Berikut 4 Tipe Kompetisi (Persaingan) dalam Bisnis dan Strategi Memenangkannya

berikut_4_tipe_kompetisi__persaingan_dalam_bisnis_dan_strategi_memenangkannya

Dewasa ini, persaingan bisnis sudah semakin ketat. Mereka yang tidak mampu bertahan sudah pasti akan terasingkan dan mau tidak mau harus melakukan berbagai macam cara agar mampu bertahan. Persaingan dunia bisnis yang semakin ketat ini juga menuntut kita harus memiliki jiwa pemikir dan pemenang. Artinya, kita tidak boleh mudah menyerah meskipun produk kita banyak yang menyaingi.Selain itu, kita harus tetap berpegang teguh untuk bersaing secara sehat dan tidak boleh memikirkan cara-cara yang tidak baik. Yang tidak kalah penting adalah kita juga harus memikirkan seperti apa strategi yang tepat agar supaya konsumen atau pelanggan kita tidak berpaling dan akan setia terhadap produk yang kita jual.Sebenarnya ada beberapa cara atau strategi yang bisa diterapkan agar supaya bisnis yang kita jalani tetap bertahan dan malah akan semakin berkembang lebih baik. Lalu bagaimana cara memenangkan persaingan tersebut? Berikut ini akan kami berikan informasinya kepada anda. Namun sebelum itu, anda harus mengetahui informasi terlebih dahulu seputar tipe kompetisi atau persaingan dalam bisnis.

Tipe Persaingan atau Kompetisi dalam Bisnis

  1. Persaingan Generik

Tipe persaingan yang pertama adalah persaingan generik. Persaingan generik lebih berfokus pada target pasar atau target market. Tipe ini muncul dikarenakan target pasar maupun konsumen yang sama. Maksudnya, dua perusahaan yang menjual produk dengan konsumen yang sama akan menimbulkan persaingan generik.

  1. Persaingan Bentuk

Persaingan bentuk terjadi ketika suatu perusahaan memproduksi barang yang ternyata memiliki kemiripan dengan barang yang diproduksi perusahaan lain. Hal ini mengakibatkan terjadinya persaingan bentuk yang semakin lama akan semakin kompetitif seiring dengan berbagai terobosan yang dilakukan oleh kedua perusahaan tersebut. Contoh dari persaingan bentuk adalah persaingan antara perusahaan yang sama-sama menjual susu.

  1. Persaingan Industri

Tipe persaingan yang ketiga dinamakan persaingan industri. Persaingan ini terjadi pada saat perusahaan memproduksi produk yang memiliki kelas produk sama. Salah satu contohnya adalah persaingan yang terjadi antara perusahaan minuman dalam kemasan. Antar perusahaan tersebut sama-sama bersaing untuk menjajakan produk minuman kemasannya sehingga di sini akan terjadi persaingan atau kompetisi.

  1. Persaingan Merk

Untuk jenis persaingan yang satu ini mungkin seringkali Anda menemukannya. Persaingan merk terjadi ketika antar perusahaan memproduksi barang yang sama, namun memiliki perbedaan pada merknya. Padahal harga dari produk tersebut tidak terlalu memiliki perbedaan yang signifikan. Kedua produk tersebut sama-sama merupakan minuman kemasan yang memiliki harga relatif sama. Yang membedakan adalah merk dari keduanya.

Strategi dalam Bisnis

Setelah Anda mengetahui apa saja yang termasuk ke dalam tipe persaingan atau kompetisi dalam dunia bisnis. Maka berikut ini kami juga akan menjelaskan tentang apa saja strategi yang harus Anda implementasikan agar supaya Anda bisa menjadi pemenang dalam persaingan yang ketat tersebut.

  1. Harga yang kompetitif

Strategi pertama yang harus Anda terapkan adalah pastikan harga dari produk yang dijual mempunyai harga yang kompetitif. Maksudnya, harga yang Anda bandrol untuk produk Anda tersebut tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan harga produk dari pesaing. Ketika harga suatu produk malah melambung tinggi sementara harga dari produk pesaing tetap, maka kemungkinan besar Anda tidak akan bisa memenangkan kompetisi tersebut.Namun, bagi Anda yang memiliki target pasar dengan kelas yang berbeda mungkin Anda masih bisa menaikkan harganya asalkan produk Anda benar-benar berkualitas dan ditunjang dengan berbagai keunggulan lain yang tidak dimiliki oleh produk pesaing. Sebaliknya, harga yang terlalu murah untuk mengikat minat konsumen juga bukan pilihan yang tepat.Hal seperti ini malah bisa menjadi boomerang untuk produk Anda sendiri. Konsumen pun kemungkinan akan mulai berspekulasi apakah produk yang Anda jual memiliki kualitas yang bagus atau tidak karena Anda menjualnya dengan harga murah.

  1. Berikan pelayanan terbaik

Semua bisnis yang dijalani sudah pasti selalu berkaitan dengan target pasar. Target pasar itulah yang dinamakan manusia. Siapapun manusia di dunia ini tidak akan suka diremehkan atau ditindas. Manusia akan sangat suka ketika mereka dihormati atau dihargai karena akan membuatnya merasa senang dan bangga.Sekarang, strategi memenangkan persaingan pasar tidak selamanya harus mengedepankan harga. Harga memang merupakan faktor yang penting namun terkadang ada faktor lain yang juga harus dipertimbangkan yakni berkaitan dengan pelayanan kepada konsumen. Pelayanan yang terbaik akan membuat konsumen merasa nyaman dan betah menjajal produk Anda. Bahkan kemungkinan besar produk yang Anda jual semakin memiliki minat yang tinggi dikarenakan pelayanan terbaik yang Anda berikan. Jika bingung bagaimana cara memberikan pelayanan terbaik, coba Anda amati bagaimana karyawan bank melayani nasabahnya. Anda bisa memperhatikan bagaimana mereka bertutur kata dan menghormati nasabahnya. Dari sini Anda bisa belajar untuk memberikan pelayanan terbaik sehingga bisa Anda terapkan di perusahaan Anda.

  1. Memperluas pasar

Strategi untuk menjadi pemenang dalam persaingan yang ketat juga bisa Anda lakukan dengan memperluas pasar. Perlu Anda pahami bahwa memperluas pasar di sini bukan berarti Anda harus banyak-banyak membuka outlet atau cabang di berbagai tempat. Hal ini memang diperlukan untuk semakin memperkenalkan produk Anda semakin banyak dikenal.Namun memperluas pasar juga bisa Anda lakukan dengan cara menambah produk yang Anda jual. Anda juga harus merencanakan seperti apa target pasar Anda terhadap produk baru yang Anda jual tersebut. Contohnya ketika sekarang produk yang Anda jual hanya menjangkau para remaja saja, maka Anda bisa menjual produk yang memiliki target ibu rumah tangga.

  1. Melakukan promosi 

Promosi juga menjadi sebuah strategi yang sangat penting untuk tetap bersaing. Melakukan promosi dengan benar dan tepat akan membuat produk Anda semakin banyak dikenal. Memang biaya untuk promosi sendiri tidak murah. Akan tetapi, cara ini terbukti efektif untuk memperkenalkan produk Anda agar supaya bisa bersaing dan bahkan menjadi pemenang di antara perusahaan lain yang menjual produk yang sama. Maka dari itu, pilihlah promosi yang tepat, termasuk juga orang yang akan mempromosikan produk tersebut juga harus benar-benar mampu.


You Might Also Like