Apa Itu Software Stok Barang dan Cara Memilihnya untuk Bisnis

Sindhu Partomo
Ilustrasi Manajemen Stok

Daftar Isi


Bagi kamu yang masih merasa kesulitan untuk mengatur manajemen stok secara manual, sekarang kamu udah nggak perlu lagi pusing. Karena, sudah ada aplikasi stok barang yang bisa memudahkan pekerjaan kamu, khususnya buat kamu yang ingin mengelola inventaris secara akurat dan real-time.

Penerapan aplikasi persediaan adalah salah satu cara untuk memberikan kemudahan dalam memenuhi pesanan pelanggan sampai mengontrol stok barang secara efisien sehingga meningkatkan produktivitas bisnis dalam mengelola stok.

Yuk, kita ketahui lebih lengkapnya software stok barang. Tapi Sebelum itu kamu harus tahu dulu, penjelasan apa itu manajemen stok barang.

Apa Itu Manajemen Stok Barang?

Sebelum kita bahas mengenai software stok barang, kamu harus memahami pengertian dari manajemen persediaan barang.

Jadi, manajemen stok barang adalah sebuah kegiatan dalam pengendalian persediaan barang untuk memenuhi permintaan konsumen yang melibatkan proses pemesanan, penyimpanan, pelacakan, hingga kontrol stok barang.

Tujuan dari melakukan manajemen stok tentunya dapat membantu pebisnis untuk tahu waktu pemesanan ulang barang serta memaksimalkan ketersediaan barang agar bisa dijual setiap saat.

Maka dari itu, supaya lebih mudah dalam mengatur dan mengontrol persediaan barang, hadir software stok barang.

Cara Memilih Aplikasi Persediaan Barang

Aplikasi stok barang tentunya sudah dilengkapi dengan fitur yang dapat membantu kamu dalam mempermudah pengelolaan stok barang. Apalagi jika kamu masih mencari tahu bagaimana cara mengelola stok barang pada bisnis ritel di toko online maupun offline

Adapun berikut ini, fitur yang wajib kamu perhatikan sebelum menggunakan software stok.

1. Mengelola Stok Barang

Kemudahan dalam mengelola stok barang sudah pasti menjadi fitur utama dari aplikasi inventory. Adanya sistem yang membantu tingkat pengelolaan stok secara efisien tanpa harus dilakukan manual.

Dengan mengumpulkan informasi terkait jumlah persediaan barang yang dijual dalam periode tertentu membuat kamu meminimalisir kelebihan restock barang.

2. Software Stok Barang Berbasis Cloud Secara Real-time

Software Stok Barang Berbasis Cloud Secara Real-time

Ketika kamu memutuskan untuk menggunakan software inventory maka yang harus kamu perhatikan adalah software tersebut sudah berbasis cloud. Tujuannya agar kamu bisa melacak dan mengelola operasional bisnis secara real-time sehingga bisa meningkatkan efisiensi manajemen persediaan barang.

Selain itu, software inventaris juga dapat diakses kapan pun dan dimana saja. Jadi, memudahkan kamu untuk berkoordinasi dengan karyawan saat pengelolaan stok barang.

3. Tersedianya Fitur Stok Cadangan

Buat kamu yang punya toko online dan sering mengikuti event besar di marketplace, misalnya tanggal kembar atau harbolnas. Tandanya kamu perlu memperhatikan fitur ini sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi stok barang, yaitu stok cadangan atau stock reserved.

Fitur stok cadangan berguna untuk memudahkan kamu dalam pengelolaan stok barang, khususnya ketika mengadakan promosi sehingga tidak terjadi penjualan yang melebihi kuota barang promosi.

Apalagi biasanya sebelum kegiatan promosi dilakukan, kamu sudah menentukan juga kuota barang yang akan dijual. Maka dari itu, untuk meminimalisir terjadinya kehabisan stok barang, kamu dapat menggunakan fitur stok cadangan.

Sebab, fitur ini membantu kamu mengamankan persediaan barang di saat pasokan sedang turun atau terjadi kelangkaan barang. Kegiatan menyetok barang cadangan dapat kamu lakukan melalui software stok barang.

