Anda Ingin Memilih Software Akuntansi Terbaik Untuk Bisnis? Perhatikan 5 Hal Penting Ini!

Gambar Blog Ukirama Anda Ingin Memilih Software Akuntansi Terbaik Untuk Bisnis? Perhatikan 5 Hal Penting Ini!

Software akuntansi telah menjadi bagian integral dari proses menjalankan bisnis. Seiring dengan tuntutan dan kemajuan teknologi informasi, setiap pelaku bisnis sangat disarankan untuk dapat memanfaatkan aplikasi penunjang yang dapat diandalkan. Dunia sistem informasi yang terus berkembang telah menciptakan berbagai inovasi khususnya di bidang aplikasi akuntansi. Software akuntansi merupakan salah satu jawaban yang paling disukai dan mudah digunakan untuk mengelola data keuangan sebuah bisnis. Aplikasi akuntansi juga menyediakan integrasi sistem dan pengolahan data dengan fitur-fitur yang intuitif. Pelaku bisnis dituntut untuk dapat beradaptasi dan mengimplementasikan kemajuan teknologi informasi. Manajemen keuangan dan pencatatan atau pembukuan merupakan aspek yang perlu untuk ditinjau dengan seksama. Berbagai aspek yang berkaitan dengan akuntansi seperti administrasi, keuangan, dan aktivitas bisnis memerlukan pencatatan yang efektif dan efisien. Setiap proses identifikasi, akumulasi, pengukuran, observasi, analisa, penyiapan data, interpretasi, dan komunikasi keungan perlu dikelola sebaik mungkin agar proses bisnis berjalan dengan lancar. Software manajemen merupakan suatu bentuk inovasi yang ditujukan untuk membantu kebutuhan para akuntan atau pelaku bisnis untuk mengelola data keuangan secara efisien dan teratur. Software akuntansi dikembangkan oleh berbagai developer dengan berbagai bentuk juga. Anda dapat memilih software akuntansi berbasis web untuk mendapatkan tampilan dan fitur yang lengkap. Hal ini juga didukung karena website dapat diakses dengan mudah melalui berbagai platform atau gadget. Aplikasi akuntansi online lebih disukai dikarenakan fitur yang dapat menyajikan data secara real time. Kemudahan akses juga menjadi alasan utama mengapa banyak pelaku bisnis menggunakan software akuntansi berbasis web. Berbagai divisi di perusahaan Anda yang memiliki akses dapat dengan mudah untuk menyajikan, mempelajari, dan menginterpretasikan data keuangan perusahaan. Saat ini, ada berbagai software akuntansi yang beredar di pasaran. Beberapa vendor software akuntansi menawarkan produk mereka dengan berbagai fitur unggulan. Mereka menyajikan solusi software akuntansi dengan variasi harga yang berbeda bergantung pada aspek keamanan, kelengkapan, dan kemudahan penggunaan.Apakah Anda seorang pebisnis yang sedang mencari software terbaik untuk bisnis yang Anda jalankan saat ini? Apakah Anda masih kebingungan untuk memilih aplikasi akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas bisnis Anda? Jangan khawatir! Perhatikan 5 hal penting ini sebelum Anda memilih software akuntansi!

Pastikan Tingkat Keamanan Data pada Software Akuntansi

Software akuntansi dan softaware manajemen online lebih banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Sebagai contoh, software akuntansi berbasis cloud dapat memungkinkan kita untuk mengakses dan memantau data keungan kapanpun dan dimanapun selagi masih terhubung dengan internet. Data-data keuangan yang sifatnya rahasia (confidential) seperti neraca keuangan, cash flow, laporan laba rugi, pembelian, dan penjualan harus dapat diproteksi oleh software akuntansi yang Anda pilih. Oleh karena itu, keamanan data merupakan aspek penting utama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli aplikasi akuntansi.Pastikan dan tanyakan kepada pihak developer atau vendor software akuntansi apakah aplikasi yang mereka jual sudah terjamin tingkat keamanan datanya. Jangan biarkan ada celah untuk adanya kemungkinan pembobolan data keuangan perusahaan Anda baik secara online ataupun offline.Beberapa vendor menyediakan fitur upgrade software akuntansi secara berkala sehingga aspek keamanan data terus diperbaharui. Developer aplikasi akuntansi biasany memiliki tim ahli yang dapat menjamin tingkat keamanan saat perusahaan Anda menyimpan dan mengelola data keuangan. Perlindungan dari developer biasanya akan diberikan secara berkala sesuai dengan kebijakan masing-masing. Software enterprises resource planning (ERP) merupakan salah satu bentuk aplikasi akuntasi yang terintegrasi dengan berbagai fitur yang berguna. Anda dapat memilih berbagai jenis software ERP yang memiliki tingkat keamanan yang dapat diandalkan. Pastika Anda melakukan konsultasi dengan vendor atau developer software akuntantsi mengenai tingkat perlindungan data sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pembelian software akuntansi tersebut.Lebih lanjut, pastikan vendor software akuntansi yang Anda pilih telah bersertifikat ISO/IEC 27001 yang merupakan standar internasional untuk mengelola keamanan informasi. Standar awalnya diterbitkan bersama oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi dan Komisi Elektroteknik Internasional. Hal ini akan menjamin seluruh data keuangan perusahaan Anda akan tersimpan dengan aman di dalam sistem informasi software akuntansinya.

