Perbedaan Sistem POS (Point of Sales) dan Sistem ERP (Enterprise Resource Planning)

perbedaan_sistem_pos_point_of_sales_dan_sistem_erp_enterprise_resource_planning

Banyak orang bingung membedakan antara Sistem POS dan Sistem ERP karena ada beberapa kemiripan di antara keduanya. Artikel ini akan membahas tentang persamaan dan perbedaan Sistem POS dan Sistem ERP. Dalam artikel ini juga akan dijelaskan kapan dan dimana kedua aplikasi lebih cocok digunakan.

Sistem POS (Point of Sales)

Sistem POS adalah aplikasi untuk membantu bagian penjualan khususnya pada perusahaan retail. Biasanya digunakan di bagian kasir. Sistem ini dibuat untuk memudahkan kasir dalam mengelola proses penjualan. Karena adanya kebutuhan untuk membuat proses penjualan menjadi praktis dan cepat sehingga menghindari pelanggan untuk antri dalam waktu yang lama.

“Sistem POS adalah aplikasi untuk membantu bagian penjualan”

Dalam Sistem POS sendiri biasanya dilengkapi dengan fitur untuk mengelola macam-macam diskon, membership, voucher, collecting points yang tinggal dipilih oleh kasir. Pada umumnya Sistem POS sendiri dilengkapi dengan perangkat keras (hardware) seperti printer, barcode scanner, dan cash drawer. Ada juga Sistem POS yang dilengkapi dengan Simple Inventory Management dimana memungkinkan penggunanya untuk mengelola stok barang dengan sederhana.

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning)

Sistem ERP adalah sebuah aplikasi yang membantu perencanaan dan pengelolaan administrasi perusahaan. Administrasi perusahaan yang dimaksud adalah segala transaksi penjualan, pembelian, pengelolaan inventory, keuangan, laporan akuntansi, produksi, dan pengelolaan sumber daya manusia.

“Sistem ERP adalah aplikasi yang membantu pengelolaan seluruh administrasi perusahaan dan terintegrasi satu bagian dengan yang lain”

Sistem ERP memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengelola dokumen secara digital sehingga cenderung lebih mengurangi penggunaan kertas (paperless). Pekerjaan di seluruh divisi terintegrasi satu dengan yang lain, sehingga memudahkan karyawan untuk mengontrol dan mengawasi seluruh aktivitas perusahaan. Jika anda ingin mengetahui Sistem ERP secara detail baca artikel “Apa itu Sistem ERP ?”.

Persamaan Sistem POS dan ERP

Persamaan dari Sistem POS dan Sistem ERP adalah keduanya bisa membantu di bagian penjualan.

Perbedaan Sistem POS dan ERP

Ada beberapa hal yang membuat kedua aplikasi berbeda satu sama lain. Perbedaan tersebut kita bisa lihat dibawah ini.

Sistem POS
  • Digunakan di bagian penjualan, sedikit di bagian pembelian, dan inventory sederhana.
  • Penggunanya adalah karyawan di divisi penjualan.
  • Tidak mengelola Akuntansi.
  • Bertujuan untuk membantu bagian penjualan.
  • Digunakan di toko-toko retail dan restoran.
Sistem ERP
  • Digunakan hampir di seluruh bagian perusahaan.
  • Penggunanya adalah karyawan di seluruh divisi perusahaan.
  • Mengelola Akuntansi.
  • Bertujuan untuk membantu seluruh proses bisnis perusahaan.
  • Biasanya digunakan sebagai aplikasi operasional kantor.

Jika kita lihat diatas, maka perbedaannya terletak pada luas tujuan penggunaan. Sistem POS dipakai untuk membantu penjualan khususnya kasir, sedangkan sistem ERP cakupan penggunaannya lebih luas, bisa dipakai di seluruh bagian perusahaan seperti pada bagian akuntansi, HR (Human Resource), inventory dan juga termasuk penjualan.

“Perbedaan Sistem POS dan Sistem ERP terletak pada cakupan penggunaannya dimana POS hanya membantu penjualan sedangkan Sistem ERP membantu seluruh bagian perusahaan”

Penggunaan Sistem POS Cocok Apabila…

Sistem POS sangat cocok jika suatu perusahaan hanya membutuhkan suatu aplikasi untuk kasir dalam mengelola transaksi penjualan dan tidak terlalu membutuhkan aplikasi di bagian perusahaan yang lain seperti akuntansi dan human resource. Biasanya cocok untuk toko retail, cafe, dan restoran.

Penggunaan Sistem ERP Cocok Apabila…

Penggunaan Sistem ERP cocok jika suatu perusahaan mempunyai kebutuhan untuk mengintegrasikan seluruh bagian atau divisi perusahaan seperti pengelolaan dokumen penjualan, pembelian, pengelolaan inventory, keuangan, laporan akuntansi, produksi, dan pengelolaan sumber daya manusia.


Walaupun mempunyai kesamaan dalam hal mendigitalisasi pekerjaan, dari penjelasan di atas kita bisa melihat perbedaan dari kedua aplikasi ini. Sistem POS sendiri lebih membantu pekerjaan di bagian penjualan. Sedangkan Sistem ERP dapat membantu pekerjaan seluruh divisi dalam perusahaan. Jadi pertimbangan aplikasi mana yang akan digunakan nanti, tentunya tergantung dari kebutuhan masing-masing perusahaan.

Cr: Berbagai sumber


You Might Also Like