Bagaimana Menjaga Hubungan Bisnis Dengan Pelanggan Selama Pandemi

bagaimana_menjaga_hubungan_bisnis_dengan_pelanggan_selama_pandemi

Seperti yang telah kita ketahui bahwa sejak tahun 2020 para pemilik bisnis di seluruh dunia menghadapi lingkungan ekonomi yang menantang. Banyak bisnis yang mengalami penurunan penjualan secara drastis, bahkan sampai pada gulung tikar karena wabah COVID-19. Melihat hal tersebut, Anda para pebisnis tentu membutuhkan strategi jitu untuk mengelola bisnis dan menjaga hubungan bisnis yang harmonis dengan pelanggan selama masa pandemi ini.Hubungan bisnis dengan pelanggan sendiri merupakan hal yang sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Jika sekali-kali Anda mengabaikannya, bisnis Anda sewaktu-waktu pun bisa tumbang. Akan tetapi, untuk tetap terhubung dengan pelanggan saat ini tentunya menjadi lebih sulit. Ketika jarak sosial diterapkan, kerumunan dilarang, tatap muka dibatasi, apa yang dapat Anda lakukan untuk tetap diingat ketika Anda tidak dapat dilihat secara langsung oleh pelanggan? Ternyata, banyak cara untuk mempertahankan pelanggan Anda. Berikut ini adalah beberapa cara dan tips dalam menjaga hubungan bisnis dengan pelanggan selama pandemi:

Pasang kebijakan COVID-19 dimana saja

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan memberitahu pelanggan tentang rencana bagaimana perusahaan Anda berjalan. Hal ini dapat membantu Anda berkomunikasi secara konsisten untuk meyakinkan pelanggan bahwa bisnis Anda beroperasi dengan benar. Saat ini orang cenderung mencari tahu terlebih dahulu tentang protokol/ kebijakan yang diterapkan bisnis selama pandemi sebelum mereka berkunjung.Oleh karenanya, Anda bisa mulai dengan membuat aturan sesuai dengan kebijakan setempat. Misalnya, mewajibkan pelanggan untuk memakai masker, membatasi jumlah orang di toko, mengurangi jam operasional, dll. Dan yang terpenting, pasang atau sebarkan tentang kebijakan tersebut ke seluruh saluran informasi yang Anda miliki. Termasuk di pintu depan toko, website, akun media sosial, dan Google Maps. 

Tunjukkan sisi kepedulian bisnis Anda

Menurut sebuah riset, brand/ bisnis yang peduli dengan lingkungan sekitar memiliki potensi disukai konsumen karena dianggap tidak hanya berfokus pada menghasilkan uang semata. Adapun beberapa tips dapat menunjukkan kepedulian Anda yang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan Anda. Antara lain kepedulian yang sifatnya hanya lewat komunikasi seperti membuat konten yang mengajak kesadaran tentang pentingnya social distancing, konten cara meningkatkan imun tubuh, dsb. Bisa juga dengan menunjukkan kepedulian dengan tindakan langsung, seperti berdonasi sosial kepada tenaga kesehatan atau masyarakat yang terdampak pandemi.

Permudah jalur pemesanan online

Saat pelanggan Anda bersantai dan bekerja di rumah sambil mempraktekan social distancing, Anda harus tetap terhubung secara virtual dengan mereka. Buatlah produk/ jasa Anda lebih mudah untuk mereka akses dan dibeli secara online. Posting produk Anda di kanal jual beli online yang Anda kehendaki. Lalu beri tahu pelanggan Anda melalui media sosial atau email bahwa produk tersedia untuk dipesan secara online kapan dan dimanapun ia berada.

Hadirkan layanan lain untuk kemudahan bertransaksi 

Anda pun juga dapat mengkreasikan metode pemesanan secara online dengan model transaksi lain yang akan meningkatkan pengalaman pelanggan Anda. Contohnya hadirkan layanan pesan lewat aplikasi, web, chat Whatsapp, atau telepon baru kemudian pelanggan bisa mengambilnya di toko setelah pesanan siap. Atau bisa juga dengan layanan drive thru. Teknik ini efektif untuk mengurangi jumlah orang di toko Anda yang secara bersamaan mampu meningkatkan minat pelanggan tetap bersama Anda karena kemudahan yang Anda tawarkan.

