Testimoni: Pengertian, Manfaat, Serta Cara Mendapatkannya

testimoni_pengertian_manfaat_serta_cara_mendapatkannya

Jika Anda menjalankan aktivitas pemasaran atau marketing online maka istilah testimoni adalah istilah yang sudah tidak asing. Sebuah istilah yang merupakan bentuk kesaksian dari para konsumen di mana mereka merasa puas maupun kecewa terhadap produk yang Anda miliki. Istilah tersebut sebenarnya sudah sering digunakan namun masih banyak yang sampai sekarang belum memahaminya. Untuk itu, kami akan memberikan pembahasan secara lengkap seputar apa itu testimoni, manfaat, serta bagaimana cara mendapatkannya. Testimoni AdalahDi dalam aktivitas promosi atau pemasaran, testimoni adalah sebuah bukti atau bentuk kesaksian dari konsumen Anda. Mereka akan memberikan kesaksian terhadap produk yang mereka beli dalam hal ini produk Anda apakah puas atau malah mengecewakan. Ada juga yang mendefinisikannya sebagai bentuk pesan atau pernyataan pelanggan berkaitan dengan pengalamannya selama berinteraksi dengan penjual.Hal ini berkenaan dengan pelayanan yang mereka dapatkan serta kualitas barang maupun jasa yang mereka beli. Artinya, sebuah testimoni merupakan sebuah bentuk pesan atau pernyataan pelanggan mengenai pengalamannya ketika bertransaksi maupun membeli produk dari penjual serta pelayanan yang dia dapatkan.Jadi testimoni disini mencakup dua hal. Pertama, kualitas dari barang yang dibeli dan yang kedua merupakan kualitas pelayanan yang didapatkan pelanggan. Misalnya ada seseorang yang sudah membeli produk herbal melalui toko online. Selama berkomunikasi, bertransaksi, pembayaran, sampai dengan barang sampai di rumah semuanya berjalan lancar.Terlebih lagi pembeli atau konsumen tersebut telah merasakan manfaat dari produk herbal yang dia beli. Beberapa waktu setelahnya, konsumen mengirim pesan kepada pelanggan dan membagikan pengalamannya. Dia menceritakan bahwa dirinya merasa puas dengan kualitas serta pelayanan yang dia dapatkan.Pesan inilah yang merupakan testimoni. Sebagai penjual, Anda bisa memberikan testimoni tersebut sebagai bukti bahwa memang produk Anda berkualitas. Terkadang pembeli sendiri yang secara tidak langsung membagikan testimoninya melalui media sosial.Manfaat Adanya Testimoni untuk BisnisTidak sedikit orang yang ragu akan produk yang akan dibeli maupun jasa yang akan mereka gunakan. Hal ini karena orang tersebut belum mengetahui kualitas dan reputasi dari penjual. Terutama untuk beberapa produk yang memang mampu memberikan pengaruh terhadap kehidupan yaitu produk kecantikan, produk kesehatan, dan lain sebagainya.Sebagai seorang pebisnis maka Anda harus menyadari akan hal tersebut. Maka dari itu Anda memerlukan sebuah testimoni dari konsumen Anda. Anda bisa mencantumkannya pada halaman pertama. Ini bertujuan untuk memberikan rasa kepercayaan kepada calon konsumen Anda.Melalui penjelasan ini kita bisa menarik kesimpulan bahwa testimoni memiliki peran sangat penting di dalam proses marketing. Beberapa manfaat testimoni adalah seperti berikut.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Tidak jarang testimoni yang Anda dapatkan dari pelanggan sebelumnya mampu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pikiran serta emosi pelanggan baru. Kemudian mereka mulai percaya akan kualitas dari produk yang Anda miliki.Di sini Anda perlu memahami bahwa kepercayaan dari konsumen maupun calon konsumen merupakan kunci utama dalam mengembangkan bisnis. Ketika Anda mampu mendapatkan dan menempatkan testimoni positif, bisnis Anda berpotensi akan lebih berkembang.Reputasi Anda, produk, maupun perusahaan juga akan meningkat. Ketika Anda sudah mendapatkan semua hal tersebut maka akan semakin banyak calon pelanggan yang bisa Anda dapatkan. Sementara untuk pelanggan Anda sebelumnya akan menjadi pelanggan tetap dan tidak terpikir untuk beralih ke produk atau brand lainnya.

