Mengenal Istilah dan Contoh Barang Ekonomi, Barang Bebas, dan Barang Illith

mengenal_istilah_dan_contoh_barang_ekonomi_barang_bebas_barang_illith

Dalam beraktivitas atau melakukan suatu kegiatan, kita tentu membutuhkan alat. Alat yang dimaksud bisa berupa barang ataupun jasa. Dalam ilmu ekonomi, barang atau jasa merupakan objek yang memiliki nilai dan manfaat. Nilai suatu barang tersebut akan ditentukan karena memiliki kemampuan untuk memuaskan kebutuhan manusia. Oleh karena itulah barang atau jasa bisa disebut sebagai barang pemuas kebutuhan. Di dalam ilmu ekonomi juga membahas barang pemuas kebutuhan berdasarkan beberapa faktor. Ada yang didasarkan pada proses produksinya, tujuan penggunaannya, hubungannya dengan barang lain, dan cara untuk memperolehnya. Khusus yang terkait dengan bagaimana cara memperolehnya, ilmu ekonomi membagi barang pemuas kebutuhan menjadi tiga jenis yaitu barang ekonomi, barang bebas, dan barang illith. Pembagian barang berdasarkan cara memperolehnya ini erat kaitannya dengan bagaimana kondisi ketersediaan barang tersebut, apakah mudah didapat karena tersedia banyak atau justru langka dan harus diolah dahulu. Lantas apa yang membedakan dari barang ekonomi, barang bebas, dan barang illith tersebut? Untuk menjawabnya, berikut penjelasan dari masing-masingnya.

Pengertian Barang Ekonomi 

Barang ekonomi merupakan istilah yang diberikan untuk semua barang yang bisa didapat dengan melakukan pengorbanan tertentu seperti pengorbanan uang, tenaga, waktu, hingga pikiran. Pengorbanan tersebut perlu dilakukan lantaran jumlah barang dalam jumlah terbatas atau dengan kata lain jumlah barang lebih sedikit dibanding jumlah kebutuhan manusia. Barang itu sendiri bisa berupa barang yang disediakan oleh alam secara langsung atau yang sudah dikelola manusia terlebih dahulu.

Contoh Barang Ekonomi

Tak sulit untuk mencari contoh barang ekonomi karena banyak barang disekitar kita yang diperoleh dengan pengorbanan tertentu seperti dengan membelinya. Berikut beberapa contoh dari barang ekonomi yang dimaksud.

  1. Pakaian

Jelas bahwa pakaian merupakan barang yang bisa kita peroleh manfaatnya dengan membeli. Membeli artinya kita membutuhkan pengorbanan berupa uang. Begitupun jika membuat sendiri, selain pengorbanan uang untuk membeli bahan kain, juga diperlukan pengorbanan tenaga untuk menjahitnya.

  1. Makanan dan Minuman

Contoh ini tentu sangat akrab dengan keseharian kita. Untuk bisa mendapat makanan dan minuman, manusia harus berusaha membeli atau mencari dan mengolahnya.

  1. Rumah dan Perabotannya

Rumah dan perabotan di dalam rumah juga bisa menjadi contoh dari barang ekonomi. Hal ini karena jelas untuk mendapatkan rumah dan perabotan, manusia harus berkorban biaya.

  1. Kendaraan

Contoh barang ekonomi berupa kendaraan tidak hanya sekedar pengorbanan biaya oleh pembelinya. Kendaraan juga bernilai barang ekonomi karena untuk membuatnya dibutuhkan pengorbanan pikiran, waktu, dan keahlian dari perakitnya.Selain barang yang berupa benda seperti contoh di atas, barang ekonomi juga bisa berwujud jasa. Contoh dari barang ekonomi berwujud jasa adalah dokter, montir mobil, bengkel motor, hiburan, dan banyak lainnya. Barang-barang yang bukan bersifat benda tersebut bisa didapatkan tetapi dengan membayar jasa dari mereka yang ahli dibidangnya. Selain karena kita membutuhkan pengorbanan, jumlah ahli di bidang tersebut juga lebih sedikit dibanding yang membutuhkan. Oleh karena itulah jasa-jasa itu tergolong barang ekonomi.

Pengertian Barang Bebas 

Berbeda dengan barang ekonomis, barang bebas artinya barang bisa didapat tanpa memerlukan pengorbanan terutama biaya. Hal tersebut bisa terjadi lantaran barang sudah tersedia di alam dalam jumlah besar atau melebihi dari kebutuhan manusia. Dengan kata lain, barang bebas adalah ‘hadiah’ dari alam yang bisa dimanfaatkan manusia.


You Might Also Like