Pentingnya Personal Finance dan Cara Mengelolanya dengan Baik!

pentingnya_personal_finance__manajemen_keuangan_pribadi__dan_bagaimana_cara_mengurus_personal_finance_yang_baik

Personal finance adalah istilah untuk menjelaskan keuangan pribadi yang dimiliki setiap orang dan dalam beberapa waktu belakangan ini menjadi topik yang penting di masyarakat. Ada banyak masyarakat yang mulai “melek” dengan pentingnya melakukan pengelolaan keuangan pribadinya, yang disebut juga sebagai personal finance management. Lalu sebenarnya apa definisi konseptual dari personal finance? Personal finance adalah ilmu yang digunakan untuk melakukan pengaturan keuangan pribadi dengan baik. Tentunya berdasarkan definisi tersebut, anda sudah bisa mendapatkan sedikit gambaran mengapa personal finance ini penting.Sebagai ilmu yang bisa digunakan untuk mengatur keuangan pribadi dengan baik, tentunya personal finance bisa meminimalisir aktivitas ekonomi yang sia-sia dan hanya menjadi pemborosan bagi seseorang. Secara finansial memang setiap orang memiliki besar pemasukan dan pengeluaran yang berbeda-beda, itulah mengapa personal finance adalah cara terbaik untuk membantu Anda memperoleh informasi bagaimana bisa mengelola keuangan ini dengan baik. Khususnya bagi Anda yang baru mendapatkan penghasilan sendiri dan belum tahu bahwa mengatur personal finance sangatlah penting. Anda perlu tahu apa saja pentingnya personal finance ini dan bagaimana cara mengurusnya. Itulah sebabnya pada bagian berikut ini akan dijelaskan apa saja pentingnya personal finance dan cara untuk mengurusnya.7 Alasan Pentingnya Personal Finance untuk AndaSaat ini memang ada banyak orang yang membutuhkan manfaat dari personal finance. Tanpa adanya personal finance, maka seseorang mungkin akan kesulitan untuk mengelola keuangan dari pendapatannya untuk mendukung kebutuhan pengeluarannya. Ada banyak jenis pengeluaran dan pastinya pendapatan walau jumlahnya besar jika tidak dikelola dengan baik, maka tidak akan bisa untuk menutupi pengeluaran yang ada. Jadi berikut ini simaklah 7 alasan pentingnya personal finance untuk anda gunakan.

  1. Membantu Memahami Pentingnya Investasi Properti

Salah satu alasan mengapa personal finance penting untuk Anda ketahui adalah karena dengan mempelajarinya Anda juga akan memahami bahwa keuangan pribadi Anda akan sangat baik diinvestasikan ke bidang properti. Uang Anda sebaiknya dikelola untuk digunakan dalam bidang properti saja.

  1. Membantu Memeriksa Pembayaran Kredit Anda

Jika Anda memiliki pembayaran kredit, mempelajari personal finance pun akan membantu Anda untuk memeriksa pembayaran kredit tersebut setiap waktunya. Anda bisa memperhatikan apakah kredit yang Anda ambil sesuai dengan jumlah pendapatan Anda dan berbagai kredit lain yang harus Anda bayarkan.

  1. Membantu Menyusun Pendapatan dan Pengeluaran Uang Anda

Pentingnya personal finance yang paling utama adalah dalam hal membantu Anda menyusun pendapatan dan pengeluaran uang menjadi lebih baik. Uang dari pendapatan Anda tidak akan lagi habis tanpa rencana yang jelas dan mendatangkan keuntungan. Melainkan dengan personal finance setiap pendapatan dan pengeluaran Anda tercatat dengan jelas.

  1. Mengajarkan Cara Memiliki Jaminan Kesehatan

Personal finance juga akan mengajarkan Anda bagaimana bisa menemukan perencanaan kesehatan yang pas. Melalui pembayaran jaminan kesehatan, Anda bisa memanfaatkan pendapatan Anda untuk digunakan sebagai pendukung saat Anda sakit dan jaminan untuk kemudian hari secara mendadak anda mengalami suatu penyakit.

  1. Mengajarkan Cara Mengatasi Hutang Piutang

Anda yang mempelajari personal finance juga bisa mengajarkan Anda untuk mengatur keuangan dalam mengatasi utang piutang. Utang piutang ini bisa Anda lunasi dengan perencanaan yang tepat. Bagaimana perencanaan untuk melunasi hutang bisa Anda ketahui melalui ilmu dalam personal finance tadi.

  1. Mengajarkan Cara Mengelola Uang untuk Dana Pensiun

Jika Anda ingin bisa memiliki kondisi keuangan yang stabil di masa pensiun Anda, maka Anda perlu mengelola uang dengan baik dengan tujuan sebagai dana pensiun. Cara mengelola ini yang juga didapatkan melalui personal finance dan menghasilkan tabungan atau saham yang bisa digunakan di masa pensiun.

