Mengetahui Apa Itu Jurnal Khusus

mengetahui_apa_itu_jurnal_khusus

Banyak sekali istilah-istilah yang harus kita ketahui di dalam akuntansi. Salah satu istilah yang sering kita dengar di dalam akuntansi adalah jurnal, bayak sekali jenis jurnal salah satunya adalah jurnala khusus. Jurnal khusus sendiri terbagi menjadi 4 jenis jurnal yaitu penjualan, pembelian, penerimaan, dan juga pengeluaran. Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda semua untuk mengetahui apa itu jurnal khusus. Simak lengkapnya di bawah ini untuk informasi lebih lanjut! 

Pengertian Jurnal Khusus 

Anda pernah mendengar jurnal khusus dalam dunia akuntansi? Tapi tidak tahu apa artinya? Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda mengenai apa itu jurnal khusus. Pada poin ini kami akan memberikan informasi mengenai pengertian atau definisi dari jurnal khusus sehingga anda bisa lebih memahaminya. Jurnal khusus merupakan salah satu jurnal yang digunakan untuk mencatat berbagai transaksi keuangan yang masih sejenis sesuai dengan urutan waktu kapan transaksi itu terjadi. Jurnal khusus merupakan salah satu dokumen di perusahaan yang mendokumentasikan seluruh transaksi yang ada. Berikut merupakan beberapa pengertian atau definisi jurnal khusus menurut beberapa ahli yang juga harus anda ketahui: 

  • Mulyadi 

Menurut Mulaydi, jurnal khusus merupakan catatan di dalam akuntansi secara permanen yang bertujuan untuk pembuatan laporan keuangan secara lanjutan. Laporan keuangan tersebut nantinya menjunjukkan bagaimana kinerja dari perusahaan, sehingga dapat digunakan untuk mengevaluasi perusahaan dan pengambilan keputusan. 

  • Kusnadi 

Menurut Kusnadi, jurnal khusus merupakan jurnal yang berisi penerimaan kas yang berisi penjualan tunai, penjualan atas piutang, atau penerimaan secara rutin. Pencatatan jurnal khusus yang baik dapat membuat perusahaan lebih mudah untuk menunjukkan pertanggungjawaban kepada pihak lain. 

  • Soemarso 

Menurut Soemarso, jurnal khusus merupakan jurnal dalam akuntansi yang memiliki beberapa jenis yaitu salah 1 nya adalah jurnal untuk penerimaan kas. Penerimaan kas sendiri merupakan transaksi dimana saldo kas ataupun saldi bank bertambah dikarenakan penjualan ataupun dari hasil produksi, atau pembayaran piutang oleh pihak lain, dan lain sebagainya. 

Jenis-Jenis Jurnal Khusus 

Seperti yang sudah kita jelaskan di atas tadi bahwa jurnal khusus ini merupakan jurnal dalam dunia akuntansi yang memiliki beberapa jenis. Jurnal khusus sendiri terbagi menjadi 4 jenis jurnal yaitu jurnal penjualan, pembelian, penerimaan, dan juga pengeluaran. Kali ini kami akan menjelaskan masing-masing jenis jurnalnya sehingga anda lebih bisa memahaminya. Berikut merupakan penjelasan masing-masing jurnal: 

  • Jurnal Penjualan 

Jenis jurnal yang pertama adalah jurnal penjualan, jurnal penjualan ini merupakan jurnal yang berguna untuk mencatat berbagai penjualan secara kredit yang dijual oleh perusahaan atau pemilik bisnis. Untuk pencatatan jurnal penjualan ini berisi beberapa transaksi yang telah ditentukan oleh perusahaan. Tujuan dari jurnal penjualan ini adalah untuk meringkas informasi transaksi dari buku besar umum sehingga akan lebih mudah disederhanakan dan dibaca. 

