banner iklan

Mengenal Manajemen Sumber Daya Manusia dan Tujuannya

Mengenal_Manajemen_Sumber_Daya_Manusiadan_Tujuannya

Suatu perusahaan atau organisasi untuk menjalankan kegiatannya membutuhkan sumber daya manusia yang berkompeten dalam suatu bidang. Sumber daya manusia yang pelaksanaan visi dan misi organisasi harus dipilih dengan benar. Oleh karena itu, manajemen sumber daya manusia adalah pekerjaan yang paling penting dari sebuah perusahaan atau organisasi. 

Memahami Manajemen Sumber Daya Manusia 

Secara umum, manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu upaya  perusahaan untuk mengelola sumber daya manusianya. Sumber daya ini diarahkan untuk mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan sebelumnya. MSDM dalam suatu perusahaan berfokus pada merekrut, mengelola, dan mengarahkan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan bisnis. Salah satu upaya perusahaan dalam menerapkan manajemen sumber daya manusia adalah pengenalan divisi Human Resources (HR). HR menyediakan berbagai  pengetahuan bisnis, manajemen bakat, layanan administrasi, pelatihan, pembinaan, alat, pengawasan dan nasihat hukum untuk bisnis. Fungsi departemen sumber daya manusia sangat penting bagi perusahaan untuk mencapai tujuan organisasinya. Selain fungsi di atas, departemen sumber daya manusia juga bertanggung jawab atas pengembangan bisnis. Hal ini dilakukan dengan menyebarkan budaya perusahaan kepada seluruh sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Tidak hanya itu, departemen ini juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa karyawan bekerja secara optimal di perusahaan dengan memberi mereka otonomi. 

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia 

Dari pembahasan sebelumnya dapat dipahami bahwa manajemen sumber daya manusia memiliki kontribusi yang besar bagi sebuah bisnis. Dengan adanya sumber daya manusia maka pengelolaan segala kegiatan yang berkaitan dengan faktor sumber daya manusia dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini tidak terlepas dari fungsi MSDM yang memfasilitasi pengelolaannya. 

  1. Staffing atau Employment

Fungsi pertama dari MSDM adalah untuk staf atau mengelola tenaga kerja organisasi. Dalam penerapannya, kepegawaian dilakukan dalam 3 tahap yaitu perencanaan, penarikan dan seleksi. Sumber daya manusia berperan penting dalam membantu perusahaan merekrut sumber daya manusia yang berkualitas untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. 

  1. Performance Evaluation

Orang-orang yang bekerja di bidang sumber daya manusia bertanggung jawab atas berbagai bimbingan dan pengawasan tenaga kerja. Hal ini memudahkan perusahaan untuk mengevaluasi karyawan terpilih atau calon karyawan. Proses penilaian atau evaluasi dilakukan terhadap standar yang ditetapkan oleh dewan pengelola sumber daya manusia. 

  1. Compensation 

Fungsi lain dari departemen sumber daya manusia adalah mengatur gaji karyawan perusahaan. Hal tersebut merupakan bentuk apresiasi perusahaan atas prestasi karyawan. Manajemen penggajian memiliki dampak yang signifikan terhadap lingkungan kerja organisasi. 

  1. Training and Development

Fungsi MSDM selanjutnya adalah menyelenggarakan training center bagi seluruh elemen SDM perusahaan. Hal ini bertujuan agar karyawan bekerja secara optimal. Selain itu, SDM juga bertanggung jawab untuk memberikan solusi atas kendala yang dihadapi karyawan guna memaksimalkan efisiensi kerja karyawan. 

  1. Employe Relation

Tugas dan tanggung jawab SDM juga berupaya membangun hubungan dengan pemangku kepentingan ketenagakerjaan lainnya seperti serikat pekerja. Hal ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi karyawan karena masalah dapat ditangani dengan baik. Hubungan ini juga dimaksudkan untuk menghindari kemungkinan karyawan melakukan protes. 

  1. Personal Research

Tugas utama MSDM adalah memperbaiki masalah yang dihadapi karyawan di lingkungan perusahaan. MSDM harus menganalisis setiap masalah seperti PHK karyawan dan menghasilkan solusi yang sesuai. Hal ini dilakukan untuk mencegah karyawan melakukan hal-hal yang dapat mengganggu fungsi mereka dalam bisnis. 

  1. Safety and Health

Lingkungan yang kondusif, aman dan sehat dapat memungkinkan karyawan untuk melakukan pekerjaannya secara optimal. Salah satu tugas dan tanggung jawab HRM adalah memastikan kesehatan dan keselamatan kerja  bagi elemen sumber daya manusia  organisasi. 

