Definisi, Kelebihan dan Kekurangan Program Afiliasi dari Sisi Perusahaan dan Affiliate

definisi__kelebihan_dan_kekurangan_program_afiliasi_dari_sisi_perusahaan_dan_affiliate

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, konsep internet of thing pun semakin berkembang. Semua hal bahkan hingga transaksi keuangan semuanya bisa dilakukan hanya menggunakan gadget dan sambungan internet. Bukan hanya itu, internet of thing juga memperkenalkan berbagai macam bisnis dengan skema yang baru. Anda bukan hanya dituntut untuk menjual sesuatu, tetapi menjadi orang yang memastikan ada yang melihat produk perusahaan induk Anda pun sudah menjadi bisnis tersendiri.Contoh sederhana tersebut merupakan mekanisme dari afiliasi marketing. Jika Anda belum terlalu familiar dengan afiliasi marketing Ukirama akan menyajikan informasi seputar afiliasi marketing. Mulai dari penjelasan secara umum apa itu afiliasi marketing, keunggulan dan kekurangan dari skema ini juga mekanisme kerja dari afiliasi marketing. Sebagai perusahaan yang memproduksi barang atau jasa, marketing memang hal yang penting terutama jika ditawarkan dan mampu membuka lingkup pasar yang lebih luas.

Apa itu Program Afiliasi? 

Jika Anda merupakan perusahaan startup dengan modal yang relatif terbatas juga belum memiliki produk yang ditawarkan Anda dapat menjadi perusahaan afiliasi marketing. Perusahaan afiliasi marketing merupakan model bisnis dimana Anda melakukan promosi untuk produk milik perusahaan atau bisnis lain. Setiap pembeli yang melakukan pembelian menggunakan link yang Anda sediakan, Anda akan menerima sejumlah fee yang menjadi keuntungan Anda. Fee yang diberikan oleh perusahaan yang produknya Anda promosikan berkisar antara 5%-20% dari harga produk yang ditawarkan. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang begitu besar tetapi jika Anda ingin fokus pada bisnis ini Anda dapat menambahkan untuk upgrade alat-alat lebih yang profesional. Tools yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis ini adalah website yang menjadi media Anda melakukan promosi juga link afiliasi yang Anda dapatkan ketika mendirikan bisnis ini juga sebagai media untuk mempromosikan produk-produk dari perusahaan yang Anda promosikan. Dari sisi perusahaan yang menggunakan program afiliasi ini akan memperoleh kemudahan dalam mempromosikan produknya dengan skema yang rasional dan efisien.

Apa Saja Kelebihan dari Program Afiliasi?

Setelah Anda mengetahui apa itu program bisnis afiliasi, Anda harus mengetahui apa saja kelebihan dan keuntungan yang diperoleh jika Anda terjun dalam bisnis ini. Berikut adalah list keuntungan menggunakan program afiliasi:

  • Murah 

Program afiliasi tergolong murah, karena dalam skemanya Anda menggunakan persentase. Terdapat biaya tetap yang dikeluarkan, namun keuntungan utama yang diperoleh dari perusahaan afiliasi adalah dari persentase setiap penjualan melalui link afiliasi Anda. Menggunakan program afiliasi ini juga dapat mendorong efisiensi perusahaan Anda karena biaya tetap yang perusahaan Anda keluarkan untuk tenaga kerja khususnya bidang marketing dapat dirampingkan melalui skema afiliasi ini. 

  • Kebutuhan Tenaga Kerja yang Minim

Jika biasanya Anda memerlukan beberapa pihak untuk melakukan pemasaran, mulai dari kepala pemasaran hingga sales dengan menggunakan afiliasi marketing ini Anda dapat meminimalisir biaya tersebut. Sebagai produsen, Anda dapat focus untuk memproduksi dan mengirimkan barang-barang pesanan yang dipesan melalui program afiliasi tadi. 

  • Pendapatan Mengalir 24/7

Keuntungan ini sebenarnya lebih kepada perusahaan afiliasi yang bisa menerima keuntungan selama 24/7. Karena setiap pemesanan yang dilakukan pembeli melalui link afiliasi, perusahaan afiliasi akan menerima keuntungan sejumlah yang dijanjikan oleh perusahaan Anda dan program afiliasi. 

