banner iklan

Apa itu produktivitas & Strategi Tingkatkan Produktivitas Kerja yang berhasil

apa_itu_produktivitas_strategi_tingkatkan_produktivitas_kerja_yang_berhasil

Orang yang paling produktif saat ini bukanlah orang yang hanya asal bekerja keras namun mereka bekerja cerdas. Ini adalah tentang seberapa banyak pekerjaan yang dapat dilakukan bukan berapa lama mereka bekerja. Dengan kata lain, jika Anda ingin memaksimalkan waktu dan menjadi lebih produktif, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang produktivitas. Apa itu produktivitas? Bagaimana cara menjadi lebih produktif? semuanya akan kami uraikan pada pembahasan di bawah ini

Pengertian produktivitas

Pada dasarnya, istilah produktivitas (bahasa Inggris: productivity) merupakan gabungan dari dua kata yaitu produk dan aktivitas. Yang kemudian produktivitas dapat diartikan sebagai suatu bentuk aktivitas yang dilakukan untuk menghasilkan suatu produk barang maupun jasa. Sementara pengertian produktivitas secara umum adalah mengacu pada hubungan hubungan antara kuantitas yang dihasilkan (output) dan kuantitas sumber daya yang digunakan dalam proses produksi (input). Dalam perusahaan, produktivitas adalah sumber utama pertumbuhan ekonomi bisnis dan mendorong daya saing. Selain itu juga merupakan ukuran efisiensi proses produksi suatu perusahaan. Yakni sebuah ukuran jumlah unit yang diproduksi relatif terhadap jam kerja karyawan atau ukuran penjualan bersih perusahaan relatif terhadap jam kerja karyawan. Dengan demikian, menjadi produktif adalah tentang mempertahankan kecepatan rata-rata yang stabil pada beberapa hal, bukan hanya asal bekerja dengan kecepatan maksimum dalam segala hal.

Manfaat meningkatkan produktivitas

Manfaat utama meningkatkan produktivitas jelas akan mendapatkan hasil yang lebih banyak dan lebih baik. Tak hanya itu, produktivitas tinggi juga mampu mendatangkan berbagai manfaat tambahan lainnya. Seperti halnya peningkatan inovasi. Yakni ketika laju perubahan telah meningkat secara substansial di abad ke-21 ini. Adanya teknologi-teknologi modern nan canggih telah membantu meningkatkan produktivitas. Begitupun sebaliknya, peningkatan produktivitas mampu menghasilkan lebih banyak inovasi dan teknologi baru. 

Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas

Produktivitas sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor ini sangat saling terkait sehingga sulit untuk mengidentifikasi pengaruh salah satu faktor terhadap produktivitas. Faktor-faktor ini secara garis besar dapat dibagi sebagai berikut:

Faktor manusia

Faktor yang pertama dan paling utama penentu produktivitas adalah sifat manusia dan perilaku manusia itu sendiri. Karena produktivitas suatu organisasi tergantung pada kompetensi dan kualitas orang-orangnya, baik pekerja maupun manajer. Kualitas SDM ini juga dipengaruhi oleh pendidikan, pelatihan, pengalaman, bakat, dll. Selain kemampuan kerja, kesediaan untuk bekerja adalah unsur penting dari faktor manusia yang akan menentukan produktivitas. Hal ini berhubungan dengan motivasi dan semangat kerja seseorang yang dapat dipicu oleh skema insentif upah, kondisi kerja (jam kerja, sanitasi, fasilitas transport, kantin, dll), sistem komunikasi, hubungan manajemen serikat pekerja, kualitas kepemimpinan, dan hal lain yang dapat mempengaruhi motivasi dan kemauan karyawan untuk bekerja. 

Faktor teknis

Faktor teknis juga berpengaruh signifikan terhadap tingkat produktivitas. Adapun banyak hal yang perlu diperhatikan dalam faktor teknis ini. Termasuk beberapa diantaranya yaitu penentuan lokasi dan tata letak pabrik/ perusahaan, ukuran dan kapasitas pabrik, pasokan bahan baku yang tepat waktu, mesin dan peralatan yang digunakan dan juga penerapan sistem komputerisasi. Tingkat produktivitas suatu perusahaan tentu akan semakin tinggi dan baik jika mampu menyediakan sarana dan prasarana teknis yang memadai serta menggunakan teknologi terbaru dengan cara yang tepat.

Faktor manajerial

Meskipun sudah berbekal teknologi terbaru dan SDM yang handal, ternyata seringkali produktivitas sebuah organisasi/ perusahaan tetap rendah. Apa penyebabnya? Ya, hal ini salah satunya disebabkan karena manajemen yang tidak efisien dan acuh tak acuh. Maka dari itu manajemen perusahaan harus mampu memaksimalkan pemanfaatan seluruh sumber daya secara optimal. Contohnya dengan menciptakan lingkungan kerja yang baik dan memotivasi para karyawan. Meski terlihat sepele, nyatanya hal tersebut juga mampu meningkatkan kegiatan produktivitas perusahaan. 

