Bagaimana manfaat software ERP untuk toko mebel

Gambar Blog Ukirama Bagaimana manfaat software ERP untuk toko mebel

Tahukah anda penggunaan software ERP untuk toko mebel memiliki banyak manfaat? Salah satu software ERP terbaik di Indonesia yakni Ukirama ERP memiliki banyak manfaat yang dapat membantu perkembangan toko mebel anda. Baik bisnis kecil maupun yang berskala besar, akan merepotkan jika kita menangani bisnis tersebut dengan seorang diri. Kalaupun sudah menggunakan karyawan yang berkualitas masalah dalam dunia bisnis tidak dapat terhindarkan.Dari situlah anda harus memahami manfaat pemakaian aplikasi ERP terbaik di Indonesia, khususnya dalam membantu anda untuk mengurus toko mebel. Dalam pembahasan ini, kita akan melihat bersama tentang hal-hal yang mengenai software ERP terbaik 2023 dari penggunaanya hingga sampai manfaatnya dalam bisnis mebel anda. Simak selengkapnya!Daftar IsiApa itu ERP?                                                                                     Kenapa harus Menggunakan ERP untuk Toko Mebel?          1. Menawarkan Fitur yang Terbaik                                          2. Lebih Fleksibel                                                                        3. Laporan Keuangan lebih Akurat                                        4. Dapat Memantau Kinerja Karyawan                                 5. Manajemen Konsumen & Partner                                      Inilah Rekomendasi Software ERP yang Terbaik untuk Bisnis Toko Mebel                                                    

Apa itu ERP?

Sebelum kita melihat manfaat software ERP untuk toko mebel, sebaiknya kita mencari tahu tentang apa itu software ERP. ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning yang merupakan software untuk membantu anda dalam manajemen data usaha dengan melalui rangkaian aplikasi yang terintegrasi. Secara umum, ERP ini adalah software yang akan mengotomatisasi proses usaha, mengontrol hingga menyatukan data bisnis yang anda lakukan.Data-data tersebut termasuk data supply chain, akuntansi, manufaktur, pemasaran, penjualan hingga Sumber Daya Manusia. Apabila informasi telah dikompilasi dalam sistem ERP, maka anda sebagai pemilik mebel akan dapat melihat seluruh data yang ada dalam satu aplikasi saja. Mulai dari mencari metode peningkatan proses, menganalisa strategi dan menghasilkan strategi untuk meningkatkan efisiensi dalam pencapaian tujuan toko mebel dapat direncanakan dengan data yang tersimpan.Hal ini juga akan membantu anda dalam menghemat biaya maupun produktivitas karena waktu yang dibutuhkan sangat singkat untuk memperoleh data yang diperlukan. ERP ini menjadi suatu sistem yang berhubungan dengan pengaturan data usaha atau bisnis, dan seringkali digunakan oleh para pebisnis yang berskala kecil ataupun besar. Dapat dikatakan jika pemakaian dari aplikasi toko mebel terbaik tahun 2023 yang sudah terintegrasi yakni Ukirama ERP merupakan sesuatu hal yang sangat bermanfaat bagi bisnis itu sendiri.

Kenapa harus Menggunakan ERP untuk Toko Mebel?

Uraian yang sudah terbahas diatas dapat kita ketahui alasan-alasan kenapa harus menggunakan ERP untuk toko mebel. Tapi untuk istilah orang awam, ERP ini menjadi suatu sistem yang akan memfasilitasi operasi toko mebel di setiap divisi yang ada. Dengan penggunaan aplikasi ERP terbaik untuk bisnis mebel di Indonesia, pebisnis dapat meningkatkan sumber daya toko yang ada, apakah itu untuk kebutuhan kepegawaian maupun proses produksi.Sistem ERP ini berperan sebagai alat digital yang dapat membantu suatu perusahaan dalam pengelolaan inventaris, pengontrolan rantai pasokan, otomatisasi akuntansi dan lain sebagainya. Pada saat ini, sudah temukan banyak industri dari berbagai macam sektor yang telah menggunakan software ERP. Kenapa? Mungkin karena 5 alasan yang ada dibawah ini.

1. Menawarkan Fitur yang Terbaik

Bisa dikatakan jika software ERP dapat dikategorikan sebagai salah satu jenis aplikasi logistik terlengkap untuk toko mebel. Bagaimana tidak? software ERP menawarkan berbagai macam fitur yang dapat membantu perkembangan toko mebel anda menjadi lebih baik kedepannya. Coba perhatikan berbagai macam fitur yang ada dibawah ini.

  • Accounting: Merupakan fitur yang sangat berguna dalam pengelolaan data finansial atau keuangan yang masuk maupun keluar. Aplikasi laporan akuntansi untuk toko mebel yang seperti ERP ini akan meliputi neraca, catatan keuangan, rekonsiliasi bank, manajemen, pajak, pembukuan hingga kewajiban lainnya dan beberapa aktivitas akuntan lainnya.
  • HRM: Human Resource Management bekerja untuk mengefisiensikan pekerjaan dalam divisi HR dan SDM. Hal-hal yang seperti ini termasuk dengan evaluasi kinerja, lembur atau cuti, kehadiran dan lain sebagainya serta manajemen penggajian dengan pengembalian biaya pegawai dalam perjalanan pada kondisi tertentu.
  • Sales: Software ERP atau aplikasi untuk toko mebel online terbaik juga menawarkan fitur sales yang mana ini akan mencatat alur kerja dari sistem penjualan yang berupa sales order, proposal penawaran, faktur dan laporan penjualan.
  • Inventaris: Dengan adanya software ERP atau aplikasi untuk toko mebel online terbaik, pelaku usaha dapat memantau dan memonitoring persediaan agar bisa melakukan penjadwalan kembali, penyusunan laporan yang berupa inventaris dan forecasting.
  • Purchasing: Sangat berguna dalam menangani data dalam pengadaan material, misalnya mencatat permintaan maupun penawaran, purchasing order, daftar supplier dan lain sebagainya.
  • Manufacturing: Fitur ini bisa menangani hal-hal dalam alur pergerakan mulai dari material, perencanaan produk, pembuatan nota material, pemantauan produksi secara harian dan lain-lainnya.

