Sedang Sibuk Mempersiapkan Lamaran Pekerjaan? Ketahui Dulu Bagaimana Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik, Benar dan Menarik Bagi HRD Berikut Ini!

Gambar Blog Ukirama Sedang Sibuk Mempersiapkan Lamaran Pekerjaan? Ketahui Dulu Bagaimana Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik, Benar dan Menarik Bagi HRD Berikut Ini!

Hal pertama yang perlu dibuat saat akan melamar kerja adalah tentu saja surat lamaran pekerjaan. Disamping curriculum vitae (CV), dokumen ini wajib Anda persiapkan dan merupakan salah satu faktor penting yang menentukan apakah Anda akan diterima kerja di tempat tersebut atau tidak.Apabila Anda adalah seorang pencari kerja yang sedang bingung bagaimana surat lamaran kerja yang baik dan benar itu maka artikel ini akan membantu menjelaskan apa saja struktur atau format lamaran kerja yang baik, tips-tips membuat surat lamaran kerja yang benar serta beberapa contoh surat lamaran kerja sebagai referensi bagi Anda. Penasaran pengen tahu lebih lanjut? Simak terus penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja atau yang dalam bahasa Inggris seringkali disebut sebagai cover letter merupakan sebuah dokumen berupa surat yang ditulis oleh seorang pelamar kerja sebagai pengantar mereka bila ingin melamar kerja di sebuah kantor, perusahaan, maupun instansi atau lembaga. Dokumen ini penting karena akan sangat mempengaruhi kesan pertama HRD (Human Resource Department) atau perekrut kepada sang pelamar kerja. Oleh karena merupakan sebuah surat pengantar maka umumnya panjang suratnya tak lebih dari satu lembar. Bentuknya juga bervariasi, bisa lewat tulis tangan, diketik, serta dapat juga dikirim melalui email. Isi suratnya pun haruslah padat, singkat, serta jelas sehingga dapat menarik perhatian perekrut untuk bisa melanjutkan aplikasi lamaran tersebut ke tahap selanjutnya atau tidak. Melalui surat ini, perusahaan, kantor, maupun instansi yang berencana merekrut karyawan baru akan mempunyai gambaran tentang bagaimana sebenarnya kepribadian serta kualitas si pelamar. Mereka juga bisa melihat latar belakangnya, keahliannya, motivasinya bekerja, serta masih banyak lagi untuk dijadikan acuan dan bahan pertimbangan bagi perekrut apakah si pelamar cocok untuk bekerja di tempat tersebut atau tidak. Nah, untuk membuat surat lamaran kerja yang baik, benar, dan pastinya menarik bagi perekrut, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana atau seperti apa format atau struktur surat lamaran pekerjaan yang mereka harapkan. 

Struktur atau Format Surat Lamaran Kerja yang Benar

Lantas, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai dengan yang diharapkan perekrut? Secara umum, kemanapun Anda melamar kerja, isi surat lamaran kerja yang harus dibuat pada dasarnya tidaklah jauh berbeda satu sama lain. Baik itu surat lamaran kerja pt yang akan diajukan ke perusahaan swasta maupun BUMN, bank, hingga berbagai instansi atau lembaga pemerintah ataupun non-pemerintah.Hal itu juga berlaku apakah suratnya dikirim secara online maupun tidak. Atau apakah diketik dalam bentuk surat lamaran kerja word maupun ditulis tangan secara langsung pada kertas folio. Intinya, sebuah surat lamaran kerja itu disebut sudah baik dan benar jika memuat beberapa unsur penting berikut. Pertama, Kepala SuratBeberapa poin penting yang wajib masuk kedalam kepala surat diantaranya adalah:

  • Tempat dan tanggal penulisan surat lamaran yang ditulis di bagian pojok kanan atas surat. Ingat, nama tempat dan bulan harus diawali dengan huruf kapital serta penulisannya dipisah dengan tanda koma
  • Penulisan hal yaitu lamaran pekerjaan
  • Kepada Yang Terhormat (Yth) nama orang serta gelar dan jabatan
  • Nama perusahaan yang dituju
  • Alamat lengkap perusahaan

Kedua, Pembuka Surat atau Kata PengantarBerikutnya adalah bagian pembuka serta salam pembuka. Tujuan mencantumkan bagian ini adalah untuk memberikan kesan pertama yang baik kepada perekrut. Bisa dibilang juga bahwa bagian ini berfungsi sebagai kata pengantar bagi surat lamaran kerja yang Anda buat.Poin-poin yang termasuk ke dalam bagian pembuka surat diantaranya:

  • Salam pembuka
  • Dari mana Anda sebagai pelamar mengetahui informasi lowongan kerja tersebut. Sebutkan apakah dari iklan, surat kabar, situs-situs lowongan kerja, website perusahaan, sosial media, dan lain-lain
  • Nama lowongan serta posisi jabatan pekerjaan yang akan Anda pilih dalam perusahaan yang dilamar tersebut

