Tingkatkan Produktivitas Bisnis Kontraktor Dengan Teknologi Software Konstruksi

Tingkatkan Produktivitas Bisnis Kontraktor Dengan Teknologi Software Konstruksi

Tingkatkan Produktivitas Bisnis Kontraktor Dengan Teknologi Software KonstruksiTingkatkan produktivitas bisnis kontraktor dengan teknologi menjadi hal yang penting dalam proses pembangunan yang memiliki perencanaan sempurna. Ini juga menjadi aktivitas konsultan bisnis dalam pemberian arahan terhadap proyek pembangunan.Secara umum, definisi teknologi dalam bisnis konstruksi merupakan suatu ilmu yang akan mempelajari tentang aspek mengenai manajerial serta teknologi industri di bidang konstruksi. Dengan adanya teknologi ini, dapat mempermudahkan kemajuan perusahaan kontraktor anda.Sementara software konstruksi merupakan aplikasi ERP konstruksi yang bermanfaat dalam manajemen bisnis konstruksi. Kehadiran dari software

ERP untuk konstruksi ini dapat membantu pengelola dalam mengelola bisnisnya dengan waktu yang tepat.

Jenis & Contoh Teknologi Software Konstruksi

Jika anda telah memahami tentang penjelasan singkat mengenai teknologi . Maka selanjutnya anda dapat meningkatkan produktivitas bisnis kontraktor dengan sistem konstruksi berbasis web melalui jenis dan contohnya.Bagi anda yang ingin tingkatkan produktivitas bisnis kontraktor dengan teknologi software konstruksi. Ketahuilah jenis dan contohnya seperti pada uraian dibawah ini.

1. Aplikasi Manajemen Penawaran dan Pengumpulan Data

Pada saat ini sudah tersedia beberapa macam aplikasi manajemen penawaran dan pengumpulan data. Dimana aplikasi tersebut akan berguna dalam mengelola banyaknya aspek proyek bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang konstruksi.Perangkat lunak untuk konstruksi yang seperti ini bisa merampingkan hal-hal yang mengenai penjadwalan, manajemen back office dan manajemen proyek. Umumnya, software seperti ini termasuk dalam aplikasi konstruksi berbasis cloud.Jadi, sangat memungkinkan bagi perusahaan kontraktor untuk berbagi setiap perubahan dengan beberapa pemangku kepentingan yang secara real-time. Dengan demikian, komunikasi ataupun kolaborasi antar tim dapat ditingkatkan.

2. Teknologi VR (Virtual Reality)

Virtual Reality atau biasa disebut VR dapat membantu perusahaan kontraktor untuk melatih pegawai mereka agar tetap bekerja dengan cara yang aman dalam lingkungan kerja.Tentunya dengan teknologi konstruksi terbaru seperti ini, anda dapat melatih para tenaga kerja dalam mempelajari potensi tantangan pada lingkungan kerja sebelum masuk ke lokasinya serta memulai proyek.Dengan teknologi VR, mereka akan siap menghadapi setiap tantangan yang akan dihadapi. Yang pastinya keamanan yang ada di lokasi kerjanya juga akan meningkat sekaligus menghindari cedera serius maupun kecelakaan di lokasi tertentu.

3. Drone

Drone menjadi sebuah teknologi yang terbaru dalam bidang konstruksi. Dan pada saat ini juga cukup populer dalam kalangan pebisnis konstruksi. Perusahaan yang memakai teknologi ini bertujuan untuk mengidentifikasi lokasi kerja sehingga bisa mengetahui potensi berbahaya.Drone yang dipakai seringkali didukung dengan kameranya yang cukup canggih dan beresolusi tinggi. Dengan begitu, data yang dikumpulkan bisa dipakai oleh suatu perusahaan dalam pembuatan peta model 3D serta topografi interaktif hingga tindakan pengukuran volume.

4. Software Akuntansi Konstruksi

memiliki manfaat yang besar untuk keberhasilan perusahaan kontraktor anda. Seiring berkembangnya bidang konstruksi, pengintegrasian data di tiap bidang hingga lokasi serta kontraktor,  penting untuk anda lakukan. yang terintegrasi bertujuan agar bisa mendapatkan visibilitas end-to-end pada kontrak, klien hingga pembukuan keuangan. Aplikasi akuntansi konstruksi juga dapat menyelesaikan permasalahan rekonsiliasi penagihan biaya dan kontrak di akhir bulan/tahun.Tantangannya juga akan berlipat apabila tersedia audit yang berasal dari serikat pekerja. Apabila perusahaan anda ingin mencegah tantangan ini, maka anda dapat memanfaatkan teknologi untuk proses bisnis yang anda jalankan.

