Pengertian dan Contoh Fixed Cost dan Variable Cost

Sebuah perusahaan baik itu perusahaan dagang, jasa, maupun manufaktur di dalam menjalankan usaha bisnisnya pasti mengeluarkan biaya-biaya untuk menghasilkan suatu produk yang nantinya akan diperkenalkan di pasaran global. Biaya-biaya tersebut dibagi menjadi beberapa jenis antara lain biaya tetap (fixed cost), biaya variabel (variable cost), biaya semi-variabel, biaya langsung, biaya tidak langsung, dan biaya lainnya.Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai apa itu biaya tetap (fixed cost) dan biaya variabel (variable cost). Berikut penjelasan beserta contoh mengenai biaya tetap (fixed cost) dan biaya variabel (variable cost).

Biaya Tetap (Fixed Cost)

Biaya tetap atau yang disebut juga dengan fixed cost merupakan biaya yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan dalam keadaan konstan atau umumnya senantiasa tidak berubah walaupun mengalami peningkatan maupun penurunan jumlah barang atau jasa yang dihasilkan. Dapat dikatakan bahwa biaya tetap tidak terpengaruh sama sekali atau terlepas dari perubahan-perubahan dalam aktivitas bisnis yang dijalankan oleh perusahaan. Biaya tetap dibagi menjadi 2 macam yaitu committed fixed cost dan discretionary fixed cost. Contoh dari biaya tetap itu sendiri adalah biaya sewa gedung, gaji karyawan, pajak, biaya asuransi, biaya cukai (jika pengiriman produk dilakukan hingga ke luar negeri), pembayaran pinjaman, dan sebagainya. Biaya tetap yang senantiasa konstan bukan berarti biaya tetap tersebut akan selalu konstan. Biaya tetap dapat berubah sewaktu-waktu di masa yang akan datang. Contoh sederhana misalnya biaya sewa gedung. Perusahaan akan selalu membayar biaya sewa gedung yang sama setiap tahun meskipun produk yang dihasilkan oleh perusahaan banyak ataupun sedikit. Namun, biaya sewa gedung sewaktu-waktu dapat meningkat ataupun menurun sesuai dengan keinginan pemilik gedung itu sendiri. Ini berarti biaya tetap akan selalu konstan hingga periode tertentu, periode dimana biaya dapat ditingkatkan maupun diturunkan oleh pihak yang bersangkutan tetapi perubahan tersebut terjadi dalam jangka waktu yang cukup panjang. 

Biaya Variabel (Variable Cost)

Biaya variabel atau yang disebut juga dengan variable cost merupakan biaya yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan secara berubah-ubah yang didasarkan pada perubahan jumlah produk yang diproduksi. Semakin besar jumlah volume produk yang diproduksi oleh sebuah perusahaan maka semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan untuk memproduksi produk tersebut. Begitu pula sebaliknya, jika jumlah volume produk yang diproduksi kecil maka biaya yang dikeluarkan juga kecil.Dapat dikatakan bahwa biaya variabel tergantung pada fluktuasi aktivitas usaha dalam memproduksi barang yang dilakukan sebuah perusahaan. Contoh dari biaya variabel yaitu antara lain biaya bahan baku sebuah produk, biaya tenaga kerja langsung dalam bentuk upah kepada karyawan (biasanya dihitung berdasarkan berapa unit produk yang dapat dihasilkan per orang), biaya pengemasan produk, biaya kargo (berbeda-beda sesuai dengan negara tujuan tempat produk akan diperjualbelikan), dan biaya lainnya.Dengan adanya pembahasan di atas, sekarang kita dapat mengenal apa itu biaya tetap (fixed cost) dan biaya variabel (variable cost). Semoga penjelasan yang disampaikan dapat memberikan pengetahuan lebih dalam akuntansi dan dalam menjalankan sebuah bisnis bagi sebuah perusahaan.


You Might Also Like