Ketiga, Biodata DiriSeringkali dalam surat lamaran kerja, biodata atau data diri turut dilampirkan. Tujuannya adalah agar bisa membantu perekrut untuk melihat gambaran mengenai diri Anda. Umumnya, informasi diri yang mesti dicantumkan diantaranya adalah:

  • Nama lengkap
  • Tempat dan tanggal lahir
  • Alamat lengkap 
  • Status 
  • Latar belakang pendidikan (tak wajib). Namun bila Anda diharuskan menulis atau ingin mencantumkannya maka tulis latar belakang pendidikan tertinggi Anda
  • Nomor telepon atau handphone yang aktif dan bisa dihubungi
  • Alamat email

Keempat, Kualifikasi (Pengalaman Kerja dan Keahlian)Kualifikasi yang dimaksud disini adalah seperti keahlian atau kemampuan serta pengalaman kerja Anda sebelumnya. Bila Anda adalah fresh-graduate atau belum pernah bekerja, maka tulis saja keahlian atau kemampuan Anda yang sekiranya relevan dan dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Perlu diingat bahwa bagian ini sangat penting untuk ditonjolkan karena disinilah kesempatan Anda untuk “menjual diri” kepada perusahaan atau instansi tersebut. Buat mereka terkesan, tertarik, dan merasa bahwa memang Anda-lah yang mereka butuhkan. Cara membuatnya adalah seperti berikut.

  • Cantumkan pengalaman kerja yang paling relevan
  • Tulis keterampilan atau keahlian yang paling relevan dan berkesan dengan lowongan yang Anda lamar

Kelima, LampiranBerikutnya tuliskan dokumen-dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan di tempat tersebut. Umumnya, dokumen yang dibutuhkan oleh perusahaan akan dicantumkan secara lengkap pada iklan lowongan. Adanya lampiran bertujuan agar perusahaan atau instansi yang Anda tuju semakin yakin untuk menerima Anda. Jadi harap cantumkan hal-hal yang sekiranya bisa menambah nilai atau value Anda di mata mereka. Beberapa contoh dokumen yang wajib untuk disertakan ketika mendaftar pekerjaan adalah seperti berikut. 

  • Curiculum Vitae 
  • Pas foto terbaru
  • Fotokopi identitas diri seperti KTP
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Fotokopi SKCK (jika ada)
  • Fotokopi surat pengalaman kerja (jika ada)
  • Fotokopi sertifikat kompetensi (bila ada) misalnya saja sertifikat pelatihan dan kursus 
  • Portofolio

Keenam, Penutup dan Tanda tanganPada bagian penutup, sampaikan bahwa Anda memiliki keinginan yang besar supaya bisa diterima oleh instansi atau perusahaan tersebut. Atau bisa juga menulis harapan agar bisa mendapatkan wawancara dengan bahasa sopan dan formal. Disini Anda juga harus mengucapkan terimakasih atas waktu yang sudah diluangkan oleh perekrut untuk membaca surat lamaran Anda. Urutan penulisan bagian penutupnya diantaranya adalah:

  • Harapan supaya bisa dipanggil untuk wawancara kerja
  • Informasi kontak yang bisa dihubungi
  • Ungkapan atau ucapan terimakasih
  • Salam penutup dan tanda tangan

Dalam penulisan surat lamaran kerja, harap diingat bahwa selain dokumen-dokumen yang telah disebutkan dalam lampiran di atas, biasanya perusahaan juga akan meminta dokumen khusus lain kepada si pelamar. Harap cek seluruh kelengkapan dokumen yang diperlukan sebelum membuat surat lamaran kerja supaya bisa mempermudah proses lamaran kerja Anda. Nah, agar bisa lebih mengetahui bagaimana bentuk surat lamaran kerja yang benar, baik, dan menarik itu, maka harap perhatikan beberapa contoh surat lamaran kerja dari kami di bawah ini. 

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk PT/ Perusahaan 

Bagi yang ingin melamar kerja di perusahaan baik itu swasta maupun BUMN, berikut dicantumkan contoh surat lamaran kerja di pt atau perusahaan di bawah ini. Hal : Lamaran PekerjaanKepada Yth. Manajer HRD PT Sukses SejahteraJalan Sumber Sejati No. 76Jakarta Dengan Hormat,Berdasarkan pada informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Sukses Sejahtera yang saya dapatkan dari iklan lowongan situs Jobstreet pada tanggal 5 Oktober 2020. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada bagian IT specialist dengan kode (IS). Yang bertanda tangan di bawah ini:Nama : Damar KurniawanJenis Kelamin : Laki-lakiTempat dan tanggal lahir : Yogyakarta, 12 April 1988Alamat : Jalan Bentang 15 A No. 24, JakartaStatus : Belum KawinPendidikan Terakhir : S-1 Teknik KomputerUniversitas : Universitas BuanaNomor handphone : 0818 8989 2365Email : [email protected]  Saya mempunyai pengalaman bekerja sebagai seorang computer engineering selama 2 tahun. Saya juga fasih dalam mengoperasikan berbagai macam aplikasi dan software baik itu software perkantoran hingga program-program seperti Corel dan Adobe.  Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan sejumlah dokumen pelengkap, seperti:

