Mengenal Apa Itu Kegiatan Ekonomi: Definisi, Jenis, Sektor, dan Karakteristik

mengenal_apa_itu_kegiatan_ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah aktiivtas yang tek lepas dari kehidupan manusia. Dalam memenuhi kebutuhannya, manusa pasti memerlukan yang namanya kegiatan ekonomi. Lalu apa itu kegiatan ekonomi dan apa saja manfaat kegiatan ekonomi dalam kehidupan manusia? Berikut penjelasannya:

Definisi Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi merupakan aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sebagai cabang ilmu pengetahuan, ekonomi juga bias diartikan sebagai ilmu yang mempelajari perihal produksi, distribusi, hingga proses konsumsi. Hal ini berkaitan dengan bagaimana individu, bisnis, dan pemerintah mengelola sumberdaya untuk memenuhi kebutuhan.Kegiatan ekonomi akan terjadi ketika sumber daya seperti barang modal, tenaga kerja, teknik manufaktur atau produk perantara digabung agar bisa menghasilkan suatu barang atau jasa. Dengan demikian, suatu kegiatan ekonomi dicirikan oleh adanya input sumber daya, proses produksi dan output produk (barang atau jasa).Tujuan utama kegiatan ekonomi adalah menghasilkan barang dan jasa untuk konsumen. Kegiatan ekonomi dilakukan juga bisa dilakukan dengan imbalan uang atau barang berharga. Dengan kata lain, kegiatan ekonomi adalah aktivitas yang kita lakukan untuk mendapatkan pendapatan, uang, atau kekayaan.

Jenis Kegiatan Ekonomi

Terdapat tiga jenis kegiatan ekonomi. Berikut jenis tersebut:1. ProduksiTujuan produksi adalah untuk memenuhi permintaan pasar. Barang dan jasa yang dihasilkan dapat dijual di pasar atau disediakan oleh pemerintah untuk umum dengan biaya nominal. Kegiatan produksi melibatkan produksi barang dan jasa, di mana orang yang memproduksi barang dan jasa tersebut kita kenal dengan sebutan produsen. Dalam proses produksi, produsen menggabungkan faktor-faktor produksi seperti tenaga kerja, modal, kewirausahaan, dan bahan baku agar bisa menjadi berbagai barang dan jasa yang dibutuhkan oleh konsumen.2. KonsumsiKonsumsi adalah kegiatan yang mengkonsumsi kegunaan (nilai guna) barang dan jasa yang digunakan untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan masyarakat. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut dengan konsumen. Proses produksi bertujuan untuk menghasilkan barang dan jasa uang digunakan sebagai konsumsi. 3. DistribusiDistribusi adalah proses perpindahan barang dari perusahaan manufaktur ke pasar dan akhirnya sampai ke tangan konsumen. Distribusi sangat penting untuk industri atau layanan apa pun. Proses distribusi juga melibatkan penerimaan, penyimpanan, pemrosesan pesanan, penagihan, penjualan, pengiriman ke pelanggan/cabang, pengembalian/penukaran, dan promosi barang. Orang yang melakukan proses distribusi ini disebut dengan istilah distributor.

Sektor kegiatan ekonomi

Kegiatan ekonomi terdiri dari tiga sektor. Berikut masing-masing penjelasannya:

  1. Sektor Primer

Sektor ekonomi primer adalah sektor ekonomi yang memanfaatkan sumber daya alam secara langsung. Contoh kegiatan sector ekonomi primer antara lain pertanian, kehutanan dan perikanan, pertambangan, dan ekstraksi minyak dan gas. Sektor primer biasanya paling penting di negara-negara kurang berkembang, dan biasanya kurang penting di negara-negara industri.

  1. Sektor Sekunder

Sektor ekonomi sekunder adalah kegiatan ekonomi yang melibatkan semua aspek industri dalam pembuatan produk jadi yang dapat digunakan dan yang terlibat dalam konstruksi. Bahan baku yang digunakan untuk membuat produk berasal dari sektor primer. Sektor ekonomi sekunder berperan sebagai pendukung sektor primer maupun tersier. Sektor ekonomi sekunder juga berperan penting sebagai penghasil utama kekayaan di suatu negara.