  • Memperluas Jaringan Pasar

Menjalankan bisnis artinya Anda harus siap bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya. Dalam berbisnis juga hal yang terpenting adalah membangun jaringan pasar yang luas. Salah satu keuntungan yang ditawarkan oleh perusahaan afiliasi adalah membuka jaringan pasar yang luas bahkan mencakup pasar internasional. Hal ini merupakan salah satu keuntungang yang Anda peroleh jika menggunakan jasa program afiliasi. 

  • Meminimalisir Risiko 

Anda bisa melihat trend penjualan setiap periodenya. Begitupun jika Anda menggunakan program afiliasi dalam berbisnis. Anda dapat melihat trend penjualan sehingga dapat memprediksi jumlah produk yang harus diproduksi setiap periodenya. Dengan mengetahui trend penjualan yang dilakukan Anda dapat meminimalisir risiko dimana produk-produk Anda belum laku terjual di pasar sehingga dapat menurunkan keuntungan Anda.

Adakah Kekurangan dari Program Afiliasi?

Walaupun menawarkan berbagai keuntungan untuk perusahaan Anda, namun afiliasi marketing ini juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan dari program afiliasi marketing ini antara lain:

  • Biaya Marketing Bulanan 

Biaya marketing yang keluar setiap bulannya tergantung pada jumlah penjualan lewat program afiliasi tersebut. Rata-rata pengeluaran antara 5%-20% tergantung kesepakatan antara perusahaan Anda dan perusahaan afiliasi marketing. Jumlah biaya marketing yang harus dibayarkan tentu jauh lebih efisien jika dibandingkan menggunakan strategi marketing konvensional. 

  • Persaingan yang Ketat dengan Perusahaan yang Menggunakan Jasa Serupa

Jasa yang ditawarkan oleh perusahaan afiliasi bukanlah program eksklusif yang hanya bisa dimiliki oleh Anda. Perusahaan-perusahaan pesaing Anda kemungkinan menggunakan strategi marketing yang sama melalui program afiliasi. Sehingga persaingan akan semakin ketat. Walaupun sudah memaksimalkan marketing melalui program afiliasi, tetapi tidak menutup level persaingan yang akan semakin kompetitif.

Bagaimana Cara Kerja Program Afiliasi?

Seperti yang sudah disinggung pada bagian sebelumnya, perusahaan Anda akan melakukan kerjasama dengan perusahaan afiliasi dalam memasarkan produk-produk yang sudah disepakati. Perusahaan afiliasi akan menerima 5%-20% fee dari setiap penjualan yang berhasil dilakukan melalui link perusahaan afiliasi. Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika ingin menggunakan jasa perusahaan afiliasi ini adalah dengan mencari perusahaan afiliasi terbaik yang menurut Anda terpercaya dan dapat meningkatkan penjualan produk yang Anda inginkan. Kemudian membuat kesepakatan mengenai jumlah fee yang dibayarkan juga biaya-biaya lainnya yang dibutuhkan. Ketiga, Anda akan memproses semua pesanan yang muncul via link afiliasi perusahaan yang bekerjasama dengan perusahaan Anda. Tahap selanjutnya, perusahaan afiliasi akan menampilkan link yang mengarah pada produk yang Anda jual. Kemudian, setiap bulannya perusahaan afiliasi akan mengirimkan invoice untuk setiap produk yang terjual melalui link perusahaan afiliasi yang bekerjasama. Terakhir, Anda membayarkan fee dari setiap penjualan yang berhasil dilakukan.Pada artikel ini Ukirama sudah memberikan informasi terperinci mengenai penjelasan program afiliasi, bagaimana keuntungan dan kekurangan dari menggunakan jasa program afiliasi juga mekanisme kerja dari program afiliasi. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi tambahan jika Anda sedang melakukan riset untuk menggunakan jasa program afiliasi tersebut. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.


You Might Also Like