Optimalkan kehadiran Anda di media sosial terpopuler

Menurut data pada Januari 2021 yang dirilis oleh platform hubungan sosial Hootsuite, pengguna media sosial aktif di Indonesia telah tumbuh 6,3 persen atau  sekitar 10 juta orang selama pandemi. Inilah kesempatan bagi Anda untuk terlibat dalam komunitas pengguna media sosial. Terutama di media sosial terpopuler seperti Instagram dan Facebook.Teruslah memposting pembaruan rutin, tidak hanya posting seputar produk. Melainkan juga bagikan konten yang mengedukasi, menghibur, dan sesuai dengan perasaan yang dirasakan semua orang. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengadakan kontes/ kuis-kuis untuk mengajak pelanggan berpartisipasi dan aktif dalam kompetisi untuk memenangkan reward menarik.

Selenggarakan virtual event

Jika bisnis Anda membatalkan acara karena pandemi atau mungkin Anda ingin mencoba apa yang dilakukan oleh banyak pebisnis lainnya, cobalah mengadakan virtual event. Virtual Event saat ini cukup efektif bagi bisnis untuk tetap terhubung dan berbaur dengan basis pelanggan.Anda bisa mengadakan virtual event dalam rangka peluncuran produk baru, atau webinar edukasi mengenai hal tertentu yang masih berkaitan dengan produk/ layanan Anda. Dan pastikan bagikan informasi acara Anda dengan mempostingnya di media sosial, situs web Anda, dan melalui email. Jangan lupa ajak peserta untuk bergabung dalam acara melalui aplikasi obrolan video dari rumah mereka masing-masing.

Berikan penawaran dan diskon khusus 

Meskipun mungkin sulit untuk melakukan penjualan karena daya beli konsumen yang turun, Anda bisa mendorong pelanggan secara halus untuk tetap mendukung bisnis Anda bahkan di masa depan. Buatlah mereka merasa istimewa dengan menawarkan program eksklusif. Contohnya tawarkan diskon, cashback, dan voucher lainnya. Selain dapat membantu bisnis Anda terus mendapatkan penjualan, cara ini juga dapat mempertahankan interaksi positif dengan pelanggan hingga mempertahankan loyalitas pelanggan.

Wujudkan customer service yang cepat tanggap dan responsif

Percayalah bahwa pelanggan Anda tidak hanya selalu senang tentang harga murah. Mereka juga ingin dilayani dan diperhatikan dengan baik. Sebelumnya mungkin Anda sudah memiliki tim CS yang siap menjawab dan melayani pertanyaan dan keluhan pelanggan. Namun, di saat pandemi ketika Anda menutup sebagian akses fisik maka secara otomatis lebih banyak lagi pelanggan yang mungkin akan menghubungi bisnis Anda lewat jalur online. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi lonjakan chat/ telepon dari pelanggan sebaiknya tambah amunisi untuk mengoptimalkan layanan cs Anda.Jangan biarkan pelanggan menunggu lama bahkan terabaikan hanya karena tim CS tidak memadai. Pastikan Anda selalu merespon dengan baik dan cepat karena hal ini membuat hati pelanggan senang. Dan ini akan membantu bisnis mengembangkan jasa/produk Anda menjadi lebih baik lagi.Demikian 8 tips/ cara yang dapat Anda terapkan untuk menjaga hubungan bisnis dengan pelanggan selama pandemi. Pada intinya, memang ada masa-masa menantang bagi setiap bisnis. Tetapi bisnis Anda masih dapat terus berkembang jika Anda mau mencoba pendekatan baru mengikuti kondisi dan tren terkini. Kami harap kami telah memberi Anda banyak hal untuk Anda pahami. Semoga bermanfaat!


You Might Also Like