Pengertian Aktiva Tetap (Fixed Asset), Contoh Serta Karakteristiknya

pengertian_aktiva_tetap_fixed_asset_contoh_serta_karakteristiknya

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan orang awam memiliki anggapan uang tunai maupun non tunai adalah satu-satunya sumber kekayaan. Padahal, masih banyak item lain yang menjadi bagian dari sumber kekayaan seperti halnya aktiva tetap. Aktiva atau bisa disebut dengan aset adalah harta, barang-barang berharga atau segala sesuatu yang memiliki nilai ekonomi. Dalam operasional organisasi bisnis/ perusahaan, aktiva ini menjadi salah satu komponen yang harus ditampilkan di laporan keuangan.Sedangkan aktiva tetap bisa dibilang merupakan cabang atau sub kategori dari aktiva itu sendiri. Lalu, apa sebenarnya aktiva tetap itu? Dalam artikel ini, kami akan mencoba mendefinisikan aktiva tetap, menguraikan karakteristik serta memberikan contohnya.

Pengertian aktiva tetap

Aktiva tetap atau aset tetap (bahasa Inggris: fixed assets) adalah harta kekayaan yang berwujud dan berjangka panjang yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam menghasilkan pendapatan. Secara sederhana aset tetap juga dikenal sebagai aset modal dan dilambangkan dengan istilah properti, pabrik, dan peralatan atau PP&E (property, plant, and equipment) pada neraca keuangan. Kepemilikan aset tetap ini memberikan keuntungan finansial jangka panjang bagi perusahaan karena memiliki masa manfaat lebih dari satu tahun dan dalam periode tersebut tidak akan dikonsumsi atau dikonversi menjadi kas. 

Jenis dan contoh aktiva tetap dalam industri

Aktiva tetap dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis utama yaitu aset tetap berwujud dan aset tetap tidak berwujud. Mari cari tahu maksudnya dan lihat contoh keduanya secara detail.

  1. Aktiva berwujud (tangible assets)

Sesuai namanya, aktiva berwujud merupakan aset yang berupa barang yang berbentuk fisik dan dapat dijamah. Ini mencakup sumber daya nyata yang dibutuhkan untuk melakukan proses bisnis. Berikut ini beberapa contoh aktiva tetap berwujud:

  • Tanah/ lahan. Ini mencakup setiap area yang dimiliki perusahaan, baik dengan atau tanpa bangunan yang berdiri di lokasi. Tanah merupakan satu-satunya aset tetap yang tidak terdepresiasi seiring waktu.
  • Bangunan. Seperti ruang kantor, pabrik, gudang penyimpanan, dan toko ritel yang mana pencatatannya dilakukan secara terpisah dari lahan yang menjadi lokasi bangunan berdiri.
  • Furniture. Perabot apa pun yang dibeli perusahaan juga termasuk ke aset tetap, termasuk meja, kursi, lemari arsip, perlengkapan pencahayaan, dll.
  • Mesin. Mesin mencakup peralatan apapun yang dibeli perusahaan untuk membantu melakukan pekerjaan. Yang termasuk dalam aset tetap mesin antara lain peralatan pabrik atau manufaktur dan peralatan konstruksi.
  • Kendaraan. Kendaraan juga dapat digolongkan dalam aset tetap berwujud, seperti motor atau mobil operasional kantor, mobil pick up, semi truk untuk pengiriman, dan lain-lain.
  1. Aktiva tidak berwujud (intangible assets)

Aktiva tidak berwujud adalah aset yang tidak memiliki keberadaan fisik, ini secara umum mencakup pengakuan merek dan kekayaan intelektual seperti:

  • Goodwill
  • Hak cipta
  • Merek dagang
  • Paten

Sebagian besar sumber daya tak berwujud ini sulit diperkirakan nilainya.Catatan: Contoh aset tetap diatas tidak bersifat universal yang berlaku semua perusahaan. Sebab apa yang merupakan aset tetap bagi satu perusahaan mungkin tidak dianggap sebagai aset tetap bagi perusahaan lain.Misalnya, perusahaan dibidang distribusi akan mengklasifikasikan kendaraan seperti mobil yang dimilikinya sebagai aset tetap karena digunakan untuk mengangkut barang. Namun, perusahaan yang memproduksi mobil akan mengklasifikasikan oven yang sama sebagai item persediaan bukan sebagai aset tetap. Oleh karena itu, pertimbangkan sifat bisnis perusahaan ketika mengklasifikasikan aset tetap.