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia 

Seseorang yang berjalan tanpa arah atau tujuan dapat menyesatkannya, ini juga berlaku untuk bisnis. Tanpa tujuan yang jelas, perusahaan tidak akan memiliki tujuan untuk dicapai dan dioperasikan. Penerapan manajemen sumber daya manusia dapat membantu perusahaan menetapkan tujuan dan mengukur pencapaian tujuan.  Merujuk pada tujuan pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan, sejumlah pakar pun turut angkat bicara, termasuk Sunarto. Sebagai salah satu ekonom, Sunarto menjabarkan tujuan MSDM dalam sebuah bisnis yang dijabarkan sebagai berikut.  Merekrut dan mempertahankan sumber daya manusia yang kompeten, bermotivasi tinggi dan dapat diandalkan untuk menjalankan misi organisasi. Membawa perbaikan dan peningkatan kualitas sumber daya dalam organisasi melalui kapasitas sumber daya manusia, kontribusi dan keterampilan untuk melakukan kegiatan operasi organisasi. Membangun sistem kerja yang efektif melalui prosedur rekrutmen dan seleksi calon SDM organisasi. Menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan efektif bagi seluruh sumber daya manusia dalam organisasi.  Menyeimbangkan kebutuhan sumber daya manusia  organisasi. Pemberian faktor sumber daya manusia untuk prestasi profesional. Meningkatkan kesejahteraan sumber daya manusia di perusahaan secara fisik dan mental.Menciptakan kesempatan kerja yang sama bagi seluruh karyawan perusahaan. Menerapkan pendekatan sumber daya manusia yang manusiawi dalam mengelola karyawan berdasarkan keadilan, transparansi, dan kehati-hatian. Mengelola faktor sumber daya manusia memperhatikan perbedaan kebutuhan setiap individu atau kelompok dalam mengemukakan pendapat. Tujuan manajemen sumber daya manusia menurut Sedarmayanti. Ekonom lain yang menyumbangkan pemikirannya adalah Sudarmayanti. Menurutnya, tujuan khusus Manajemen Sumber Daya Manusia memiliki tujuan bersama. Keempat tujuan tersebut akan dibahas di bawah ini.

  1. Tujuan Sosial

Tujuan sosial dari manajemen sumber daya manusia dalam suatu organisasi adalah untuk bertanggung jawab secara sosial atas tantangan tenaga kerja perusahaan.Selain itu, SDM juga bertanggung jawab penuh atas kebutuhan elemen SDM organisasi. MSDM juga bertanggung jawab untuk memitigasi setiap pengaruh atau dampak negatif yang mungkin timbul dan mengancam pencapaian tujuan organisasi. 

  1. Tujuan Organisasi

Tujuan MSDM selanjutnya adalah tujuan organisasi. Organisasi sasaran terdiri dari tujuan yang ditetapkan secara formal dan terstruktur dengan baik yang memiliki tingkat efektivitas yang tinggi. Tujuan ditetapkan untuk membantu perusahaan mencapai tujuan organisasinya. Tujuan organisasi menunjukkan bahwa manajemen sumber daya manusia diakui keberadaannya. 

  1. Tujuan Fungsional

Tujuan selanjutnya yang ditawarkan Sedarmayanti adalah tujuan fungsional atau biasa disebut tujuan fungsional. Berdasarkan tujuan ini, MSDM perusahaan bertujuan untuk mempertahankan kontribusi elemen sumber daya manusia di semua bidang perusahaan. Sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan dijaga dengan baik agar dapat memberikan kontribusi yang optimal bagi keberlangsungan perusahaan.

  1. Tujuan Pribadi

Setiap manajer khususnya SDM yang memiliki kekuasaan berkepentingan dengan tujuan pribadi atau personal bagi SDM. Tujuan individu harus diarahkan pada tujuan organisasi secara keseluruhan agar dapat memperlancar pencapaian tujuan organisasi.Dengan tujuan individu, perusahaan dapat menggunakannya untuk meningkatkan motivasi karyawan untuk memberikan kontribusi yang optimal. Kontribusi seluruh elemen sumber daya manusia dalam melaksanakan tugas secara optimal akan membuat tujuan perusahaan mudah dicapai.Manajemen sumber daya manusia sangat penting untuk diterapkan dalam organisasi guna memudahkan pengelolaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan organisasi. Semoga informasi yang diberikan artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi sumber referensi bagi para pembaca.


You Might Also Like