  • Jurnal Pembelian 

Jurnal yang kedua adalah jurnal pembelian, jurnal pembelian merupakan jurnal yang fungsinya hampir sama dengan jurnal penjualan. Apabila jurnal penjualan tadi mencatat mengenai penjualan kredit maka jika jurnal pembelian ini akan mencatat pembelian secara kredit. Semua transaksi pembelian barang kebutuhan untuk perusahaan dan apapun jenis barang yang dibeli secara kredit harus dimasukkan ke dalam jurnal pembelian ini. Kemudian untuk jenis pembelian kredit ini terbagi menjadi dua yaitu pembelian perlengkapan, peralatan, aktiva secara kredit dan pembelian barang secara kredit. 

  • Jurnal Penerimaan 

Jenis jurnal khusus yang ketiga adalah jurnal penerimaan. Jurnal penerimaan ini merupakan jurnal yang berguna untuk mencatat semua jenis transaksi yang menambah kas dalam perusahaan. Beberapa jenis transaksi yang dicatat di dalam jurnal khusus penerimaan adalah penjualan barang secara tunai, penerimaan atau pembayaran piutang, penerimaan pinjaman bank, penerimaan atas tambahan modal kepada perusahaan.Beberapa informasi yang ada di dalam jurnal khusus penerimaan ini yaitu tanggal, nama pelanggan, identifikasi penerimaan uang tunai, dan juga kolom yang berisi debit dan kredit yag berguna untuk mencatat kedua sisi tiap entri yaitu entri normal. 

  • Jurnal Pengeluaran 

Kemudian jenis jurnal khusus yang selanjutnya adalah jurnal pengeluaran. Jurnal pengeluaran ini merupakan jurnal yang digunakan untuk mencatat semua jenis transaksi keluar atau jenis transaksi yang membuat milik dari perusahaan berkurang. Beberapa jenis transaksi yang termasuk ke dalam jurnal pengeluaran misalnya pembelian tunai, pembelian untuk melengkapi kebutuhan perusahaan, pembayaran atas uang perusahaan, pembayaran seperti beban gaji, beban listrik, atau lainnya. 

Manfaat dari Jurnal Khusus 

Jika tadi kita sudah mengetahui informasi penting mengenai definisi atau pengertian mengenai jurnal khusus dan juga jenis-jenisnya, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda juga mengenai manfaat atau fungsi dari jurnal khusus untuk perusahaan.  Berikut merupakan beberapa manfaat dari jurnal khusus: 

  • Untuk mencatat berbagai transaksi 

Jurnal khusus merupakan jurnal yang bermanfaat untuk mencatat berbagai macam jenis transaksi yang berkaitan dengan keuangan perusahaan sehingga keuangan perusahaan bisa tercatat dengan baik. Pencatatan jurnal dilakukan sesuai dengan jenis-jenis pengeluaran dan juga pemasukan dalam jangka waktu tertentu. 

  • Untuk pembagian kerja 

Kemudian manfaat kedua dari pembuatan jurnal khusus adalah digunakan untuk pembagian kerja atas pencatatan pengeluaran maupun pemasukan kas yang dimiliki oleh perusahaan. Pembagian dilakukan berdasarkan jurnal khusus yang sesuai dengan jenisnya. 

  • Untuk memudahkan update buku besar 

Manfaat selanjutnya dari jurnal khusus adalah digunakan untuk memudahkan perusahaan update ke buku besar. Ini aakn mempermudah karena sebelumnya transaksi perusahaan telah dikelompokkan sesuai dengan jenis masing-masing sehingga tidak usah melakukan pemilahan kembali. 

  • Untuk pengendalian internal sehingga lebih baik 

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dari pencatatan jurnal adalah untuk pengendalian internal dengan baik. Dari pencatatan jurnal khusus maka perusahaan bisa melihat bagaimana perkembangan perusahaan sehingga dapat melakukan prediksi atas segala sesuatu atau dapat mengambil keputusan juga terkait dengan keuangan perusahaan melewati jurnal khusus yang telah dibuat. Itulah beberapa informasi penting yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai jurnal khusus. Ternyata jurnal khusus ini merupakan salah satu jenis jurnal yang sangat penting untuk akuntansi perusahaan dan sangat berguna juga. Semoga dengan informasi yang kami sampaikan ini bisa membuat anda jadi lebih mengerti pentingnya dari jurnal khusus untuk perusahaan. Semoga bermanfaat!


You Might Also Like