Memaksimalkan Keuntungan / Revenue Perusahaan Dengan Menggunakan Software ERP

memaksimalkan_keuntungan__review_perusahaan_dengan_menggunakan_software_erp

ERP (Enterprise Resource Planning) mempunyai harga yang sangat mahal. Akan tetapi, masih banyak orang yang mencari dan menggunakan software tersebut. Bahkan mayoritas perusahaan besar yang ada di dunia menggunakan ERP sehingga muncul sebuah anggapan bahwa sebuah perusahaan belum bisa dikatakan keren jika belum memiliki software ERP.Lalu timbul pertanyaan, seberapa penting ERP bagi perusahaan? Apakah hanya untuk mendapat pengakuan bahwa perusahaan tersebut modern karena menggunakan ERP? Atau ingin memastikan agar sistem perusahaan dapat terintegrasi dengan baik? Sebenarnya, ERP tidak sekeren dan secanggih seperti yang ada di benak sebagian orang. Selain itu, jika membahas bisnis maka hal pertama yang menjadi acuan adalah tentang finansialnya dan selalu berkaitan dengan keuntungan.Dengan kata lain, apakah software ERP mampu memaksimalkan keuntungan perusahaan? Berdasarkan animo yang ada sekarang, ERP memang dianggap mampu memaksimalkan profit perusahaan. Lalu apakah benar anggapan tersebut? Jawabannya tentu saja iya. Sekarang timbul pertanyaan baru, kira-kira bagaimana cara kerja dari ERP dalam menambah maupun memaksimalkan keuntungan perusahaan?

Seberapa Penting ERP bagi Perusahaan?

Software ERP mampu mengolah beberapa fungsi perusahaan. Namun mengapa harus software ERP? Apakah tidak ada solusi lain yang mungkin memberikan hasil yang lebih baik? Beberapa alasan mengapa perusahaan memerlukan ERP antara lain sebagai berikut:

  1. Efisiensi Biaya dan Waktu

Pada saat perusahaan berhasil menggunakan ERP dengan tepat, maka pengguna dari ERP tersebut akan merasakan bahwa software ini memang mampu memberikan efisiensi di dalam meningkatkan revenue serta mengurangi biaya atau costs. Pertama, ERP mampu digunakan untuk mengintegrasikan berbagai perusahaan yang sebelumnya diterapkan perusahaan secara terpisah.Sistem tersebut bisa berupa penjualan sampai dengan pembukaan yang nantinya akan saling terhubung di dalam sebuah proses bisnis. Ketika sistem tersebut masih belum terpusat, maka karyawan masih harus menghubungi departemen atau divisi lainnya agar bisa mengakses informasi atau data yang mereka perlukan dalam melaksanakan pekerjaannya. Sementara itu, ketika sebuah sistem sudah terintegrasi, maka karyawan tidak perlu lagi menghubungi departemen untuk memperoleh informasi atau data yang mereka perlukan. Sudah pasti hal ini akan menghemat waktu. Selain itu, penerapan ERP juga mampu menghemat biaya yang dibutuhkan dalam melakukan pelatihan bagi karyawan terhadap penggunaan sistem. Dibandingkan harus membuat jadwal untuk pelatihan dengan partner yang berbeda, perusahaan tersebut hanya perlu melakukan komunikasi dengan 1 partner atau rekan saja.

  1. Meningkatkan Kolaborasi

Secara umum, seluruh sistem ERP mampu meningkatkan kolaborasi dengan berbagai cara. Seperti yang telah kami jelaskan bahwa ketika database sudah terintegrasi adalah sebuah fitur yang sangat penting yang menjadikan ERP lebih baik dibandingkan harus menerapkan solusi lainnya. Database yang terpusat tersebut akan mencegah adanya kesalahan maupun penundaan.Hal ini karena seluruh anggota tim mempunyai akses yang sama terhadap database tersebut. Mereka juga tidak perlu lagi menginput serta mengombinasikan informasi pada berbagai sistem. Ketika semua data sudah dikompilasi, disimpan, serta diakses melalui satu sistem yang sama, maka tidak perlu lagi khawatir tentang seberapa akurat, aman, maupun lengkap data tersebut.

