Penting! Berikut Cara Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) Menggunakan Microsoft Excel dan Manfaatnya

Berikut Cara Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) Menggunakan Microsoft Excel dan Manfaatnya

Sebagai pebisnis, anggaran biaya menjadi suatu hal yang penting untuk dipertimbangkan karena merupakan jantung dari bisnis yang ada. Tanpa adanya anggaran, sebuah bisnis tidak akan bisa berjalan karena seluruh operasional memerlukan biaya. Anggaran sendiri merupakan sesuatu yang harus direncanakan agar dalam penggunaanya tidak melebihi kemampuan keuangan perusahaan atau justru kurang digunakan karena berhemat sehingga berdampak pada kurang efektifnya operasional dari perusahaan. Perencanaan anggaran tersebut dirangkum dalam sebuah data yang disebut “Rencana Anggaran Biaya” atau (RAB) yang mana seringkali dibutuhkan dalam banyak hal dalam urusan bisnis. Pada pekerja kantor bahkan kontraktor, hal ini merupakan sesuatu yang sudah tidak asing lagi karena dalam kesehariannya memerlukan perencanaan anggaran yang dapat dituliskan melalui RAB.Berdasarkan hal tersebut, RAB tentu harus dibuat secara terstruktur dan mendetail untuk mengetahui anggaran tersebut digunakan untuk apa. Selain itu, penyusunan anggaran secara rapi juga akan sangat memudahkan pembaca sehingga tidak melewatkan detail penting dari perencanaan penggunaan anggaran tersebut. Hal tersebut menjadikan pembuatan RAB secara terstruktur, mendetail, dan rapi sudah menjadi template utama dalam pembuatan RAB dalam setiap bisnis. Salah satu cara yang paling mudah adalah menggunakan Microsoft Excel, selain gratis, Microsoft Excel juga dapat memperkecil kemungkinan kesalahan perhitungan karena memiliki fitur rumus yang dapat digunakan untuk melakukan perhitungan anggaran secara tepat.Namun untuk melakukan hal tersebut anda perlu memahami rumus-rumus pada excel sehingga pembuatan RAB menjadi efektif.Tahapan Pembuatan RAB pada Microsoft ExcelAda beberapa tahapan yang dapat dilakukan untuk membuat RAB pada Microsoft Excel. Berikut diantaranya:

  1. Persiapkan Microsoft Excel

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu anda harus mempersiapkan Microsoft Excel yang akan anda gunakan. Anda dapat membeli lisensi nya atau menggunakan versi gratisnya secara online. Setelah anda memilikinya anda dapat membuka dan membuat file baru untuk pembuatan RAB.

  1. Memasukkan Judul

Setelah itu, masukkan judul besar diatas terkait “Rencana Anggaran Belanja” sebagai penanda terkait apa yang anda kerjakan dalam file Excel tersebut. Anda juga memberi nama pada sheets tersebut sebagai pemisah antara RAB dengan data lainnya. Anda juga dapat mencantumkan nama perusahaan beserta proyek terkait untuk menjadi identitas dari data yang sedang dikerjakan.

  1. Membuat Tabel

Bentuk RAB tentu saja berupa tabel karena berupa data-data tersusun. Meskipun begitu, Tabel tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, namun umumnya terdiri dari 6 kolom yang terdiri atas nomor, nama pekerjaan, volume, satuan, harga satuan, harga total. Sedangkan baris disesuaikan dengan jumlah pekerjaan yang akan dibuat.

  1. Mengisi Tabel

Selanjutnya setelah tabel yang ada dibuat, anda dapat langsung melanjutkan ke tahap inti dari pembuatan RAB yakni mengisi tabel yang sudah dibuat sesuai dengan anggaran yang ingin dialokasikan. Pada bagian ini, anda cukup mengisi bagian nama pekerjaan, volume, satuan, dan harga satuan.Untuk mengisi harga total per pekerjaan, anda dapat menggunakan rumus “SUM” untuk menambahkan dari jumlah yang sudah diletakkan. Misalnya pada cell F5 (Harga Total), maka rumusnya adalah sebagai berikut : =SUM(C5*E5) lalu tekan enter dan lakukan hal serupa pada semua sub pekerjaan.Sedangkan untuk menghitung Sub Total per jenis pekerjaan, cukup mengetik “=SUM (lalu memblok (klik, tahan, dan tarik) pada cell-cell yang hendak dijumlahkan, dan diselesaikan dengan tanda kurung tutup), lalu enter.” Maka sub total akan langsung tampil. Hal serupa juga dilakukan untuk menghitung Grand total dimana cell yang di blok adalah semua subtotal.Setelah semua tabel dan perhitungan diisi, maka RAB pun selesai. Anda dapat mengeceknya kembali terutama untuk bagian yang diinput secara manual untuk menghindari kesalahan.Manfaat Penggunaan RAB Adapun beberapa manfaat yang dapat diperoleh dalam penggunaan RAB, adalah sebagai berikut:

  • Menentukan anggaran yang tepat untuk suatu hal
  • Meningkatkan efektivitas operasional karena anggaran yang tepat
  • Menurunkan kerugian akibat anggaran yang tidak digunakan
  • Melihat rencana pengeluaran secara mendetail dan terstruktur
  • Mengakses pembukuan yang rapi sehingga pebisnis tidak akan melewatkan detail kecil terkait pengeluaran
  • Meningkatkan efektivitas yang seringkali dihambat oleh biaya yang membengkak atau bahkan terlalu sedikit.

Maka dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa RAB dapat menjadi sesuatu yang menguntungkan ketika perusahaan menerapkan hal tersebut dalam operasionalnya. Selain dapat menentukan anggaran yang tepat, efektivitas operasional dan kerugian yang menurun juga dapat dirasakan oleh pebisnis karena adanya RAB yang dibuat. Sebagai pebisnis anda perlu membuat RAB untuk memajukan bisnis anda. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan Microsoft Excel. Selain biaya yang gratis, penggunaan yang mudah menjadi salah satu fitur utama Microsoft Excel sebagai metode universal yang menyatukan seluruh pihak internal maupun external. Namun dalam hal ini Ukirama hadir untuk membantu anda melakukan analisis data yang diperlukan dalam RAB. Hal ini dikarenakan Ukirama memiliki fitur akses data unlimited yang membuat para pebisnis dapat mengakses data kapanpun dan dimanapun tanpa batas waktu. Sehingga dalam hal ini ketika pebisnis mengetahui pengeluaran dan pemasukannya pada suatu hal, maka mereka dapat menjadikan hal tersebut sebagai evaluasi dalam RAB kedepannya sehingga efektivitas yang ada tentu akan meningkat. Itulah sedikit penjelasan terkait “Cara Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) Menggunakan Microsoft Excel dan Manfaatnya”. Semoga bermanfaat!!!


You Might Also Like