Perbedaan Akuntansi Perusahaan Dagang, Jasa, dan Manufaktur

perbedaan_akuntansi_perusahaan_dagang_jasa_dan_manufaktur

Perusahaan-perusahaan yang menjalankan suatu bisnis atau usaha, terbagi menjadi 3 jenis perusahaan berdasarkan usaha atau bisnis yang digeluti yaitu ada perusahaan dagang, perusahaan manufaktur, dan perusahaan jasa. Ketiga jenis perusahaan berdasarkan usaha yang digunakan tersebut memiliki pencatatan keuangan dan bentuk akuntansi yang berbeda satu sama lain. Untuk mengetahui perbedaan antara perusahaan dagang, perusahaan manufaktur, dan perusahaan jasa, mari simak penjelasan berikut ini.

Perusahaan Dagang

Perusahaan Dagang adalah perusahaan yang menjual produk/barang persediaan kepada konsumen. Perusahaan Dagang tidak memproduksi sendiri barangnya melainkan mengambil atau membeli produk/barang persediaan dari supplier dalam bentuk bahan yang sudah jadi. Perusahaan Dagang bertujuan untuk menjual kembali produk/barang yang telah diambil dari supplier tanpa mengubah bentuk asal dan mendapatkan keuntungan dari selisih penjualan yang dilakukan.

Beberapa perbedaan pada perusahaan dagang dibanding jenis perusahaan lainnya dapat dilihat sebagai berikut:

  • Terdapat Harga Pokok Produksi (HPP) sehingga untuk menentukan harga pokok barang dapat dilakukan dengan mudah

  • Terdapat stok persediaan barang jadi

  • Pada perusahaan dagang, laporan tentang harga pokok produksi tidak dipergunakan dan tidak terdapat biaya akuntansi di dalamnya

  • Perusahaan Manufaktur

    Perusahaan Manufaktur atau yang biasa disebut pabrik merupakan perusahaan yang memproduksi bahan baku mentah menjadi barang/produk setengah jadi ataupun menjadi barang/produk jadi untuk kemudian dijual kepada konsumen. Jadi, barang yang diproses dari bahan baku mentah menjadi barang jadi dapat dikatakan sebagai barang/produk persediaan pada perusahaan manufaktur tersebut.

    Perusahaan manufaktur sendiri mengolah bahan mentah hingga menjadi produk jadi tidak hanya untuk perusahaanmya sendiri karena terkadang perusahaan manufaktur mengolah bahan baku untuk diberikan kepada perusahaan lain. Perusahaan manufaktur memiliki tujuan untuk menghasilkan barang/produk jadi yang memiliki kualitas dan nilai jual yang tinggi sehingga dapat diperoleh keuntungan berbisnis.

    Beberapa perbedaan pada perusahaan manufaktur dibanding dengan jenis perusahaan lainnya dapat dilihat sebagai berikut:

  • Terdapat Harga Pokok Produksi (HPP) dan untuk menentukan harga pokok dilalui dengan beberapa tahapan perhitungan

  • Terdapat persediaan bahan baku/mentah dan persediaan bahan pembantu dalam proses produksi

  • Dalam perusahaan manufaktur harus membuat laporan harga pokok produksi dan terdapat biaya akuntansi di dalamnya

  • Perusahaan Jasa

    Perusahaan Jasa adalah perusahaan yang tidak memproduksi dan menghasilkan barang atau suatu produk. Oleh karena itu, perusahaan jasa tidak mempunyai persediaan barang apapun untuk dipasarkan atau dijual kepada konsumen. Perusahaan jasa sendiri menjual produk yang bersifat tidak berwujud seperti lain halnya pada perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur atau dapat dikatakan penjualan berupa jasa pada perusahaan itu sendiri.

    Penerapan perusahaan jasa bertujuan untuk mendapatkan laba keuntungan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam proses produksi atau penjualan pada perusahaan jasa harus ada terjadi kesepakatan antara perusahaan dan konsumen yang terlibat. Ada dua transaksi utama yang dilakukan oleh perusahaan jasa yaitu transaksi administratif dan penjualan jasa yang ada.

    Beberapa perbedaan pada perusahaan jasa dibanding dengan jenis perusahaan lainnya dapat dilihat sebagai berikut:

  • Tidak perlu menentukan harga pokok barang dan tidak perlu membuat laporan mengenai harga pokok produksi sehingga tidak ada biaya akuntansi di dalamnya

  • Tidak terdapat persediaan barang apapun karena yang dijual berupa jasa

  • Pembelian yang terjadi akan langsung dimasukkan ke dalam akun peralatan atau akun perlengkapan

  • Berikut siklus alur akuntansi pada perusahaan jasa yang pada umumnya berbeda dengan jenis perusahaan lainnya:

    Mencatat keuangan

    Dalam tahap ini, terdapat proses pembuatan jurnal dan pemindahbukuan dari semua transaksi keuangan yang ada.

    Membuat ringkasan

    Tahap selanjutnya yaitu membuat ringkasan yang nantinya berpengaruh terhadap seluruh transaksi keuangan yang terjadi selama periode tersebut berlangsung. Pembuatan ringkasan dapat dilakukan dengan menyusun neraca saldo, membuat jurnal penyesuaian, menyusun neraca lajur, membuat jurnal penutup, dan neraca saldo setelah penutupan jurnal.

    Membuat laporan keuangan

    Tahap terakhir adalah membuat laporan keuangan. Hal-hal yang harus ada dalam membuat laporan keuangan yaitu laporan laba rugi, laporan perubahan modal, neraca, dan laporan aliran kas.

    Jika terdapat dua jenis perusahaan dalam satu manajemen seperti terdapat perusahaan jasa dan perusahaan dagang, misalnya seperti bengkel yang juga menjual sparepart kendaraan, maka perhitungan biaya dapat dilakukan dengan menggabungkan total biaya pada perusahaan dagang dan perusahaan jasa kemudian lakukan perhitungan harga pokok penjualan. Hasil perhitungan pada perusahaan jasa dipisahkan sehingga terdiri dari dua penghasilan yaitu penghasilan dari jasa dan penghasilan dari penjualan barang.

    Demikian penjelasan mengenai perbedaan akuntansi perusahaan dagang, manufaktur, dan juga jasa. Semoga penjelasan yang disampaikan dapat memberikan pengetahuan lebih dalam akuntansi dan bermanfaat bagi Anda.

    Cr: Berbagai sumber


    You Might Also Like