  • Curriculum Vitae (CV)
  • Pas foto ukuran 3 x 4
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Fotokopi SKCK
  • Fotokopi surat pengalaman kerja
  • Portofolio

Saya sangat mengharapkan kesempatan wawancara dari Bapak/ Ibu Personalia agar saya bisa menjelaskan dengan lebih rinci tentang potensi dan keahlian saya. Demikian surat lamaran ini dibuat. Saya ucapkan terima kasih atas perhatian dari Bapak/ Ibu personalia sekalian. Hormat saya, (Tanda tangan)Damar Kurniawan

Contoh Surat Lamaran Kerja dengan Tulis Tangan

Tidak seperti dulu, umumnya surat lamaran kerja sekarang ini dibuat dengan cara diketik. Namun ada juga surat lamaran kerja yang masih dibuat dengan ditulis tangan. Contoh lowongan lamaran pekerjaan yang mewajibkan para pelamarnya untuk menulisnya langsung dengan tangan adalah saat ingin melamar CPNS. Biasanya surat lamaran kerja tulis tangan ini ditulis dengan tinta hitam pada kertas folio bergaris (sesuai dengan yang ditentukan). Format suratnya kurang lebih sama dengan surat lamaran kerja yang diketik. Adapun contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang dimaksud adalah seperti berikut.Surabaya, 5 Februari 2020Yth. Menteri Agama Republik IndonesiaDi JakartaDengan hormat,Yang bertanda tangan di bawah ini:Nama : Aisyah KamalaTempat/ Tgl lahir : Surabaya, 5 April 1994Alamat domisili : Kenanga Putih Rt 008/01 No 24 Surabaya, 17618Pendidikan : S-2 Sastra Arab No handphone : 081234567899Formasi yang dilamar : Dosen Sastra ArabDengan ini mengajukan permohonan untuk dapat mengikuti ujian Calon Pegawai Negeri Kementerian Agama Tahun 2020 dengan jenis ketenagaan Dosen. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan berkas kelengkapan yang telah diunggah di portal pendaftaran CPNS Tahun 2020 seperti berikut:

  1. Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 dengan latar belakang warna merah
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik asli
  3. Kartu Keluarga (KK)
  4. Akta kelahiran asli/ surat keterangan lahir
  5. Ijazah dan transkrip nilai asli
  6. Bukti perguruan tinggi dan program studi terakreditasi saat kelulusan
  7. Surat pernyataan bebas narkoba ditandatangani di atas materai 
  8. Surat pernyataan siap ditempatkan di seluruh wilayah NKRI ditandatangani di atas materai
  9. Akta kelahiran asli/ surat keterangan lahir;

Demikian permohonan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Apabila di kemudian hari ternyata data yang disampaikan tidak benar, saya bersedia menerima keputusan panitia untuk membatalkan keikutsertaan atau kelulusan saya pada seleksi CPNS tahun 2020.Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Hormat saya(Tanda tangan dan materai)(Aisyah Kamala)

Contoh Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris

Selain menggunakan bahasa Indonesia, ada kalanya Anda juga diminta untuk mengajukan surat lamaran pekerjaan bahasa Inggris terutama bila perusahaan yang Anda lamar tersebut adalah perusahaan asing atau multinasional. Berikut contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris seperti yang dimaksud.Aisyah KamalaJl. Kenanga Putih, Surabaya [email protected] 0812-3456-7899Linkedin: Aisyah Kamala WijaksonoNovember, August 05 2020Attention to: Human Resources DepartmentSumber Kencana CompanyCempaka Merah Street No. 15SurabayaDear Sir/ Madam, With a formal background in business management from Pakuan University, I am writing this letter to express my interest in your posting on LinkedIn for the Digital Marketing Staff. I believe my skills and background would make me an excellent fit for this position at your company. I am confident that the skills I have in previous positions have prepared me for this opportunity with your company. In my previous experience at the digital marketing agency, I have cultivated ability of social media campaign, advertising strategy, and SEO copywriting. In 2018, I planned a campaign and led to 300,000 increase of new Instagram followers in three weeks. By the end 0f 2020, I have enhanced overall keyword ranking of the website from 90th to 10th, by adopting new content strategies and SEO, which attracted thousands of traffic, potential clients and even new registered users. I am proficient in Google Ads, Google Analytics, Wordpress and Facebook Ads. With the experience and achievements I have, I strongly believe that I will be a great fit of this position. The document attached is my resume. Those documents are: 

  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Copy of Bachelor Degree Certificate (S1)
  3. Academic Transcript
  4. Recent Photograph (size 4 x 6)

I would love to meet you and share more about my previous experience in your time. If you have any further questions or need any additional information, feel free to contact me anytime via mobile or email. Thank you for your time and consideration.Sincerely,Aisyah KamalaDemikianlah beberapa penjelasan tentang surat lamaran kerja mulai dari pengertian, format atau struktur surat, hingga beberapa contoh surat lamaran pekerjaan baik itu yang berbahasa Indonesia maupun surat lamaran kerja bahasa inggris. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang berjuang mencari pekerjaan. 


You Might Also Like