12 Cara Meningkatkan Produktivitas Pekerja Pada Pabrik Anda

12_cara_meningkatkan_produktivitas_pekerja_pada_pabrik_anda

Untuk mempertahankan bisnis anda tak hanya bergantung pada sebesar profit yang dihasilkan namun seberapa hebat anda melatih para pekerja yang bekerja untuk anda. Mensejahterakan karyawan perusahaan sama halnya memakmurkan diri anda sendiri. Pasalnya karyawan jadi lebih termotivasi dan bekerja lebih baik untuk menghasilkan produk berkualitas. Produktivitas yang meningkat tentu akan mendorong bagian sales untuk bekerja lebih giat agar tidak terjadi penumpukan stok. Alhasil profit yang dihasilkan juga mampu menambahkan pundi-pundi keuangan anda dan mengembangkan bisnis jadi lebih besar lagi.

  1. Motivasi Karyawan

Langkah pertama untuk meningkatkan produktivitas pekerja tentu saja dengan memotivasi mereka. Bentuk motivasi ini bisa berupa liburan maupun penghargaan kenaikan pangkat dan gaji. Dengan mengadakan liburan bersama tentu akan meningkatkan keakraban antar karyawan.mereka juga akan jauh lebih bersemangat dan menghargai perusahaan lebih dari sebelumnya. Bagi karyawan yg menunjukkan kinerja yang baik bisa pula diberi motivasi berupa kenaikkan pangkat maupun gaji.

  1. Berikan Pelatihan Yang Cukup

Pekerja tak hanya butuh dimotivasi saja namun mendapatkan pelatihan yang cukup agar mampu memenuhi standar kemampuan yang diterapkan perusahaan. Dengan pelatihan karyawan ini pekerja juga bisa menunjukkan kinerja yang jauh lebih baik. Mereka pun jadi mampu menghasilkan produk atau jasa dengan kualitas yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

  1. Team Work

Bekerja bukan hanya tentang kemampuan individu namun juga kerja sama team. Walau didalam perusahaan pekerja terbagi atas tiap departemen namun dengan kerja sama seluruh tim sebuah pekerjaan baru bisa dilakukan dengan maksimal. Setiap departemen memiliki pekerjaan yang saling bersinggungan dengan departemen lainnya.

  1. Siapkan Perlengkapan Teknis Memadai

Untuk meningkatkan produktivitas pekerja tak hanya butuh pelaku saja namun juga peralatan teknis. Bayangkan jika anda memiliki karyawan yang memiliki kemampuan mumpuni dan giat namun perangkat yang digunakan untuk bekerja tidaklah memadai. Hasilnya karyawan tersebut juga akan terganggu pekerjaannya serta mengalami stress karena fasilitas perlengkapan teknis yang buruk.

  1. Manajemen Waktu

Tak hanya stok atau biaya saja yang perlu manajemen bahkan waktu juga perlu pengaturan yang bijak. Dengan melakukan manajemen waktu anda juga akan mudah melakukan efisiensi pekerjaan. Pekerjaan bisa selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan serta mampu menghemat biaya pula. Anda bisa membatasi waktu rapat untuk lebih mengorganisir pekerjaan.

  1. Perubahan Jabatan

Perubahan posisi dalam perusahaan terkadang diperlukan untuk menemukan pemimpin yang tepat. Dengan perubahan jabatan pula akan muncul pemikiran yang berbeda-beda dan suasana juga berbeda. Perubahan jabatan juga penting bagi karyawan untuk karirnya di masa mendatang. Untuk menjadi pemimpin sebenarnya tak harus karyawan yang berumur namun yang mampu bekerja secara kompeten sehingga karyawan muda juga bisa berkesempatan menjadi pemimpin.

  1. Berikan Deadline

Deadline diperlukan untuk mendisiplinkan pekerja agar mampu bekerja secara terorganisir. Deadline juga bisa membuat pekerja menyelesaikan pekerjaannya secara tepat waktu. Proyek juga tidak molor dan klien pun ikut senang dengan pekerjaan yang diselesaikan sesuai pada waktunya. Deadline juga bisa dijadikan tolak ukur atas sebuah pekerjaan dimasa depan. Dengan adanya deadline perusahaan mampu mengukur kemampuan perusahaan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

  1. Fokus dan Rapi

Ketika bekerja tentu karyawan anda dituntut untuk bekerja secara fokus sehingga dapat mengurangi kesalahan yang mungkin dilakukan. Untuk itu ada baiknya melarang karyawan anda untuk bermain media social atau melakukan aktivitas diluar pekerjaan saat jam kerja. Himbau karyawan anda untuk membersihkan meja kerjanya sebelum pulang. Selain terlihat lebih rapi hal ini juga mendorong karyawan untuk bekerja lebih teratur dan bersih.

  1. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Tak hanya butuh pelatihan untuk hard skill saja namun juga kesehatan fisik tak luput untuk dijaga. Meningkatkan produktivitas kerja tentu butuh tenaga agar mampu bekerja secara optimal. Ada baiknya setiap seminggu sekali lakukan olahraga bersama seperti senam pagi. Anda juga bisa menyediakan ruangan olahraga di kantor yang bisa dipakai karyawan sewaktu-waktu.

  1. Lakukan Rapat Evaluasi

Rapat dibutuhkan untuk mengkaji ulang pekerjaan yang sedang diselesaikan. Dengan melakukan rapat evaluasi anda juga memahami permasalahan yang dihadapi pada setiap proyek yang dikerjakan. Selain itu rapat tersebut juga bentuk diskusi untuk saling tukar pikiran antar karyawan demi meningkatkan kinerja perusahaan di masa depan.

  1. Berlakukan Reward dan Punishment

Memberikan reward kepada karyawan tentu memotivasi mereka menjadi pekerja yang lebih giat lagi. Selain reward anda juga perlu memberikan punishment atas kinerja mereka yang buruk. Punishment ini bisa berupa penurunan jabatan atau gaji hingga pemecatan. Reward bisa meliputi pemberian bonus maupun sertifikat.

  1. Rancang Lingkungan Yang Kondusif

Kinerja pekerja juga bisa dimotivasi dengan lingkungan yang kondusif. Apabila ruangan kerja atau kantor mereka tidak mendukung kenyamanannya maka mood karyawan juga akan ikut memburuk. Alhasil kinerja pekerja sendiri juga akan ikut turun karena sulit berkonsentrasi.


You Might Also Like