banner iklan

5 Fungsi Rekening Koran Bagi Perusahaan yang Perlu Anda Ketahui

rekening_koran

Untuk mengamankan asset lancar perusahaan khususnya uang maka perusahaan biasanya akan menggunakan jasa bank. Dengan layanan dari bank maka perusahaan juga dimudahkan dalam bertransaksi seperti penjualan dan pembelian barang demi kebutuhan operasional atau menampung pendapatan sehari – hari. Tentu saja kegiatan ini perlu dipantau secara seksama dengan meminta rekening Koran dari pihak bank. Rekening Koran adalah informasi yang berisi aktivitas nasabah dalam periode tertentu yang dicetakan oleh pihak bank.Apa Saja Yang Ada Dalam Rekening KoranRekening Koran sebenarnya sama dengan buku tabungan. Perbedaanya jika buku tabungan untuk pihak perorangan sedangkan rekening Koran umumnya dipakai oleh pihak corporate. Selain itu rekening Koran juga bisa memuat informasi penarikan kas dalam bentuk cek dan bilyet giro. Jadi didalam rekening Koran akan terlihat jelas semua transaksi yang dilakukan oleh perusahaan dalam periode tertentu. Tercatat pula tanggal dilakukannya transaksi tersebut, nominal, saldo kas awal, saldo kas berjalan, saldo kas akhir, penarikan, biaya administrasi bank, transfer bahkan transaksi penyimpanan dana. Fungsi Rekening KoranRekening Koran ini tentu saja memiliki banyak fungsi bagi pihak perusahaan. Tak hanya untuk pihak bank saja terkadang rekening Koran juga diperlukan bagi pihak eksternal seperti bank, auditor hingga pemerintah. Berikut beberapa fungsi rekening Koran bagi pihak perusahaan yang wajib anda ketahui:

  • Rekonsiliasi Bank

Rekening Koran sangat berarti bagi bagian keuangan perusahaan. Pasalnya melalui rekening Koran ini akuntan dengan mudah untuk membuat rekonsiliasi bank. Rekonsiliasi bank ialah membandingkan catatan kas dari pihak bank dan perusahaan secara periodik. Adanya rekonsiliasi bank membantu anda untuk mendeteksi transaksi yang belum terjurnal atau pengecekan outstanding check.

  • Pengajuan Pinjaman

Ada kalanya perusahaan melakukan transaksi hutang bank demi ekspansi atau menutupi biaya yang harusnya dipenuhi. Syarat untuk mengajukan pinjaman ini ialah rekening Koran sebab melalui rekening Koran pula bank akan menilai apakah anda layak diberikan kredit atau tidak. Rekening Koran memilki riwayat transaksi sehingga ampuh untuk dijadikan dasar pertimbangan apakah perusahaan anda memiliki resiko kredit macet atau tidak dikemudian hari.

  • Keperluan Audit

Selain untuk rekonsiliasi bank, rekening Koran juga biasa digunakan oleh pihak auditor untuk menelusuri kewajaran transaksi. Apalagi perusahaan yang go public sangat memerlukan penilaian auditor atas laporan keuangan yang dibuatnya. Laporan keuangan tersebut akan dinilai wajar oleh auditor jika informasi yang disajikan telah sesuai dengan bukti yang dilampirkan salah satunya melalui rekening Koran.

  • Kebutuhan Lelang

Rekening Koran juga biasa dipakai untuk mengikuti lelang baik itu lelang proyek maupun berupa asset. Adanya rekening Koran membuktikan bahwa pihak yang mengikuti lelang tersebut memang benar – benar memiliki dana pada akun rekeningnya.

  • Bukti Hukum

Adanya rekening Koran juga bisa dijadikan pembuktian hukum yang sah sehingga melindungi anda atas kecurangan maupun penipuan yang mungkin terjadi di masa depan. Misalnya saja dalam hal pembayaran transfer ataupun belanja online. Apabila dikemudian hari timbul komplain terkait belanja online atau transfer maka anda bisa menggunakan rekening Koran sebagai bukti yang membantu anda di pengadilan.Cara Mendapatkan Rekening KoranUntuk mendapatkan rekening Koran sebenarnya sangatlah mudah. Beberapa syarat untuk mencetak rekening Koran ini ialah anda haruslah menjadi pihak yang ditunjuk untuk mengakses akun tabungan milik perusahaan. Biasanya diawal pembukaan rekening bank akan ada penunjukkan pihak – pihak mana saja dari perusahaan yang boleh mengakses rekening bank. Pihak – pihak ini bisa saja bagian keuangan dan pemilik perusahaan. Untuk itu anda akan dimintai tanda pengenal seperti KTP.Dibutuhkan pula buku tabungan dan kartu ATM atau kartu debit. Dalam mencetak rekening Koran ini ada biaya yang timbul dan dibebankan ke nasabah. Nominalnya beragam. Biasanya setiap pertiga bulan pihak bank akan mengirimi anda rekening Koran melalui jasa pos sehingga pastikan alamat yang anda berikan ke pihak bank sudah sesuai. Mudah bukan untuk mendapatkan rekening Koran ini.Sekian informasi mengenai rekening koran. Untuk membantu Anda mengelola bisnis, Anda dapat menggunakan sistem yang terintegrasi seperti Ukirama ERP. Informasi lebih lanjut mengenai Ukirama ERP dapat dilihat di sini .


You Might Also Like