Dimana, kamu dapat mengunci stok di marketplace sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan sehingga tidak terjadi kerugian yang diakibatkan overselling. Bukan cuma itu aja, stok cadangan berguna membatasi penjualan produk yang langka dan kamu bisa mengaturnya di marketplace juga.

4. Fitur Aplikasi Stok Barang Stok Menipis

Waktu terjadinya kehabisan stok barang menjadi indikasi, kalau ternyata selama ini pengelolaan persediaan barang kamu tuh kurang tepat. Jadinya bisa menyebabkan kegiatan operasional bisnis menjadi berantakan, dikarenakan ada satu atau lebih barang yang ternyata stoknya menipis.

Ketika kamu memutuskan penerapan sistem manajemen inventory, maka hal yang perlu kamu perhatikan salah satunya adalah pengaturan stok barang yang menipis. Untuk menerapkan batas stok menipis tersebut sangat mudah apalagi kalau kamu punya banyak barang best seller.

Tujuannya agar memudahkan kamu dalam melihat apakah produk tersebut harus dilakukan restock dalam waktu dekat atau nggak.

5. Adanya Fitur Toko Prioritas

Membuka toko di setiap marketplace menjadi salah satu solusi bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan mereka. Tetapi terkadang membuat perhatian dan fokus kamu terbagi-bagi, karena mesti mengatur masing-masing channel penjualan.

Misalnya, kamu berfokus untuk mempromosikan toko sehingga mengadakan promo harga coret atau mengikuti event marketplace. Namun, tanpa disadari kamu kurang memperhatikan proses yang terjadi di belakang layar, seperti proses manajemen stok barang hingga pemroses pesanan.

Jika kamu hanya berfokus untuk tingkatkan bisnis tanpa dibarengi manajemen stok yang baik, maka akan berpotensi kehilangan pelanggan bahkan penjualan. Hal tersebut bisa terjadi, dikarenakan jumlah pesanan yang masuk banyak tetapi kecepatan dalam proses pesanan lambat.

Maka dari itu, kamu memerlukan fitur toko prioritas supaya bisa memfokuskan penjualan dan pesanan dari satu toko ketika stok barang mulai menipis sehingga tidak terjadi overselling produk.

Sebagai gambaran, toko kamu memiliki penjualan terbesar ada di Shopee. Kemudian, ketika stok barang yang kamu jual di masing-masing marketplace sudah melewati batas yang ditentukan, maka stok barang hanya muncul di Shopee saja.

Dengan begitu, kamu cukup memproses pesanan yang datang dari Shopee, sedangkan di marketplace lain tidak perlu. Adanya fitur ini, tentunya kamu tidak kehilangan potensi penjualan, sebab pesanan yang masuk hanya dari channel yang penjualannya paling besar.

Untuk mendapatkan toko prioritas, kamu bisa menggunakan software stok barang yang menyediakan fitur tersebut

6. Lakukan Analisis dan Membuat Laporan

Terakhir, aplikasi stok barang tersedia berbagai macam informasi yang berkaitan dengan persediaan barang. Maka fitur satu ini tidak boleh ketinggalan, yaitu fitur analisis dan laporan yang akurat bisa didapatkan secara otomatis.

Oleh sebab itu, laporan ini sangatlah penting untuk operasional sekaligus membantu dalam pembuatan keputusan bisnis jangka panjang.

Rekomendasi Software Stok Barang Terbaik

Tidak hanya itu saja, ada juga aplikasi stok barang yang sudah terhubung dengan sistem omnichannel sehingga bagi kamu yang berjualan online di marketplace bisa secara mudah menyesuaikan stok fisik dengan stok yang ada di sistem.

Itu dia penjelasan tentang fitur aplikasi stok barang beserta manfaatnya untuk bisnis. Jadi, jangan sampai salah pilih sistem persediaan barang, ya.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Jubelio dengan Ukirama

Ukirama ERP memudahkan ratusan perusahaan mengelola bisnis setiap hari

Jadwalkan Demo

Sindhu Partomo
Sindhu Partomo

Saya seorang konsultan yang tertarik pada penulisan terkait software ERP, Data Analisis, dan Supply Chain Management

You Might Also Like