banner iklan

Memahami Pengertian dan Perbedaan dari Sales Motoris dan Sales Canvasing

memahami_pengertian_dan_perbedaan_dari_sales_motoris_dan_sales_kanvasing

Apakah perusahaan Anda berjalan lancar dan penjualan terus meningkat? Atau justru penjualan Anda mulai melesu? Penjualan yang menurun bukanlah hal yang diinginkan oleh pengusaha tapi itu merupakan bagian dari bisnis. Sebagai pengusaha tentunya Anda akan terus memutar otak dan membuat inovasi dari produk untuk membuat pelanggan terus bertambah. Jika bisnis Anda mulai melesu, mungkin ini saatnya Anda untuk melibatkan Sales motoris dan Sales Kanvas. Tapi sebelum membahas lebih jauh tentang sales motoris dan sales kanvas, kita ulas terlebih dahulu apa sebenarnya sales itu dan bagaimana perannya dalam kelancaran penjualan produk Anda. Dalam perusahaan sales setidaknya terbagi menjadi tiga pertama adalah Sales Taking Order, kedua Sales Canvasing dan terakhir Sales Motoris. Secara umum fungsi dari ketiga jenis sales ini adalah menawarkan produk kepada pembeli. Tetapi masing-masing sales memiliki pembagian pada rantai distribusi tertentu. Mulai dari sales yang tidak berhubungan langsung dengan konsumen hingga sales yang berhubungan langsung dengan konsumen. Masing-masing dari sales memiliki fungsi untuk menjual pada rantai distribusi tujuannya.

Sales Motoris 

Sesuai dengan namanya sales motoris adalah sales yang menggunakan motor. Sales motoris akan menawarkan produknya dan membawanya di atas motor menggunakan saddle bag untuk ditawarkan langsung kepada konsumen. Sales motoris boleh dibilang sales yang cukup penting perannya karena berhadapan langsung dengan konsumen. Tertarik tidaknya konsumen pada produk Anda bisa jadi tergantung pada para sales motoris ini. Karena para sales motoris ini menawarkan produk yang langsung datang kepada konsumen, sehingga baik tidaknya produk bisa dilihat langsung oleh konsumen melalui para sales motoris ini.

Sales Kanvas 

Masih memiliki fungsi yang sama seperti sales motoris, sales kanvas akan menawarkan produk Anda menggunakan kendaraan roda empat. Karena kendaraan yang digunakan efisien untuk menjangkau daerah yang jauh, biasanya sales kanvas akan menawarkan produk Anda hingga ke daerah yang jauh dari perkotaan. Sales canvasing juga biasanya terdiri dari dua orang pertama adalah driver dan kedua adalah sales. 

Sales Taking Order

Sales taking order sama seperti sales motoris yang menggunakan kendaraan bermotor. Tetapi sales taking order tidak akan membawa serta produk yang Anda jual kepada konsumen. Tugas dari sales taking order adalah mencatat pesanan dan membuat penjualan sebanyak-banyaknya. Ketika sudah mencatat semua pesanan dengan rinci, sales taking order harus melaporkan pesanan dan menyerahkannya kepada perusahaan. Produk yang dipesan bisa diantarkan langsung oleh sales kanvas, sales motoris atau terkadang oleh sales taking order itu sendiri. Tetapi tujuan utama dari sales taking order adalah menjual produk sebanyak-banyaknya. Sales TO juga lah yang harus meningkatkan target penjualan perusahaan meningkat. 

Perbedaan Utama Sales Motoris dan Sales Kanvas

Pada artikel ini ukirama akan lebih fokus pada jenis sales motoris dan kanvas, sementara jenis sales taking over semoga dapat dibahas di artikel lainnya. Pada dasarnya hal yang paling utama membedakan antara sales motoris dan kanvas adalah metode penjualannya. Pada rantai distribusi yang mana sales berada. Apakah berada di rantai distribusi kepada sales lainnya atau dari sales langsung ke konsumen. Hal itu secara fisik dapat dilihat melalui jenis kendaraan, sediaan produk yang ditawarkan, harga dan tujuan penjualan. Keempat ciri fisik itulah yang dapat membedakan antara sales motoris dan sales kanvas. 

Jenis kendaraan 

Jika produk Anda sudah menjangkau daerah-daerah yang jauh dari pusat produksi, kemungkinan besar ANda sudah memiliki sales kanvas. Sales kanvas biasanya beroperasi menawarkan produk Anda menggunakan kendaraan roda empat. Sales kanvas akan menawarkan produk Anda ke distributor atau penjual lain baru sampai ke konsumen. Untuk menjaga efisiensi itulah kenapa untuk menawarkan produk dalam jumlah yang banyak menggunakan sales kanvas. Secara fisik sangat terlihat kendaraan yang digunakan oleh sales motoris adalah kendaraan roda dua. Biasanya sales motoris menjangkau konsumen secara langsung. Berbeda dengan sales kanvas yang relatif jarang berhubungan langsung dengan pembeli. 

Produk yang ditawarkan

Tidak ada perbedaan dari produk yang ditawarkan apabila sales canvasing dan sales motoris berasal dari perusahaan yang sama. Perbedaan utama dari sales canvasing dan motoris adalah berapa banyak barang yang akan di bawa. Karena sales canvasing menggunakan kendaraan yang lebih memungkinkan untuk membawa barang lebih banyak maka jumlah barang yang dibawa oleh sales canvasing akan lebih banyak dari pada yang dibawa oleh sales motoris. Sales motoris biasanya akan membawa barang yang harus dijual menggunakan saddle bag di bagian belakang motornya. Tentu jumlahnya akan terbatas dan lebih sedikit dibandingkan dengan sales canvasing. 

Harga 

Harga, jika Anda salah satu konsumen yang pernah membeli dari salah satu jenis sales ini mungkin akan terlihat selisih harga yang cukup signifikan. Biasanya produk yang sama tetapi ditawarkan oleh jenis sales yang berbeda akan mengakibatkan perbedaan harga. Sales motoris biasanya menawarkan produk dengan harga lebih tinggi sedangkan sales kanvas menawarkan produk bisa dengan harga yang lebih rendah.

Mengapa demikian? Dalam bisnis ada istilah biaya marginal dan biaya rata-rata. Dengan jumlah barang yang lebih banyak dibawa oleh sales canvasing maka harga yang ditawarkan akan lebih efisien karena biaya pengangkutan barangnya menjadi lebih sedikit jika dibandingkan dengan sales motoris. Karena membawa lebih sedikit barang sehingga biaya pengangkutannya menjadi lebih mahal. 

Tujuan Penjualan

Dalam hal tujuan penjualan, sales motoris memiliki target konsumen yang lebih fleksibel. Sales motoris bisa mendistribusikan produknya ke toko-toko kelontong atau langsung kepada konsumen. Sedangkan sales canvasing biasanya menarget toko kelontong atau mini market untuk menjual produknya. Sehingga dalam hal tujuan penjualan sales canvasing harus lebih memahami siapa-siapa saja yang bisa membeli produknya dalam jumlah yang banyak.Demikian informasi tentang jenis-jenis sales dalam perusahaan dan beberapa perbedaannya. Secara garis besar, perbedaan antara sales motoris dan sales canvasing terletak pada jenis kendaraan, produk yang ditawarkan, harga dan tujuan penjualan. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda meningkatkan penjualan.


You Might Also Like