2. Lebih Fleksibel

Salah satu manfaat software ERP pada toko mebel adalah bisnis tersebut dapat berjalan dengan fleksibel. Perlu diketahui kalau ERP tidak hanya mengetahui tentang perubahan besar saja, melainkan perubahan yang kecil yang dapat terjadi, misalnya berkurang atau bertambahnya pegawai, produk baru yang terdeteksi dengan perubahan terhadap fasilitas produksi. Inilah yang menjadikan ERP sebagai Sistem Manajemen Inventory toko mebel.Dengan software pengelola bahan baku mebel terbaik yang terintegrasi dengan sistem ERP, tentu ini akan mendatangkan hasil produksi yang lebih baik sehingga menciptakan suatu barang di toko mebel yang berkualitas tinggi.

3. Laporan Keuangan lebih Akurat

Dalam satu usaha, tentu saja laporan keuangan menjadi salah satu hal yang sulit untuk kita kerjakan. Karena ada banyak hal yang harus diperkirakan untuk mendapatkan hasil laporan yang berkualitas. Adanya laporan keuangan yang akurat, tentu akan membantu pemilik toko mebel dalam mengambil keputusan yang baik di masa depan. Ibaratnya kelancaran bisnis di masa depan itu hanya tergantung dengan laporan keuangan di masa sekarang ini.Jika kita tidak menggunakan aplikasi ERP, tentu sungguh merepotkan dalam menulis manual laporan keuangan bisnis yang ada. Namun penggunaan software laporan keuangan untuk toko mebel bisa menjadi solusi yang baik dalam pengambilan keputusan di masa depan. Software ERP dapat membantu pemilik toko untuk menghitung dan mencatat hingga menyusun suatu bentuk laporan keuangan.

4. Dapat Memantau Kinerja Karyawan

Pelaku usaha dapat memetakan potensi pegawai dengan akurat hingga memberikan pengembangan terhadap karyawan dengan cara yang lebih tepat. Tentu saja ini akan membuat karyawan toko mebel anda menjadi lebih terampil dan kompetensinya juga akan meningkat sehingga memberikan kontribusi yang baik terhadap bisnis anda saat ini.Selain itu, anda juga dapat mengukur performa dari karyawan yang berdasarkan dengan kriteria yang sudah ditetapkan sebelumnya. Software ERP menjadi aplikasi manajemen karyawan mebel yang bisa diandalkan. Yang mana melalui sistem ERP, perusahaan bisa mengevaluasi kinerja karyawan serta memberikan feedback dengan tepat dan menentukan langkah untuk perkembangan selanjutnya.

5. Manajemen Konsumen & Partner

Terakhir adalah toko mebel bisa memperkuat suatu hubungan yang erat antara konsumen dengan partner. Ini bisa memberikan insight tentang supplier, partner dalam pengiriman barang serta pihak lainnya. Aplikasi supplier mebel terlengkap yang sudah terintegrasi ini bisa menciptakan kerjasama yang baik pada konsumen dan partner. Tidak hanya itu saja, ERP bisa melacak respon atas tiket support serta pengembalian lain-lainnya sehingga toko mebel dapat mengontrol kepuasan konsumen.

Inilah Rekomendasi Software ERP yang Terbaik untuk Bisnis Toko Mebel

Bagaimana dengan manfaat software ERP untuk toko mebel seperti yang diuraikan diatas? apakah anda tertarik untuk menggunakan layanan aplikasi ERP? Bagi anda yang merasa tertarik dan ingin mengembangkan bisnis toko mebel yang ada, sebagai solusinya anda dapat menggunakan layanan ERP Ukirama. Umumnya sistem ERP ini dipakai oleh departemen yang akan bertanggung jawab terhadap pergudangan, inventaris serta logistik perusahaan.Bukan hanya sebagai solusi untuk usaha distribusi saja, Ukirama ERP juga menawarkan modul dalam akuntansi, pembelian atau penjualan hingga modul HR atau sumber daya manusia. Dengan berlangganan pada layanan Ukirama ERP, maka toko mebel anda bisa semakin berkembang. Karena sistem ERP aplikasi tersebut mampu menangani masalah persediaan, volume pesanan atau komunikasi terhadap ritel dan supplier.Ukirama ERP akan berperan dalam meningkatkan kepuasan konsumen, memangkas waktu, memangkas biaya, memberikan kegiatan gudang menjadi efisien serta supply chain makin terjaga hingga mengetahui biaya secara realtime. Hal-hal tersebut dapat bermanfaat terhadap usaha toko mebel dan memiliki pengaruh yang besar. Jadi, mulai saat ini anda dapat menggunakan aplikasi ERP Ukirama apabila ingin menjalankan segala bisnis yang ingin anda geluti.


You Might Also Like