7 Cara mengelola Anggaran Online Perusahaan Anda

7_cara_mengelola_anggaran_online_perusahaan_anda_1000

Sudah mulai usaha, sudah ada pemasukan dan pengeluaran perusahaan, agar perusahaan maju tentunya dibutuhkan tata cara penganggaran perusahaan dengan baik, Namun terkadang masih bingung dengan cara pengelolaan anggaran yang cepat dan tepat apalagi anggaran yang sifatnya online. Perusahaan yang baik tentunya membutuhkan sistem anggaran yang relevan, up to date dan pastinya bisa diakses secara online. Hal ini disebabkan perkembangan Teknologi yang semakin pesat dan memungkinkan semua aspek kehidupan termasuk Pengelolaan Anggaran pada perusahaan dapat dilakukan secara online. Salah satu aplikasi terpercaya dalam pengelolaan anggaran online perusahaan Anda adalah Ukirama .Banyak faktor yang mempengaruhi cara mengelola anggaran, salah satunya  sumber daya yang ada di perusahaan, bukan hanya sumber daya manusia saja namun juga sumber-sumber yang lain yang mempengaruhi mobilitas perusahaan. Ada beberapa anggaran yang masuk ataupun  keluar dari perusahaan Anda salah satunya adalah Anggaran Online.  Bagaimana cara mengelolanya dan apa saja hal-hal yang harus dilakukan , Berikut 7 Cara Mengelola Anggaran Online Perusahaan Anda:

  1. Lakukan Dokumentasi Keuangan 

Hal yang perlu ditekankan dalam penganggaran Online adalah pendokumentasian yang dilakukan secara online, hal ini mengurangi resiko kehilangan data sehingga anggaran yang dibuat dapat berjalan sesuai apa yang telah ditentukan. Setidaknya Anda harus memiliki Dokumen Kas Masuk dan Kas Keluar, dokumen ini berfungsi sebagai arsip dan juga dasar pengelolaan anggaran online perusahaan Anda kedepannya nanti.

  1. Perencanaan Penggunaan Anggaran

Selain pendokumentasian hal lain yang perlu persiapkan dalam pengelolaan anggaran online Anda adalah strategi perencanaan penggunaan anggaran online pada perusahaan Anda. Perusahaan yang besar dan berkembang adalah salah satu perusahaan yang mempunyai perencanaan anggaran keuangan yang baik, bukan hanya anggaran secara fisik namun juga anggaran lain misalnya anggaran online. Lakukan perencanaan dengan matang hal-hal apa saja yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan Anda dan anggarkan hal-hal yang tidak terlalu berdampak signifikan dalam perkembangan perusahaan Anda. Sebagai contoh di dalam suatu ruangan sudah mempunyai AC yang cukup untuk mendinginkan satu ruangan tersebut, namun karena pengeluaran relatif kecil yang  telah dianggarkan Anda anggarkan untuk pengadaan AC ruangan tersebut, hal itu hanya akan menambah daya konsumsi pada perusahaan Anda dan kurang berdampak signifikan dalam perkembangan perusahaan Anda. Rencanakan anggaran dengan baik dan tepat.

  1. Monitoring Anggaran Online Anda setiap hari

Memonitoring anggaran online Anda sangatlah perlu dilakukan, hal ini ditujukan untuk mengetahui anggaran apa saja yang telah dikeluarkan ataupun anggaran apa saja yang telah masuk. Monitoring bisa digunakan juga sebagai statistik berjalannya sistem keuangan di perusahaan Anda, apakah perusahaan Anda bisa berjalan sesuai yang diharapkan ataupun  sebaliknya, jika hal yang tidak diharapkan terjadi tentunya Anda dapat merubah perencanaan penggunaan Anggaran yang Anda susun dengan cepat. 

  1. Persiapkan Anggaran atau Dana Darurat Perusahaan

Hal-hal yang berkaitan dengan keuangan perusahaan tentunya  sudah dipersiapkan dengan matang, namun seringkali ada beberapa kebutuhan mendadak perusahaan, maka dari itu, dana darurat perlu dipersiapkan dan dianggarkan dalam Anggaran online perusahaan Anda. Tentunya dana ini digunakan untuk antisipasi pembengkakan anggaran yang telah direncanakan sebelumnya.Rencanakan beberapa persen dana tersebut sesuai kebutuhan dan spekulasi hal-hal yang mungkin terjadi pada perusahaan Anda. 