  1. Mempermudah Proses Analisa

Alasan ketiga yang membuat software ERP sangat penting bagi perusahaan karena memiliki kemampuan dalam mempermudah proses analisa. Mayoritas ERP telah dibekali dengan dashboard yang bisa disesuaikan. Dengan begitu, pengguna bisa melihat seperti apa hasil laporan secara lebih mudah.Laporan tersebut bisa mencakup beberapa aspek seperti pendapatan, pengeluaran, sampai dengan laporan yang memberikan informasi seputar insight baru terhadap fungsi tertentu. Dengan kemampuannya dalam mengakses informasi dengan tepat, membuat para karyawan serta manajemen perusahaan bisa membuat keputusan dengan lebih baik.Perusahaan tersebut sudah tidak perlu bergantung ke staff IT di dalam menyediakan laporan yang diperlukan. Selain itu, perlu diingat bahwa software ERP menjamin keamanan data perusahaan. Biasanya kita memerlukan akses tertentu untuk bisa melihat laporan tersebut. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa yang melihat data atau laporan hanya mereka yang termasuk pengguna “sah”.

  1. Memaksimalkan Layanan pada Pelanggan

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kepuasan para pelanggan yaitu dengan menawarkan berbagai produk serta layanan berdasarkan tren pasar pada waktu tertentu. Adanya software ERP dapat membantu perusahaan di dalam meningkatkan kepuasan pelanggan melalui beragam cara. Pertama, mayoritas sistem ERP telah dibekali dengan sistem CRM yang bisa diintegrasikan dengan mudah dengan sistem CRM perusahaan. Maka, sistem CRM tersebut akan mempunyai akses ke semua data yang terdapat di seluruh bagian perusahaan. Ketika CRM sudah terintegrasi, maka sistem tersebut bisa memberikan informasi seputar riwayat, pesanan maupun informasi penagihan. Dengan begitu, semua tim di dalam perusahaan tersebut mempunyai pemahaman yang lebih baik mengenai seperti apa keinginan perusahaan serta apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Visibilitas yang dihasilkan bisa membantu perusahaan di dalam merumuskan sebuah strategi penjualan sehingga mampu meningkatkan keuntungan dan mendapatkan pelanggan baru.

  1. Membantu Meningkatkan Produktivitas Para Karyawan

Jika perusahaan mampu menerapkan solusi yang sesuai, software ERP bisa membuat beragam tugas administrasi yang memerlukan banyak waktu dapat dilakukan secara otomatis. Fungsi tersebut akan memberikan waktu  tambahan agar karyawan bisa melaksanakan pekerjaan atau tugas yang lainnya. Bisa juga waktu tersebut digunakan dalam mengambil sebuah keputusan. Maka dari itu, berdasarkan fungsi tersebut aplikasi ERP mampu meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan juga keuntungan perusahaan.

Bagaimana ERP dalam Memaksimalkan Keuntungan Perusahaan

Sebenarnya bagaimana ERP bekerja dalam memaksimalkan keuntungan perusahaan tidak lepas dari 2 hal. Kedua hal tersebut adalah menambah penjualan serta mengurangi biaya. Misalnya, penjualan maupun pendapatan sebelumnya sebesar 100. Kemudian biayanya sebesar 70, lalu keuntungan yang berhasil didapatkan yaitu 100-70=30.Lalu bagaimana memaksimalkan keuntungan sebesar 30 tersebut? Terdapat dua cara yang bisa dilakukan yaitu:

  • Menambah pendapatan menjadi 110. Dengan ERP, proses penjualan akan semakin mudah karena otomatisasi penghitungan dan lain sebagainya dan bisa didapat dengan memakai ERP sehingga fokus untuk mendapat pelanggan baru semakin tinggi dan keuntungan perusahaan akan terus bertambah.
  • Bisa juga dengan mengurangi biaya produksinya menjadi 60, misalnya dari hasil mengurangi biaya-biaya internal atau inventaris yang tidak diperlukan atau bisa dipangkas.

Dengan begitu, keuntungan atau profit perusahaan akan secara otomatis bertambah. Jadi, di antara kedua poin itulah ERP bekerja. Semoga bermanfaat.


You Might Also Like