banner iklan

7 Bisnis Waralaba (Franchise) yang Menguntungkan di Masa Pandemi Covid-19

7_bisnis_waralaba__franchise__yang_menguntungkan_di_masa_pandemi_covid_19

Tidak bisa kita pungkiri bahwa Covid-19 telah mengubah hidup orang banyak. Covid-19 juga telah mengubah hampir semua sektor, seperti pendidikan dan ekonomi. Virus Corona ini membuat semua kegiatan mau tidak mau harus dijalankan secara online. Berkaitan dengan bisnis, tidak sedikit para pelaku bisnis harus rela memotong gaji karyawannya guna menutupi biaya operasional. Selain itu, tidak sedikit juga perusahaan yang terpaksa memutus hubungan kerja atau mem-PHK karyawannya karena perusahaan tidak kuat lagi membayar gaji seluruh karyawannya tersebut.Para pelaku bisnis harus memutar otak menemukan solusi agar tidak terus larut dalam kondisi yang sulit seperti ini. Mereka harus memikirkan cara bagaimana agar pendapatan mereka kembali normal. Jika kondisi ini terus dibiarkan, usaha mereka sudah pasti akan bubar karena masih belum pasti kapan virus ini berakhir dan kapan pemerintah akan mulai mengizinkan semua aktivitas normal kembali.

Bisnis Waralaba yang Menguntungkan di Masa Pandemi Covid-19

Sejak pemerintah menerapkan kebijakan Physical Distancing karena wabah Covid-19 sudah semakin meningkat, menyebabkan banyak para pelaku bisnis harus rela usaha mereka mengalami penurunan yang drastis. Bahkan tidak sedikit juga yang harus gulung tikar. Meskipun begitu, sebenarnya masih ada beberapa usaha yang malah permintaannya semakin meningkat di masa pandemi Covid-19 ini.Lalu apa saja bisnis waralaba atau franchise yang menguntungkan di masa pandemi Covid-19? Berikut ini rekomendasi terbaik untuk Anda.

  1. Marketplace dan Toko Online

Di era industri 4.0, berbagai kebutuhan sudah tersedia secara online. Kebijakan untuk melakukan physical distancing dan tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan menghalangi seseorang untuk datang ke tempat atau pusat perbelanjaan. Mereka terhalangi untuk membeli kebutuhan pokok maupun kebutuhan tersier. Dengan adanya toko online serta marketplace, maka mereka bisa lebih mudah mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa bisnis waralaba yang satu ini mengalami peningkatan di masa pandemi. Bagi Anda yang berniat membuka franchise, kami menyarankan agar Anda mengambil paket investasi yang paling minimal yang dapat dimulai dari rumah.Para franchisor atau pemilik merek biasanya telah menyediakan paket investasi (tanpa booth) dengan modal yang terjangkau. Anda juga bisa meminta bantuan dari franchisor agar toko online Anda terdaftar di layanan ojek online.

  1. Jasa Ekspedisi

Masih berkaitan dengan bisnis waralaba yang pertama, penjualan secara online pastinya tidak bisa lepas dari bisnis pengantaran. Setiap produk yang didapatkan secara online tentu saja sebelumnya sudah ada orang yang akan yang mengantarkan produk atau barang tersebut ke pelanggan. Peningkatan penjualan di toko online juga sejalan dengan peningkatan pengiriman baik melalui ojek online maupun melalui jasa ekspedisi.

  1. Farmasi dan Alat-alat Kesehatan

Bisnis waralaba yang juga menguntungkan di masa pandemi Covid-19 adalah farmasi serta alat-alat kesehatan. Di tengah kondisi seperti ini, kebutuhan akan obat-obatan, vitamin, dan juga alat-alat kesehatan terutama masker dan APD mengalami peningkatan. Selain itu, apotek merupakan toko yang tetap diizinkan untuk buka di tengah wabah Corona asalkan menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah.Hal ini membuat para pengusaha farmasi tidak perlu khawatir omset mereka akan menurun. Bahkan kemungkinan besar omset mereka akan meningkat. Vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan Covid-19 berdampak positif bagi apotek dan industri farmasi.

  1. Swalayan dan Bahan Makanan Pokok

Dalam kondisi apapun, kita tidak bisa lepas dari yang namanya kebutuhan pokok. Beberapa kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak, garam, lauk, sayuran, dan lain sebagainya harus tetap terpenuhi di masa pandemi.  Biasanya toko yang menjual kebutuhan pokok tetap diperbolehkan untuk buka asalkan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.Inilah yang menjadikan omset bagi pedagang makanan pokok tidak menurun dan kemungkinan besar mengalami peningkatan. Akan tetapi, akan lebih baik jika toko sembako tersebut juga memberikan layanan secara online. Hal ini membuat pemilik toko secara tidak langsung juga mendukung gerakan tetap di rumah untuk menekan angka penyebaran virus Corona.

  1. Makanan Instan dan Frozen Food

Sekarang, tidak sedikit masyarakat yang menginginkan makanan yang dapat disajikan secara praktis namun tahan lama. Masyarakat mulai mempertimbangkan untuk membeli frozen food atau makanan beku ketika pemerintah menyarankan untuk tetap di rumah agar penyebaran virus dapat ditekan. Selain itu, makanan ringan atau snack juga menjadi pilihan masyarakat untuk menunda lapar atau hanya sekadar cemilan ketika bekerja di rumah (work from home).Kondisi seperti inilah yang menjadi peluang bagi para reseller makanan instan, frozen food, maupun makanan ringan untuk menjual produk mereka secara online. Omsetnya pun tidak mengalami penurunan dan kemungkinan juga mengalami peningkatan.

  1. Jasa Telekomunikasi

Siapa yang tidak butuh internet? Sekarang internet sudah menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Di zaman yang serba maju seperti sekarang, rasanya internet sudah tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Terlebih lagi ketika muncul kebijakan work from home yang membuat banyak orang bekerja dari rumah dan sekolah dari rumah.Kondisi seperti ini membuat kebutuhan internet semakin tinggi karena kita harus tetap online agar bisa mengerjakan tugas, mengikuti pelajaran, maupun menjalankan bisnis kita. Omset yang diperoleh jasa telekomunikasi sudah tentu akan mengalami peningkatan dari sebelum masa pandemi sehingga menjadikan bisnis ini tetap mendapatkan keuntungan.

  1. Bisnis Makanan Sehat

Selain bisnis makanan beku dan makanan instan, ternyata bisnis makanan sehat juga bisa menjadi pilihan terbaik di masa pandemi. Banyak masyarakat yang mulai membiasakan mengonsumsi makanan sehat. Bukan karena mengikuti tren, melainkan sudah timbul kesadaran tentang pentingnya menjaga pola makan sehat agar tubuh tetap sehat. Bisnis yang menjual paketan menu catering dengan beragam jenis diet seperti diet mayo dan diet  karbo mulai banyak diminati. Untuk membuat bisnis tersebut lebih variatif, Anda bisa menyediakan paket menu makanan sehat seperti sayuran dan lauk yang bisa langsung dimasak di rumah.Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai beberapa bisnis waralaba yang menguntungkan di masa pandemi Covid-19. Semoga bermanfaat.


You Might Also Like