendor, dan sebagainya dalam mencapai tujuan bersama.
  6. Software ERP dapat menyajikan berbagai data dari unit bisnis yang berbeda secara komprehensif, sistematis, dan real time sehingga memberi kemudahan dalam proses pengendalian bisnis.

Jadi untuk perusahaan yang belum menggunakan software ERP ini, maka disarankan untuk menggunakannya sesegera mungkin agar pengelolaan dan pengembangan bisnis dapat berjalan lancar dan meningkat sehingga hal ini juga akan menguntungkan perusahaan tersebut. Salah satu software cloud ERP yang dapat membantu bisnis Anda adalah Ukirama ERP. Software Ukirama ERP dapat membantu anda mengintegrasikan proses bisnis di perusahaan Anda mulai dari pembelian, penjualan, manufaktur, penggajian, dan laporan-laporan termasuk laporan keuangan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Ukirama ERP dapat dilihat di sini .


You Might Also Like