  1. Hindari Peminjaman Uang Ke Karyawan

Banyak faktor yang membuat keuangan kantor kurang sehat atau bahkan terjadinya krisis pada perusahaan, salah satu faktor penyebabnya adalah dana yang dipinjam karyawan dengan alasan dan pengembalian yang kurang pasti, bukan hanya mempengaruhi mobilitas keuangan perusahaan namun hal semacam ini dapat menghambat laju keuangan di perusahaan Anda, selain itu pinjaman ke karyawan juga memungkinkan adanya korupsi, jika anggaran masih dilakukan dengan cara manual maka hal-hal tersebut bisa saja terjadi karena sistem penganggaran semacam itu bisa dimanipulasi secara menyeluruh, dan untuk mengantisipasi hal ini anggaran perusahaan Anda dapat dilakukan secara online yang  akan mempermudah semua hal yang berkaitan tentang peminjaman, dana masuk, dana keluar dan tentunya dana piutang. Manajemen semacam ini perlu disikapi secara bijaksana dan disiplin karena memungkinkan terjadinya permasalahan yang akan berdampak pada perusahaan itu sendiri. Dengan pengelolaan anggaran secara online Anda dapat meminimalisir hal tersebut terjadi, karena sistem online tidak dapat dimanipulasi secara langsung. 

  1. Alokasikan Penggajian Karyawan melalui Anggaran Online

Semua hal yang berkaitan tentang alokasi harus dilakukan secara detail dan menyeluruh, rincian serta perencanaan nya harus dilakukan dengan sistematis, salah satu diantaranya adalah sistem penggajian karyawan pada perusahaan Anda. Anggaran yang dialokasikan untuk gaji karyawan tentunya harus didasarkan pada UMR setempat, Selain itu Anda harus menyusun alokasi gaji untuk lembur dan bagaimana sistem penggajian untuk karyawan yang kerja pada saat weekend. 

  1. Evaluasi Anggaran Online Perusahaan Anda

Evaluasi adalah kegiatan yang dilakukan berkenaan dengan proses untuk menentukan nilai dari suatu hal. Anggaran pun juga membutuhkan suatu evaluasi agar kedepannya semakin maksimal, dan perusahaan yang baik sangat belajar dari proses yang mereka jalankan, namun terlepas dari proses, orientasi pada hasil akhir juga harus diperhatikan, begitu halnya dengan anggaran yang bisa dijadikan orientasi dan pembelajaran guna dalam penyusunan anggaran kedepannya lebih baik lagi. Sekarang hal itu sangatlah mudah karena semua hal memungkinkan diakses dan dikelola secara online termasuk evaluasi, salah satu aplikasi berbasis web online yang dapat Anda temukan adalah Ukirama. Aplikasi Ukirama memungkinkan Anda mengelola segala bentuk kegiatan financial perusahaan Anda. Evaluasi anggaran juga sangat dibutuhkan jika perusahaan sedang fluktuatif dalam jangka waktu yang cepat maka hal pertama yang harus dilakukan adalah evaluasi serta dilakukan audit dalam anggaran pengeluaran dan pemasukan dalam perusahaan Anda jadi hal itu mempercepat tindakan apa yang harus segera Anda lakukan untuk perusahaan Anda.

Jadi pastikan Cara Mengelola keuangan Anda dapat berjalan dengan lancar, dan dapat dipantau setiap hari, menit bahkan detik. Selain ke 7 Pengelolaan Anggaran Online diatas hal lain yang mempengaruhi adalah manajemen perusahaan Anda. Karena dalam satu perusahaan bukan hanya satu aspek yang menjadikannya good governance tetapi banyak aspek yang lain yang mempengaruhi. Namun demikian jika pengelolaan anggaran berjalan dengan baik semua aspek dalam perusahaan pun akan berjalan dengan baik.


You Might Also Like