Faktor finansial

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa seluruh perkembangan suatu bisnis akan bisa berjalan dengan baik jika memiliki kondisi finansial atau keuangan yang baik. Dengan keuangan yang baik, setidaknya bisnis memiliki modal yang lebih unggul untuk meningkatkan produktivitas. Seperti dengan penyediaan sistem transportasi dan komunikasi bagi para karyawan, percepatan penyediaan bahan baku, mesin-mesin produksi yang lebih canggih, dll. Untuk itu, pengelolaan keuangan, hasil produksi, serta modal kerja harus dilakukan dengan penuh perhitungan.

Faktor pemerintah

Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya dari faktor yang mempengaruhi produktivitas adalah faktor pemerintahan. Berbagai peraturan, program dan kebijakan yang diterbitkan oleh pemerintah seperti dengan adanya peraturan ketenagakerjaan, kebijakan fiskal (suku bunga, pajak), kebijakan tarif yang mempengaruhi persaingan, dan lain sebagainya.

Tips dan cara meningkatkan produktivitas 

Sangat penting untuk mencapai tingkat produktivitas yang tinggi karena ini adalah fondasi pertumbuhan bisnis di masa depan. Untungnya, ada banyak cara untuk meningkatkan produktivitas yang Anda adopsi. Beberapa cara meningkatkan produktivitas tersebut antara lain yaitu:

Melakukan audit, penelitian dan pengembangan

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan melakukan audit atau meneliti semua aspek yang ada di dalam organisasi/ perusahaan. Seperti misalnya bagaimana tata letak pabrik, sistem penanganan material, desain proses dan standarisasi, kondisi kerja, dll. Hasil dari penelitian ini akan mengarah pada penemuan solusi yang lebih produktif, baik itu pada peningkatan mesin produksi, peralatan yang ada, lingkungan kerja, dll.

Menerapkan skema insentif

Anda juga bisa menerapkan skema insentif upah. Insentif upah ini merupakan salah satu cara untuk memotivasi karyawan dengan membayar bonus ekstra ketika keuntungan melambung tinggi. Selain pembagian keuntungan atau bonus, langkah-langkah kesejahteraan tenaga kerja dan kondisi kerja yang baik juga membantu dalam tujuan ini. Semua skema tersebut cukup efektif untuk menumbuhkan rasa memiliki dan hubungan manusia yang lebih dekat. Akibatnya, terjadi pengurangan waktu menganggur yang disebabkan oleh ketidakhadiran, perputaran tenaga kerja, dan perselisihan.

Membuka akses pekerja dalam manajemen

Membuka akses pekerja untuk masuk ke dalam manajemen dianggap sebagai alat yang efektif untuk meningkatkan produktivitas. Ini membantu dalam mengembangkan rasa saling pengertian dan kerjasama antara manajemen dan tenaga kerja. Konsultasi bersama, skema saran, komunikasi dua arah, prosedur pengaduan adalah beberapa bentuk partisipasi pekerja dalam manajemen.

Mengadopsi teknologi terkini

Penggunaan teknologi terkini yang mendukung komputerisasi, mekanisasi dan otomatisasi merupakan terobosan besar untuk meningkatkan produktivitas. Banyak perusahaan yang rela berinvestasi besar pada sarana prasarana dengan teknologi canggih demi meningkatkan kecepatan dan akurasi pekerjaan.

Menjadi lebih terorganisir

Sebuah penelitian ilmiah telah menemukan bahwa memiliki ruang kerja yang tertata dengan baik dapat meningkatkan produktivitas dan memungkinkan bekerja lebih efisien. Disisi lain bekerja di area yang berantakan akan membatasi kemampuan otak untuk berkonsentrasi atau memproses informasi. Konsekuensi lain dari ini adalah bahwa hal itu akan menyebabkan kelelahan dan stres. Itulah mengapa Anda harus berusaha untuk mengorganisir, menata, dan menjaga kebersihan lingkungan kerja jika Anda ingin produktivitas meningkat, juga kesehatan mental yang lebih terjaga.Itulah beberapa poin pembahasan mengenai produktivitas. Semoga bermanfaat dalam menambah khasanah ilmu manajemen bisnis bagi para pembaca sekalian. Tidak lupa kami menyampaikan, Anda juga dapat mengoptimalkan operasional bisnis Anda dengan manajemen yang tepat dengan menggunakan Ukirama ERP . Karena dengan yang tepat dan cepat maka produktivitas pun meningkat.


You Might Also Like