  1. Media Pemasaran Secara Gratis

Sebenarnya testimoni adalah cara pemasaran yang mampu memberikan hasil yang positif untuk seluruh bidang bisnis. Ketika Anda mampu menghadirkan testimoni secara benar, maka pemasaran yang Anda lakukan akan jauh lebih efektif. Selain mampu meningkatkan kepercayaan kepada konsumen, adanya testimoni juga menjadi sebuah media pemasaran secara gratis.Secara sederhana, testimoni merupakan sebuah bentuk marketing yang dilakukan dari mulut ke mulut. Seseorang sering memberikan kesaksian akan kualitas produk atau jasa yang digunakan kepada orang-orang tersebut seperti teman, orang tua, atau sahabat. Jadi, secara tidak langsung penjual merasa terbantu karena dia bisa memasarkan produknya kepada orang lain tanpa harus mengeluarkan biaya.

  1. Sebagai Bahan Iklan

Testimoni juga merupakan salah satu bahan iklan yang dapat Anda manfaatkan. Banyak usaha yang semakin berkembang dengan tingkat penjualan yang semakin tinggi karena adanya testimoni. Nanti para pembeli akan memberikan testimoninya melalui pesan teks.Ada juga yang menguploadnya ke media sosial dengan membuat testimoni melalui Story. Kemudahan bahan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan marketing. Akan terwujud sebuah image yang positif terhadap produk Anda.

  1. Untuk Bahan Evaluasi

Meskipun testimoni adalah faktor yang sangat bermanfaat untuk perkembangan usaha, nyatanya tidak semua konsumen mau memberikan testimoninya. Ada pembeli yang akan memberikan kritik kepada produk Anda baik dari segi pelayanan, kemasan, pengiriman, maupun isi dari produk tersebut.Akan tetapi justru hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai evaluasi. Anda bisa meningkatkan kualitas produk serta pelayanan. Dengan begitu, usaha yang Anda jalankan akan semakin lebih baik dan berkembang.Cara Memperoleh TestimoniBerikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk bisa memperoleh testimoni:

  1. Berkomunikasi dengan Konsumen

Cara pertama untuk bisa memperoleh testimoni adalah dengan berkomunikasi dengan konsumen. Memang produk yang Anda miliki merupakan produk terbaik. Namun hal ini juga perlu Anda iringi dengan melakukan komunikasi secara baik dengan konsumen.Mintalah testimoni dari mereka. Anda bisa mengirimkan pesan, melalui menu chat di marketplace, email, dan sebagainya. Setelah mendapatkan testimoni, Anda juga tetap harus membangun komunikasi dan interaksi secara baik dengan konsumen tersebut.

  1. Apresiasi Setiap Testimoni Pelanggan

Setiap testimoni yang Anda terima akan memberikan dampak yang besar dalam hal pemasaran. Maka dari itu, Anda harus memberikan apresiasi kepada konsumen Anda atas testimoni yang dia berikan. Bentuk penghargaan tersebut bisa dalam bentuk hadiah maupun bonus.

  1. Berikan Respons Positif untuk Testimoni Negatif

Anda pasti tahu bahwa tidak semua testimoni positif akan Anda dapatkan. Beberapa konsumen juga ada yang memberikan testimoni negatif. Namun Anda harus tetap memberikan respons yang positif kepada mereka. Jangan membuat banyak pembelaan dan sebaiknya cukup dengan meminta maaf.Hal yang sangat sederhana ini bisa menjadi cara efektif untuk mengubah perspektif serta testimoninya akan produk Anda. Bukan tidak mungkin mereka akan mengubah testimoninya menjadi positif.Itulah beberapa informasi penting seputar testimoni. Kesimpulannya, testimoni adalah bagian terpenting dalam dunia marketing dan promosi. Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk bisa mendapatkan testimoni tersebut. semoga bermanfaat.


You Might Also Like