  1. Sektor Tersier

Sektor ekonomi tersier adalah sektor ekonomi yang menyangkut jasa. Sektor ekonomi tersier terdiri dari produksi jasa dan bukan produk akhir. Hasil daro sector ekonomi tersier juga dikenal sebagai “barang tak berwujud” seperti saran, akses, pengalaman, dan tenaga kerja afektif.

Karakteristik Kegiatan Ekonomi

Sebuah aktivitas bias disebut kegiatan ekonomi bila mememnuhi karakteristrik tertentu. Berikut  karakteristik kegiatan ekonomi:

  1. Menghasilkan pendapatan

Semua kegiatan ekonomi harus menghasilkan beberapa bentuk pendapatan. Pendapatan tersebut tidak hanya berbentuk uang, tetapi bisa dalam berbagai jenis. Jadi, jika kegiatan itu bisa menjadi penghidupan bagi seseorang dan menghasilkan pendapatan dalam bentuk apa pun, maka aktivitas tersebut masuk kategori kegiatan ekonomi. Misalnya, seorang buruh yang menggarap tanah dan mendapat upah dari hasil bumi. Contoh tersebut juga menjadi bagian dari kegiatan ekonomi.Jadi ketika Anda menggunakan salah satu faktor produksi (tanah, modal, tenaga kerja, pengusaha) dan sebagai imbalannya memperoleh pendapatan dalam bentuk upah, gaji, sewa, royalti, keuntungan, dan sejenisnya, hal tersebut juga bias kita kategorikan sebagai kegiatan ekonomi. Misalnya, sewa yang diperoleh dari properti.

  1. Bersifat produktif

Karakteristrik berikutnya dari kegiatan ekonomi adalah timbulnya legiatan produsi. Sebab, kegiatan yang menjadi sarana penghidupan akan selalu melibatkan proses produksi. Jadi suatu kegiatan ekonomi harus bersifat produktif alias harus melibatkan beberapa aspek produksi barang dan/atau jasa. Misalnya, seorang psikiater yang melayani klien atau dokter yang mengobati pasiennya. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa meskipun produksi itu untuk konsumsi sendiri, hal tersebut tetap masuk dalam kategori kegiatan produktif dan bias kita klasifikasikan sebagai kegiatan ekonomi. 

  1. Terdapat aspek konsumsi

Konsumsi adalah sisi permintaan pasar yang melibatkan proses produksi dan pasokan barang atau jasa di pasar. Konsumsi barang atau jasa bisa mendorong persaingan dan pengenalan produk yang lebih baik di pasar. Oleh karena itu, aspek konsumsi turut mendorong kegiatan produksi. Hal inilah yang membuat aspek konsumsi juga menjadi karakteristik dasar dari kegiatan ekonomi.

  1. Berperan dalam pembangunan

Kegiatan ekonomi bukan hanya untuk memenuhi keinginanmanusia tetapi juga harus bisa menjadi penopang pembangunan ekonomi masyarakat. Kegiatan ekonomi juga turut membangun sumber daya keuangan yang nantinya digunakan untuk menghasilkan produk baru. Proses ini nantinya akan membantu menciptakan lapangan pekerjaan sehingga turut meningkatkan pendapatan negara. Pendapatan negara inilah yang berperan penting dalam pembangunan ekonomi masyarakat.

  1. Memuaskan

Kegiatan ekonomi memiliki tujuan utama untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kebutuhan yang harus dipenuhi bisa saja kebutuhan saat ini atau masa yang akan datang. Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu kegiatan ekonomi, jenis, sector, dan karakter yang membedakan kegiatan ekonomi dengan kegiatan non ekonomi. Dari penjelasan tersebut, bisa kita simpulkan bahwa kegiatan ekonomi sangat berperan petning dalam kehidupan manusia. Bahkan, kehidupan manusia tidak bisa lepad dari yang namanya kegiatan ekonomi. Oleh karena itu, hal yang penting bagi kita untuk memahami dengan baik apa semua hal yang terkait dengan kegiatan ekonomi.


You Might Also Like