Pelajari 5 Tips Mudah Raih Modal Usaha Bagi UKM Di Ramadhan 2023

Pelajari 5 Tips Mudah Raih Modal Usaha Bagi UKM Di Ramadhan 2023

Dalam menjalankan usaha atau bisnis, tentu pebisnis harus menyusun tips mudah raih modal usaha bagi UKM di ramadan terlebih dahulu. Pada umumnya, modal usaha adalah sejumlah rupiah yang berfungsi untuk membangun dan mengembangkan usaha atau bisnis. Kebutuhan dari modal usaha itu hanya tergantung dari skala bisnis itu sendiri. Apabila anda mempunyai UKM dengan skala kecil, maka kebutuhan dari modalnya juga cukup kecil. Dalam hal ini anda dapat menggunakan software untuk Usaha Kecil Menengah (UKM).Begitupun dengan hal yang sebaliknya, dimana anda yang mempunyai usaha dengan skala menengah, maka modal yang akan dibutuhkan juga harus disesuaikan. Tapi tenang karena saat ini sudah hadir perangkat lunak untuk membantu UKM sehingga dapat berjalan dengan baik meskipun berskala kecil.

Inilah Tips Mudah Raih Modal Usaha Bagi UKM di Ramadhan!

Tips mudah raih modal usaha bagi UKM di ramadhan bisa dilakukan dengan cara memperhatikan setiap calon konsumen. Biar lebih mudah, gunakan aplikasi ERP untuk UKM Indonesia yang terbaik. Banyak warga masyarakat yang sedang mempersiapkan dirinya untuk menyambut bulan suci ramadhan ini. Bahkan, para pelaku usaha juga mempersiapkan bisnisnya dengan baik sehingga bisa mendapatkan omset yang sesuai dengan pencapaian targetnya. Software

ERP UKM asli Indonesia sangat membantu para pelaku usaha untuk menjalankan bisnisnya dengan skala yang kecil. Pasalnya, fasilitas penunjang usaha UKM dapat terkelola dengan baik jika benar-benar memanfaatkan software penghitungan akuntansi otomatis untuk UKM. Lantas apa saja tips mudah raih modal usaha bagi UKM di ramadan saat ini? Sebenarnya cukup banyak yang menjadi tips-tips dan perlu anda perhatikan. Dan jika benar anda ingin mendapatkan modal usaha yang sesuai untuk UKM di ramadhan saat ini, maka coba perhatikan 5 tips berikut ini.

1. Modal Investasi

Modal investasi biasanya dikenal sebagai harta atau aset tetap dan modal investasi ini menjadi satu-satunya modal awal yang akan digunakan untuk melakukan investasi awal bagi usaha tersebut. Di era yang modern saat ini, pelaku usaha lebih sering memanfaatkan investasi online berbasis aplikasi. Kenapa demikian? Mungkin hal tersebut karena adanya beberapa aplikasi pembantu, misalnya software pengelola dana investasi. Yang mana ini akan membuat dana yang dihasilkan dari investasi menjadi lebih baik dan tetap terpantau.Selain itu, sistem model investasi online untuk UKM jauh lebih mudah daripada melakukan investasi dengan cara yang manual tanpa bantuan dari software atau aplikasi apapun itu. Bahkan kebanyakan pelaku usaha yang membuat modal investasi cara online, biasanya mereka bisa menghitung modal usahanya dengan mudah. Hal ini juga dikarenakan hadirnya software pencatatan modal usaha otomatis yang dapat diunduh oleh para pelaku usaha.Apabila pebisnis menjalankan usaha yang seperti barang produksi, maka modal dana dialokasikan buat membeli mesin atau peralatan khusus memproduksi sebuah produk yang akan dijual. Tapi, apabila pebisnis menjalankan usahanya di bidang layanan jasa, maka modal untuk dana dialokasikan dalam bentuk membeli atau menyewa setiap peralatan yang mendukung layanan jasa tersebut.Modal investasi akan terdiri dari modal perizinan dan modal investasi tetap. Coba anda lihat uraian dibawah ini.

  • Modal perizinan: Dimana ini akan termasuk dengan adanya izin lokasi atau tempat usaha, entah dari kelurahan maupun kecamatan yang ada. Selain itu, pelaku usaha harus mendapatkan izin usaha khusus dalam mendirikan usaha dan mempunyai izin badan usahanya seperti pembuatan CV, PT serta NPWP, TDP dan SIUP.
  • Modal investasi tetap: Yang mana ini termasuk dengan adanya pembelian bangunan, aset tanah, penyewaan tempat hingga renovasi bangunan. Adapun peralatan untuk kebutuhan pokok usaha, peralatan administrasi, peralatan penunjang usaha dan juga alat pemasaran atau promosi.

