Mengenal Omnichannel Marketplace Solusi Kelola Toko Online

Ilustrasi Omnichannel

Daftar Isi


Mungkin kamu pernah mendengar istilah omnichannel marketplace, khususnya bagi kamu yang mempunyai bisnis online. Tapi, apa yang dimaksud dengan omnichannel marketplace? Sebenarnya, omnichannel adalah salah satu strategi yang umumnya digunakan para pelaku usaha dengan memanfaatkan berbagai saluran penjualan dan komunikasi untuk memberikan pengalaman belanja yang baik bagi pelanggan. Dimana, sistem omnichannel akan menghubungkan ke semua saluran penjualan yang kamu miliki, seperti marketplace, website, social commerce, hingga toko fisik ke dalam satu sistem sehingga pelanggan bisa berbelanja dari berbagai toko. Untuk lebih lengkapnya, kita simak penjelasannya di artikel ini.

Apa itu Omnichannel Marketplace?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Omnichannel marketplace adalah sebuah sistem yang mengintegrasikan berbagai saluran penjualan sehingga operasional bisnis bisa dilakukan lebih efisien sekaligus memberikan pengalaman belanja customer yang baik. Tentunya, penggunaan aplikasi omnichannel marketplace ini, selain memberikan kemudahan bagi bisnis, sistem toko online juga dapat menciptakan pengalaman yang konsisten saat berinteraksi dengan brand. Umumnya, fitur yang disediakan pun juga sangat lengkap, mulai dari proses pesanan, manajemen stok barang, sampai membalas chat customer. Karena, sudah terhubung ke seluruh channel penjualan, maka diharapkan penggunaan sistem ini dapat memberikan kemudahan bagi konsumen ketika berbelanja secara online maupun membeli produk secara online dan mengambilnya di toko offline secara langsung.

Fungsi Omnichannel Untuk Bisnis

Tujuan penggunaan software omnichannel adalah untuk mempermudah operasional bisnis sekaligus sebagai cara dalam memaksimalkan kepuasan pelanggan. Selain itu, masih ada beberapa fungsi Omnichannel, diantaranya:

  1. Terintegrasi ke berbagai channel penjualan Kamu bisa mengintegrasikan semua saluran penjualan, baik online maupun offline, seperti toko fisik, marketplace, social commerce, dan website ke dalam satu dashboard.
  2. Mempercepat Pengambilan Keputusan. Dimana kamu bisa mengontrol stok barang, total penjualan, minat konsumen, dan tren penjualan serta analisis kepuasan konsumen juga jadi lebih mudah sehingga membuat kamu bisa mengambil keputusan dengan lebih cepat.
  3. Menghubungkan Layanan Online dan Offline. Karena sudah terintegrasi dengan semua channel penjualan, kamu juga bisa nih mempermudah pelanggan untuk memesan produk secara online kemudian mengambilnya di toko fisik terdekat. Dengan begitu, transaksi dapat dilakukan lebih mudah dan aman sekaligus bisa tetap dipantau dari satu tempat.

Rekomendasi Platform Omnichannel Untuk Bisnis

Apakah kamu mulai tertarik untuk menggunakan sistem omnichannel?

Kalau iya, ada salah satu platform omnichannel yang bisa kamu gunakan adalah Jubelio Omnichannel yang menyediakan berbagai fitur yang lengkap untuk menunjang operasional bisnismu, baik bisnis online maupun bisnis offline.

Mulai dari, fitur sync stock, manajemen pesanan, integrasi ke semua saluran penjualan, balas chat customer, software POS, sistem manajemen gudang, hingga pengiriman barang. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai Jubelio, bisa cek selengkapnya disini>>>

Sistem omnichannel marketplace tentunya memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap berjalannya bisnis, khususnya bagi kamu yang mempunyai banyak toko dan tidak hanya berjualan di satu marketplace saja.

*Artikel ini hasil kerjasama Jubelio dan Ukirama

Ukirama ERP memudahkan ratusan perusahaan mengelola bisnis setiap hari

Jadwalkan Demo

Sindhu Partomo

Seorang penulis dengan fokus pada Branding dan Digital Marketing

You Might Also Like