Pengenalan Prive pada CV (Comanditaire Venootschap) beserta Fungsinya

fungsi_prive_pada_cv

CV merupakan singkatan untuk Comanditaire Venootschap yang berasal dari bahasa belanda yang artinya persekutuan komanditer. CV merupakan salah satu bentuk perusahaan yang didirikan minimal dua orang yang mana ada yang sebagai sekutu aktif dan ada yang disebut sebagai sekutu pasif. Sekutu aktif atau juga disebut dengan komanditer, yaitu orang yang menjalankan perusahaan dan berhak melakukan tindakan atas operasional perusahaan. Sekutu pasif hanya bertugas memberikan modal dalam perusahaan saja dan tidak ikut menangani kepengurusan perusahaan. Syarat pendirian CV sendiri diantaranya, yaitu sebagai berikut :

  1. Fotokopi KTP sekutu pasif dan aktif
  2. Fotokopi NPWP sekutu pasif dan sekutu aktif
  3. Nama CV
  4. Surat keterangan domisili perusahaan
  5. Foto direktur ukuran 3 x 4
  6. Surat izin usaha perdagangan
  7. Pembuatan tanda daftar perusahaan

Ciri – Ciri CVCiri CV sendiri diantaranya ialah memiliki sekutu aktif dan pasif. Kegiatan operasional tergantung pada sekutu aktif karena bertindak sebagai pemimpin sekutu. CV juga mudah berkembang dan mendapatkan pendanaan dari pihak perbankan. Mendirikan CV sangatlah mudah dan kemampuan manajemen badan usaha lebih besar. Modal yang disetorkan dalam CV juga tidak mudah untuk ditarik kembali.PriveDalam transaksi CV terdapat istilah prive, yakni pengambilan dana yang dilakukan oleh pemilik perusahaan untuk keperluan pribadinya sehingga mampu mengurangi modal perusahaan.  Prive sendiri bersaldo debit. Prive ini biasa muncul dalam laporan perubahan modal  yang mampu mengurangi jumlah modal anda. Pengambilan prive juga bisa dilakukan sewaktu-waktu.  Prive sendiri juga tidak termasuk dalam objek pajak penghasilan sebuah CV. Hal ini berdampak prive tidak bisa dibiayakan dalam laporan keuangan yang ditujukan untuk kebutuhan perpajakan.Kategori Transaksi PrivePrive tidak hanya dalam bentuk uang kas saja namun juga bisa berupa aktiva tetap dan tidak tetap. Prive juga bisa dalam bentuk barang dagangan CV tersebut. Beberapa transaksi yang bisa dikategorikan ke dalam prive diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Penarikan modal yang dilakukan oleh sekutu aktif maupun sekutu pasif
  2. Gaji yang dibayarkan kepada sekutu aktif dan sekutu pasif yang modalnya tidak terbagi dalam saham
  3. Pengeluaran yang dipakai untuk kepentingan pribadi anggota perseroan komanditer
  4. Pembagian laba dengan nama baik dalam bentuk apapun

Walaupun prive bisa diambil kapan saja namun perhitungannya dilakukan pada akhir tahun sebagai pengurang pendapatan bersih maupun modal pada periode tersebut. Apabila pengambilan prive melebihi bagian keuntungan yang diterima oleh anggota sekutu maka pengambilan prive tersebut harus mengembalikan kelebihannya. Bagaimana Mengatur Prive Dalam CV Anda?Tidak ada salahnya jika Anda hendak mengambil prive, namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua biaya untuk kepentingan pribadi Anda menjadi tanggung jawab perusahaan. Oleh karena itu, bedakan pengeluaran yang bersifat bisnis dengan pengeluaran pribadi. Berikut beberapa tips untuk Anda yang memiliki persekutuan komanditer dalam mengatur prive dalam perusahaannya :

  • Boleh mengambil aktiva maupun kas dalam perusahaan namun tidak melebihi dari pembagian laba yang dimiliki masing-masing sekutu.
  • Menyediakan dana cadangan yang tidak bisa diambil sebagai prive yang difungsikan untuk dana darurat perusahaan untuk kebutuhan mendadak di masa depan.
  • Memisahkan keperluan pribadi dan perusahaan sehingga masing–masing sekutu tak selalu mengandalkan prive untuk memenuhi kebutuhannya
  • Sebisa mungkin pengambilan prive dibatasi dikarenakan tidak bisa dibebankan sebagai biaya dalam perpajakan.
  • Lakukan evaluasi penggunaan prive agar pemakaian prive ini tidak melebihi laba yang ada.

Apakah Prive Baik Untuk Perusahaan?Sebenarnya, pengambilan prive merupakan hal yang sah atau wajar. Jika berlebihan, maka perusahaan Anda juga bisa diambang kebangkrutan. Biarpun Anda merupakan pemilik perusahaan, namun penting membedakan antara kebutuhan pribadi dan perusahaan. Apabila perusahaan tidak memiliki dana untuk kegiatan operasionalnya, maka kinerja perusahaan juga menurun untuk memenuhi permintaan pelanggan Anda. Boleh saja mengambil prive asal tidak melebihi laba yang dihasilkan dan telah disetujui oleh anggota sekutu lainnya. Jangan sampai perkara prive ini membuat perusahaan Anda kehilangan pemimpin karena perpecahan kekuasaan. Walaupun pendirian CV tergolong mudah namun jenis badan usaha ini juga sangat rentan terkena konflik.


You Might Also Like