Simak 7 Manfaat Software Procurement bagi Pabrik Makanan Ringan

Simak 7 Manfaat Software Procurement bagi Pabrik Makanan Ringan

Simak 7 Manfaat Software Procurement bagi Pabrik Makanan RinganManfaat bagi pabrik makanan ringan ini dapat membantu kesuksesan pebisnis di masa depan. Pada umumnya, atau software khusus pengadaan online adalah aplikasi yang mengatur pembelian jasa dan barang atau produk.Berbeda dengan procurement secara tradisional, dimana para pebisnis akan menjadi lebih mudah dalam mengelolah pabrik makanan ringan yang dimilikinya. Sulit untuk membuat suatu pabrik atau perusahaan agar terhindar dari kesalahan dalam pengadaan barang.Maka dari itu, proses pengadaan bahan baku yang dilakukan melalui aplikasi procurement ini menjadi jauh lebih mudah. Bahkan, ini juga menjadi solusi terbaik untuk suatu perusahaan dalam melakukan pengadaan barang yang dimilikinya.

Apa sih itu Software Procurement?

merupakan proses pembelian jasa maupun barang bagi sebuah perusahaan yang melalui antarmuka aplikasi atau website. Teknologi ini dibuat khusus dalam mengotomasi interaksi antar perusahaan, vendor ataupun konsumen hingga procurement lebih efisien.Sistem procurement online adalah suatu aplikasi digital yang pemakaiannya dimanfaatkan oleh pebisnis dalam mengatur barang dan jasa yang dijualkan pada konsumen. Tentunya aplikasi yang satu ini sangat cocok untuk dipakai oleh setiap industri, termasuk pabrik makanan ringan.Bisa dibilang kalau e-procurement adalah aplikasi finance terbaik yang bisa anda manfaatkan untuk kemajuan pabrik makanan ringan. Karena terbaik dapat melindungi pabrik makanan ringan anda dari tindakan penipuan.

Lantas, apa Manfaat Software Procurement bagi Pabrik Makanan Ringan?

Apa saja sih manfaat bagi pabrik makanan ringan? Perlu anda ketahui kalau pada saat ini sudah banyak layanan sistem procurement yang ada di Indonesia dengan harga yang lumayan mahal.Selain itu, ada juga beberapa fitur yang tidak tersedia dan lain sebagainya. Namun, software terbaik untuk pabrik makanan bisa menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat. Maka dari itu, anda harus memilih aplikasi untuk pabrik makanan ringan yang terbaik.Karena dengan anda memilih software untuk pabrik makanan ringan yang terbaik. Maka, manfaat yang bisa anda terima buat pabrik makanan ringan berupa beberapa hal berikut ini.

1. Pengadaan bisa Lebih Transparan

Pabrik yang kecil, menengah maupun besar memerlukan yang namanya sistem pengadaan efisien, efektif hingga dapat mengurangi kebocoran. Procurement yang dilakukan secara tradisional akan membutuhkan yang namanya pertemuan fisik dalam pengadaan.Hal tersebut bisa membuat suatu pabrik makanan ringan mendapatkan risiko terhadap KKN ataupun penyimpangan pada vendor hingga konsumen yang ada. Inilah yang menjadi alasan kenapa suatu perusahaan perlu menggunakan

terbaik dalam procurement.E-procurement system bisa memberikan peningkatan terhadap beberapa penyimpangan yang telah dikontrol. Setiap transaksi yang dilakukan secara langsung akan tercatat pada histori transaksi perusahaan atau pabrik pebisnis.Para pemimpin atau pemilik pabrik makanan ringan biasanya dapat mengecek tiap jumlah produk yang dimilikinya. Mereka juga dapat mengetahui harga dan hal-hal lainnya yang sedetail mungkin. Ini juga termasuk dengan catatan tawar menawar hingga dapat dimonitoring.

2. Waktu dan Tenaga Jadi jauh Lebih Hemat

Proses dari procurement yang secara tradisional akan membutuhkan beberapa waktu yang berjam-jam, bahkan bisa mencapai berhari-hari dalam pembelian produk atau barang. Selain itu, untuk mencari vendor juga akan memakan waktu yang bisa mencapai 1 hari.Proses perbandingan harga yang berasal dari vendor akan membutuhkan waktu yang kurang lebih 1 atau 2 hari lamanya. Hal ini juga belum termasuk dengan adanya proses pitching, request quotation hingga approval yang mana akan memakan banyak waktu dan juga tenaga.Jika memanfaatkan sistem e-procurement, semua proses yang ada akan teratasi dengan mudah dan cepat. Pencarian barang hingga harga dan spesifikasi serta vendor dapat dilakukan dengan mudah. Kenapa demikian? Karena hal tersebut sudah ada di internet.Proses mengenai pembelian pun juga akan sama cepatnya, seperti melakukan pembelian di toko-toko online yang ada. Persetujuan juga dapat dilakukan dengan cara yang online. Dengan begitu superior anda dapat menyetujui pembelian yang ada dari manapun lokasinya saat ini.