Karakteristik aktiva tetap

Adapun ciri atau karakteristik aktiva tetap atau aset tetap antara lain yaitu:

  • Memiliki masa manfaat jangka panjang. Aset tetap merupakan jenis aset yang dapat digunakan dan diambil manfaat ekonominya selama lebih dari satu tahun. Inilah yang menjadikan aset tetap sebagai aset jangka panjang dan tidak lancar. Misalnya, jika Anda membeli sebuah mesin produksi, Anda tentu berharap untuk menggunakannya selama beberapa tahun sebelum menggantinya.

  • Digunakan dalam operasional bisnis. Aset tetap bukanlah sesuatu yang Anda beli untuk disimpan atau dijual kembali kepada pelanggan. Akan tetapi pada umumnya tujuan utama sebuah bisnis memiliki aset tetap adalah untuk menghasilkan pendapatan dan keuntungan dengan menggunakan aset tersebut dalam kegiatan operasional bisnis.

  • Dapat mengalami depresiasi (penyusutan). Selain aset tetap berupa tanah, setiap periode akuntansi aset tetap ini melalui proses yang disebut depresiasi (penyusutan). Depresiasi sendiri adalah biaya yang timbul karena aset tetap mengalami penurunan manfaat atau penurunan kualitas karena faktor masa pemakaian.

  • Merupakan aset tidak lancar. Sudah sedikit disinggung sebelumnya, jenis aset tetap bersifat tidak lancar. Artinya ia tidak mudah diuangkan dalam bentuk tunai dalam waktu singkat dan bukan merupakan alat pembayaran yang sah. Berbeda dengan jenis aset lancar yang mudah diubah menjadi uang tunai.

Pentingnya aktiva tetap bagi perusahaan

Aset tetap sangat penting bagi perusahaan mana pun. Pasalnya, sebagian besar dari aktiva tetap merupakan peralatan serta sarana dan prasarana maka tanpanya aktivitas perusahaan tidak akan berjalan secara maksimal. Selain itu, aset tetap seringkali menjadi hal yang dipertimbangkan oleh mitra, investor, dan para stakeholder lainnya ketika memutuskan apakah akan berinvestasi dan bekerjasama dengan perusahaan atau tidak. Data aset tetap akan digunakan oleh pemangku kepentingan untuk melacak dan mengetahui apakah suatu perusahaan merupakan perusahaan yang menguntungkan atau tidak. Perusahaan yang lebih efisien menggunakan aset tetap, sudah pasti akan menikmati keunggulan kompetitif atas pesaing mereka.

Bagaimana cara pencatatan aktiva tetap dengan mudah?

Mencatat dan mengawasi aktiva tetap dalam laporan keuangan benar-benar menjadi hal yang sangat penting. Besarnya aset tetap harus tersaji secara akurat dan detail. Agar tidak mengalami kesalahan, menggunakan perangkat lunak akuntansi seperti Ukirama ERP adalah cara yang bagus untuk menjalankan bisnis secara efisien.Dengan software Ukirama ERP, Anda dapat melakukan pembukuan, manajemen stok, akuntansi, keuangan, reparasi bahkan HRD di tempat yang sama. Kami memiliki semua yang Anda butuhkan untuk membantu Anda mempersiapkan laporan yang komprehensif untuk meningkatkan kecepatan pengambilan keputusan. Jangan sampai Anda membuang banyak waktu dan dipusingkan oleh pencatatan pembukuan bisnis Anda jika kini sudah ada Ukirama ERP yang mudah dan canggih untuk membuatnya lebih rapi, presisi, dan cepat. Jadi, tunggu apalagi? Segera daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan dapatkan presentasi, demonstrasi serta uji coba gratis produk Ukirama !


You Might Also Like