2. Berjualan dengan Antisipasi Jam-jam Sibuk

Bagi anda yang ingin mendapatkan modal usaha UKM di ramadhan, pastikan usaha sebelumnya harus mendapatkan profit yang besar. Caranya anda dapat berjualan dengan mengantisipasi setiap jam-jam sibuk para konsumen. Hal ini bertujuan untuk melariskan setiap dagangan yang anda miliki.Contohnya, anda memiliki usaha yang seperti usaha kuliner. Kebanyakan 40% konsumen memiliki rencana untuk memesan makanan pada jam 12.00 siang hingga 17.00 sore. Akan tetapi adapun beberapa konsumen yang mengatakan kalau mereka akan memesan paket makanannya di sekitaran jam 17.00 sampai dengan jam 19.00.Namun, dilihat dari data internal aplikasi Grab dan GoJek. Dimana menurut data yang ditemukan, aplikasi tersebut mengalami peningkatan sebelum sahur, ada sekitaran 150% lebih di antara jam 01.00 sampai 04.00. Jam yang seperti ini menjadi peluang terbaik untuk menjalankan usaha sehingga dapat meraih modal usaha bagi UKM di ramadan.Bukan hanya itu saja, data-data dari Grab juga memperlihatkan tentang konsumen yang berada di Asia Tenggara yang menghabiskan kurang lebih 17 menit untuk menelusuri dan mencari katalog restoran atau tempat makan di aplikasi tersebut. Tentu saja ini adalah salah satu tips mudah raih modal usaha bagi UKM di ramadhan yang perlu diperhatikan. Dilihat dari data-data yang ada, dimana para pelaku UKM dapat memanfaatkan usaha ini untuk melakukan pengiklanan sehingga dapat meningkatkan usahanya dengan tujuan agar dapat meraih modal usaha di bulan suci ramadhan.

3. Mempersiapkan Laporan Keuangan

Tips mudah raih modal usaha bagi UKM di ramadan nantinya, dimana pelaku usaha dianjurkan buat laporan keuangan UKM secara otomatis. Pada saat UKM akan mengajukan pinjaman, tentunya mereka harus mempersiapkan berbagai macam dokumen penting yang akan dibutuhkan nantinya.Nah, salah satu dokumen yang harus disiapkan oleh pelaku usaha adalah laporan usaha itu sendiri. Anda dapat membuat proposal yang sangat lengkap dengan isinya tentang informasi visi misi dari usaha anda, laporan keuangannya hingga beberapa informasi penting lainnya.Hal ini juga karena, cara untuk memberikan sejumlah dana atau modal usaha akan dinilai dari risiko para calon peminjam itu sendiri. Dalam hal ini, mereka akan menganalisa dokumen usaha dan juga laporan keuangan yang dimiliki oleh pebisnis tersebut. Jadi sangat penting untuk diperhatikan kalau pembuatan laporan keuangan yang baik dan benar harus dilakukan. Penyajian dari laporan keuangan usaha bisa membuat lembaga memberikan pinjaman modal usaha kepada para pelaku UKM.

4. Buatlah Kerjasama dengan Rekan Anda

Selanjutnya, tips mudah raih modal usaha bagi UKM di ramadan saat ini juga dapat dilakukan dengan mengajak rekan atau teman anda untuk bekerja sama hingga dapat membentuk modal usaha yang sesuai dengan keinginan anda. Cara yang seperti ini biasanya disebut dengan dana gabungan. Pada umumnya, dana gabungan bisnis bisa mempengaruhi perkembangan maupun pertumbuhan dari keuntungan usahanya. Akan tetapi anda harus merelakan tentang berbagi keuntungan bersama rekan atau teman bisnis anda sendiri.Perlu anda perhatikan kalau UKM yang berada di dalam badan hukum, misalnya PT atau Perseroan Terbatas serta Komanditer (CV), modal anda secara individu maupun kerjasama akan disebut dengan modal setor. Apabila usaha termasuk dalam koperasi umum, maka ini akan disebut dengan simpanan wajib dan simpanan pokok.Usaha yang berbentuk badan hukum maupun koperasi, penarikan, ketentuan pemakaian hingga pengalihan modal akan diatur langsung dari Undang-undang yang berlaku. Dengan begitu seseorang tidak dapat menggunakan modal usahanya dengan sesuka hati.Sedangkan pemakaian modal usaha untuk usaha perorangan akan diatur langsung dari peraturan atau ketentuan yang sudah disepakati bersama terkait pihak-pihak berwajib. Perlu diketahui kalau modal usaha yang seperti dana gabungan, dimana ini tidak dapat digunakan buat membangun usaha, melainkan hanya untuk mengembangkan usaha atau bisnis yang telah ada sebelumnya.

5. Manfaatkan Modal Pinjaman Bank

Untuk tips mudah raih modal usaha bagi UKM di ramadan anda dapat memanfaatkan modal pinjaman dari pihak bank. Modal yang dipinjam dari perbankan menjadi suatu modal yang memiliki kewajiban dalam pengembalian dana ataupun imbal hasil pinjaman tersebut.Dana pinjaman bank ini sangat cocok untuk pelaku UKM yang akan mengembangkan usahanya, serta bukan untuk memulaikan bisnis barunya. Dikarenakan kebanyakan bank yang ada di Indonesia memberikan pinjaman pada pebisnis yang telah menjalankan usahanya kurang lebih 2 tahun. Berdasarkan dengan layanan, bank terdiri dari Bank Umum dan juga BPR atau Bank Perkreditan Rakyat. Jadi anda dapat memilih jenis bank yang seperti apa untuk anda manfaatkan dalam peminjaman modal usaha di bulan ramadhan.Itulah 5 tips mudah raih modal usaha bagi UKM di ramadan 2023. Dalam menjalankan bisnis, tentunya kita akan membutuhkan modal, dan modal tersebut menjadi sesuatu hal yang tidak mudah didapatkan. Jadi, perhatikanlah beberapa tips ampuh diatas dalam meraih modal usaha untuk UKM.


You Might Also Like