3. Biaya Operasional dapat Dipangkas

Salah satu manfaat

bagi pabrik makanan ringan yang dapat diperoleh pebisnis adalah pemangkasan terhadap biaya operasional.Secara umum, e-procurement bisa memangkas tambahan biaya yang dikarenakan pengadaan jasa maupun barang perusahaan. Jadi keuangan yang dimiliki oleh suatu pabrik makanan ringan atau perusahaan apapun itu bisa terjaga dan dapat dipertahankan hingga tidak terjadi kerugian.Apa maksudnya? Contohnya seperti; dengan melakukan pengadaan yang secara online, dana atau biaya yang keluar tidak akan banyak. Misalnya, penghematan terhadap biaya pengadaan meeting yang berada di luar area kantor atau perusahaan.Bukan hanya itu saja, biaya dari akomodasi, pulsa, konsumsi hingga materai maupun perangko juga akan jauh lebih hemat ketika suatu perusahaan telah memanfaatkan berbasis web atau sering disebut dengan pengadaan online.Tiap proses yang mengenai dengan pencarian barang maupun produk, pemesanan, pembelian hingga approval dan sampai pada pengiriman berlangsung dapat dilakukan dengan cara yang online.Yang jelas anda juga tidak akan mencetak maupun mengirim surat pada beberapa kantor vendor. Menarik bukan? Bayangkan saja seberapa banyaknya biaya yang tidak terbuang percuma ketika anda menggunakan yang namanya sistem atau e-procurement.

4. Tidak Memerlukan Implementasi

Selanjutnya, manfaat bagi pabrik makanan ringan yang perlu anda perhatikan adalah tidak membutuhkan yang namanya implementasi.Umumnya, dashboard yang ada di e-procurement memiliki bentuk yang seperti website atau aplikasi. Dimana anda dapat mengaksesnya langsung sistem ini tanpa adanya implementasi atau penggunaan perangkat yang secara khusus dalam pengadaan perusahaan.Hal ini lebih menunjukkan kalau anda tak perlu lagi untuk membeli suatu peralatan tambahan dan merekrut karyawan yang baru hingga memberikan pelatihan dalam berjam-jam.Sistem pembelian procurement digital atau online kelihatan sama dengan melakukan pembelian barang pada toko online. Apabila anda mempunyai tim yang sudah terbiasa dengan membeli barang di toko online, mungkin hal ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama dalam mempelajarinya.Jadi, sangat disarankan untuk anda menghilangkan setiap kegiatan atau aktivitas yang mungkin tidak perlu agar bisa menjadi lebih fokus pada tugas lainnya yang lebih penting. Misalnya anda mempelajari tentang bagaimana pembelian di procurement digital.

5. Human Error lebih Berkurang

Tiap dokumen digital atau online akan terlihat lebih rapi dan juga sederhana. Jadi, anda tak perlu mengkhawatirkan tentang penumpukan dokumen di pabrik makanan ringan anda. Bukan hanya itu saja, anda juga tak perlu takut terhadap data yang hilang.Hal tersebut karena semua dokumen yang ada sudah tersimpan di dalam server yang sangat aman. Kemudian dalam proses pengadaan, produk yang sudah dipesan dapat diberitahukan pada atasan sebelum melakukan approval.Apabila terjadi kesalahan, maka hal tersebut dapat dikoreksi langsung. Apabila pesanan terjadi pengulangan, maka anda dapat membuka histori hingga membandingkannya dengan pesanan yang terbaru dibuat sehingga dapat menghindari kesalahan.

6. Meminimalisir Tindakan Kecurangan

Proses dari procurement biasanya akan diwarnai dengan tindakan kecurangan dari para oknum yang mungkin tak bertanggung jawab, misalnya kegiatan mark-up harga. Pengontrolan juga dapat dilakukan secara menyeluruh di tiap pembelian hingga mengurangi pemborosan.Proses dari pengadaan barang yang secara manual dapat mengundang banyak tindakan penyimpangan yang berlawanan dengan ketentuan dan prinsip korupsi. Pemakaian aplikasi procurement ini memiliki tujuan agar dapat memperbaiki akuntabilitas serta transparansi procurement.Tak hanya menggantikan yang namanya procurement konvensional, melainkan memberikan output handal untuk lingkungan yang lebih kompleks. Sehingga pengendalian dan pengawasan internal untuk pengadaan barang makin terjamin.

7. Terintegrasi dengan Sistem Lainnya

Biasanya sistem pengadaan mempunyai indikator kinerja yang akan mengukur kinerja pemrosesan pesanan, jadwal pengiriman hingga keakuratan faktur. Tentunya ini akan membutuhkan integrasi sistem lainnya hingga dapat mengoptimalkan procurement yang menyeluruh.Misalnya integras sistem procurement, yakni manajemen inventaris agar bisa menerima pengontrolan secara menyeluruh pada pembelian hingga terhindar dari pengadaan produk yang relatif boros.Sistem procurement dapat diintegrasikan pada software CRM Sales hingga bisa membantu penyesuaian jumlah pembelian produk dengan permintaan konsumen yang akan mencegah terjadinya penumpukan produk.Manfaat bagi pabrik makanan ringan ini sangat besar jika kita lihat pembahasan yang ada diatas. Waktu, tenaga dan biaya akan jauh lebih hemat dengan adanya procurement digital.Dimana ini berbeda dengan procurement secara tradisional yang akan memerlukan waktu relatif lama dalam penyelesaian satu atau dua pekerjaan yang ada. Sudah terbukti kan betapa bermanfaatnya software procurement bagi pabrik makanan ringan anda. Selamat mencoba!


You Might Also Like