Cocokan dengan Kapasitas dan Kebutuhan Perusahaan Anda

Setelah Anda telah mendapatkan jaminan keamanan data dari developer atau vendor software akuntansi, maka Anda harus sesuaikan dengan kapasitas dan kebutuhan bisnis Anda. Penggunaan aplikasi akuntansi akan sangat berbeda berdasarkan dari fokus aktivitas bisnis Anda. Fitur atau modul yang disediakan oleh software akuntansi harus Anda sesuaikan dengan kapasitas bisnis Anda. Kapasitas penyimpanan yang besar pasti diperlukan oleh perusahaan yang memiliki aktivitas keuangan yang besar pula. Dukungan migrasi data user juga sangat penting ketika akan mengupgrade atau menambah fitur dari software akuntansi.Sebagai contoh, jika Anda adalah seorang pelaku usaha yang bergerak di bidang manufaktur atau perdagangan yang memiliki katalog jenis dan jumlah stok yang besar maka Anda perlu untuk memilih aplikasi akuntansi yang dapat mengelola stok barang dalam jumlah yang besar pula. Kapasitas aplikasi harus dapat mengakomodasi kebutuhan pengolahan data yang besar agar seluruh aktivitas bisnis Anda berjalan dengan baik. Di sisi lain, Anda tidak perlu memilih software akuntansi dengan kapasitas penyimpanan dan pengelolaan data yang besar jika bisnis Anda hanya bergerak pada skala yang kecil dan menengah. Anda juga dapat memilih software pajak untuk mengelola data keuangan yang terkait pembayaran pajak.Anda harus memperhatikan budget yang Anda miliki sebelum memilih aplikasi akuntansi yang tepat. Tentunya, aspek keamanan data dan kesesuaikan kapasitas juga menjadi pertimbangan. Jangan biarkan Anda membayar software akuntansi yang mahal dan kaya fitur untuk bisnis Anda yang sebenarnya tidak memerlukan kapasitas sebesar itu. Efektifkan pengeluaran anggaran dalam pembelian software akuntansi namun tetap memperhatikan fitur yang Anda perlukan untuk mengelola data keuangan Anda. Beberapa vendor atau developer aplikasi akuntansi menyediakan berbagai paket berlangganan dan biaya yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Pastikan Anda memilih aplikasi yang sesuai dengan besaran budget perusahaan Anda. Anda juga harus memerhatikan biaya update software dan fitur tambahan jika dibutuhkan pada suatu saat nanti.

Kemudahan Akses dan Fitur Back-up Data yang Dapat Diandalkan

Kemudahan akses dan fitur yang mudah digunakan oleh pengguna (user-friendly interface) menjadi pertimbangan yang tidak kalah pentingnya. Sistem pengoperasian yang mudah dengan tampilan antarmuka yang imersif dapat memperlancar segala kegiatan pembukuan keungan bisnis Anda.Pilihlah software akuntansi dengan tampilan yang sederhana dan mudah dipahami dengan fitur yang lengkap. Setiap personel di perusahaan Anda akan mudah untuk mengakses dan menggunakan aplikasi akuntasi. Fitur back-up data juga sangat penting terutama untuk software akuntansi berbasis cloud atau berbasis web. Pilihlah software akuntasi yang menyediakan fitur impor dan ekspor data ke aplikasi offline terpercaya seperti Microsoft Excel. Hal ini berguna untuk memastikan keamanan data keungan perusahaan Anda ketika terjadi isu atau masalah dalam penggunaan software akuntantasi. Intinya, jangan biarkan software akuntansi yang sudah Anda pilih tidak memiliki fitur back-up data. Hal ini sangat berbahaya ketika terjadi masalah yang memungkinkan terjadinya kehilangan data keuangan yang penting di perusahaan Anda.

Pastikan Vendor atau Developer Menyediakan Layanan Dukungan Pelanggan

Layanan dukungan pelanggan mungkin sering dikesampingkan dalam pemilihan software akuntansi. Namun, layanan ini sangat penting untuk meminimalisir adanya gangguan atau keluhan selama penggunaan aplikasi akuntansi. Penggunaan software akuntansi dalam jangka panjang sangat mungkin menimbulkan isu atau masalah dalam hal operasional atau keamanan. Layanan dukungan pelanggan yang responsif merupakan salah satu solusi terampuh untuk dapat mengatasi masalah tersebut. Layanan ini memberikan rasa aman dan nyaman dalam periode penggunaan aplikasi akuntansi. Oleh karena itu, jangan anggap layanan ini tidak penting sebagai pertimbangan Anda dalam memilih software akuntansi yang tepat.


You Might Also Like