  1. Menjelaskan Cara Membeli Asuransi

Ada banyak jenis asuransi yang bisa memudahkan Anda dalam perjalanan hidup Anda. Pengaturan keuangan pribadi yang baik bisa membantu Anda membeli berbagai asuransi dan mendapatkan keuntungan darinya. Jadi, itulah satu lagi alasan mengapa penting untuk memahami personal finance dan cara menerapkannya.Cara Mengurus Personal Finance dengan BaikAda beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurus personal finance Anda dengan baik. Jika sebelumnya Anda belum mengetahui mengenai hal ini, maka Anda bisa mempelajarinya pada bagian yang ada di bawah ini. Bagian ini akan menjelaskan pada anda apa saja yang boleh Anda lakukan untuk bisa mengurus profesional finance anda dengan baik. Jadi jangan sampai anda melewatkan informasi penting ini ya!

  • Mulai dengan Menetapkan Tujuan Pengaturan Keuangan

Selalu tetapkan mengapa anda perlu mengatur keuangan anda. Apakah ada keinginan yang akan anda beli? Misalkan anda ingin merenovasi rumah, maka anda harus mengatur keuangan anda untuk mencapai tujuan tersebut.

  • Susun Daftar Pengeluaran yang Terencana

Anda harus memiliki daftar apa saja pengeluaran yang anda rencanakan dan memang rutin harus dibayarkan. Sebaiknya, besar pengeluaran Anda adalah 2/3 dari besar pendapatan yang Anda miliki.

  • Hindari Mengeluarkan Uang Selain dari yang Sudah Ada dalam Daftar Pengeluaran

Tambahan pengeluaran biasanya terjadi karena Anda tergoda untuk mengeluarkan sejumlah uang di luar dari pengeluaran yang sudah terdaftar. Anda harus menghindari hal-hal seperti ini karena akan mengacaukan personal finance Anda.

  • Lakukan Penghitungan Pengeluaran Per 2 Minggu

Setiap uang yang Anda keluarkan harus Anda lakukan penghitungan per 2 minggu. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan informasi berapa pengeluaran yang sudah dilakukan dan mana yang akan dilakukan dalam dua minggu di sisa akhir bulan.

  • Rajin Membandingkan Harga Keperluan

Saat Anda akan berbelanja kebutuhan, pastikan untuk rajin membandingkan harga. Anda bisa membandingkan harga di beberapa toko ataupun harga dari toko online. Belilah kebutuhan Anda di tempat yang paling menguntungkan.

  • Tambahkan Sumber Pendapatan Anda

Agar bisa memiliki pengelolaan personal finance yang baik, Anda sebaiknya sudah memiliki cadangan pendapatan lain. Tambahkan sumber pendapatan Anda dan jadikan pendapatan dari sumber tersebut untuk simpanan Anda.

  • Bangun Bisnis Sendiri

Cara memiliki sumber pendapatan baru adalah dengan membangun bisnis sendiri. Bisnis memiliki peluang yang sangat baik untuk mendatangkan keuntungan. Hasilnya pun bisa Anda kelola sendiri dan tidak dijatah seperti layaknya gaji.

  • Lunasilah Utang dengan Baik

Jangan mengabaikan adanya hutang, tetapi segeralah lunasi hutang dengan baik. Semakin cepat melunasi hutang, maka akan semakin baik untuk Anda. Menggunakan personal finance Anda bisa mengatur bagaimana agar hutang bisa dilunasi dan menghindarkan Anda dari kebangkrutan.

  • Upayakan Kenaikan Gaji secara Berkala

Jika Anda bekerja, maka sebaiknya Anda mengupayakan perbaikan untuk memungkinkan kenaikan gaji. Gaji yang meningkat bisa menopang biaya hidup yang tidak menentu. Jika gaji Anda tidak sesuai dengan pengeluaran Anda inilah yang bisa menimbulkan masalah keuangan nantinya.Jadi berikut tadi penjelasan yang menarik dan pastinya bermanfaat terkait apa saja alasan pentingnya personal finance dan bagaimana cara mengurusnya. Kini Anda bisa menjadi seseorang yang tidak sembarangan lagi dalam mengatur pendapatan dan pengeluaran Anda. Keuangan Anda akan terjaga dengan baik dan bisa mengelola uang untuk mendatangkan keuntungan-keuntungan dan bukanlah kerugian. Sangat bermanfaat bukan bisa mengurus personal finance dengan baik. Jadi jangan lupa untuk menerapkan cara mengurus personal finance di atas dan selalu ingat betapa pentingnya penerapan dari ilmu keuangan yang satu ini!


You Might Also Like