5. Software BIM (Building Information Modelling)

Software BIM merupakan salah satu teknologi konstruksi yang biasanya akan menggabungkan representasi 3D bangunan agar pemangku kepentingan yang kelihatan beda dengan proyek bisa berkolaborasi dengan efektif.Software ini dapat membuat proyek desain bangunannya menjadi lebih baik. Tiap perubahan yang dilakukan oleh para anggota akan dikirimkan pada anggota lainnya dengan cara real time lewat software konstruksi otomatis.

6. Machine Learning (ML) & Artificial Intelligence (AI)

Dua teknologi ini memiliki manfaat yang dapat menyempurnakan data konstruksi yang ada hingga bisa menerima informasi yang berharga. Informasi tersebut bisa membuat perusahaan menjadi lebih baik dalam mengambil keputusan maupun mengarahkan peningkatan produktivitas.Perusahaan konstruksi seringkali akan menerapkan berbasis AI sehingga bisa mengidentifikasi aspek sebuah proses yang mana akan terjadi dalam pemborosan waktu.Jadi, perusahaan bisa mengevaluasi serta memperbaiki aspek tersebut dalam peningkatan efisiensi proses yang menyeluruh.

Fungsi Teknologi Software Konstruksi

Untuk tingkatkan produktivitas bisnis kontraktor dengan teknologi , dimana anda harus mencari tahu tentang fungsi yang dimilikinya.Fungsi pemakaian konstruksi ini untuk memberikan efisiensi yang maksimal dalam proyek bisnis perusahaan. Pemantauan dari proyek bisnis konstruksi bisa dilakukan dengan akurat dan cepat. Oleh karena itu pengelola prospek bisnis bisa terlaksana dengan mudah.Umumnya, konstruksi juga menerapkan fungsinya dari sebuah proyek bisnis dengan pemanfaatan sumber daya yang secara efektif serta efisiensi sehingga dapat mencapai tujuan. Adapun fungsi-fungsi lainnya yang perlu diketahui.

1. Planning

Fungsi pertama adalah planning. Dimana aktivitas ini berfungsi untuk menentukan proyek bangunan yang mana anda kerjakan, bagaimana caranya dan kapan dilaksanakan. Seorang pemimpin harus mengambil keputusan untuk rencana dari pembuatan konstruksi.

2. Organizing

Selanjutnya organizing dimana fungsinya untuk membentuk perusahaan ataupun divisi yang diperlukan dalam menjalankan proyek yang sesuai dengan rencana anda. Manajer juga mempunyai hak dalam memberikan penempatan anggota atau tim kerja pada suatu divisi yang ada.

3. Actuating

Dengan kegiatan yang seperti ini, maka bisa memberikan motivasi, pelatihan hingga bimbingan maupun arahan lainnya pada bawahan untuk melaksanakan tugas atau tanggung jawabnya yang sudah direncanakan.

4. Controlling

Kegiatan ini akan berfungsi untuk mengawasi aktivitas proyek serta melakukan evaluasi. Apabila terjadi penyimpangan di suatu divisi dalam proyek berlangsung, seorang manajer dapat melakukan pencegahan agar supaya bisa diatasi masalah penyimpangan tersebut.

Peran Teknologi Software Konstruksi

Peran teknologi ini sangat penting, dimana ini dapat dijadikan sarana maupun prasarana pembangunan proyek. Teknologi ini juga bisa memberikan dukungan pada setiap pekerjaan yang ada, atau berhubungan dengan aktivitas manusia.Sebenarnya, tujuan dari teknologi ini untuk memberikan kemudahan bagi setiap bentuk konstruksi, baik itu konstruksi jembatan, rel kereta api hingga jalan dan bangunan yang ada.Sebuah negara juga wajib untuk memberikan dorongan terhadap peningkatan peran ini sehingga dapat mengoptimalkan efisiensi serta kualitas dari sebuah produk. Sebagai prinsip dasar teknologi akan menerapkan yang namanya konstruksi industri 4.0.Dengan demikian juga peranan penting dari teknologi untuk bisnis kontraktor bisa berupa beberapa hal yang tersedia pada uraian berikut ini.

  • Mengoptimalkan proses transportasi maupun komunikasi yang berupa pembangunan infrastruktur jalan serta rel kereta api hingga jembatan.
  • Mengoptimalkan proses dari pembangunan gedung dan apartemen dengan teknologi terbaik dan berkualitas tinggi.
  • Mendukung setiap pekerjaan dan aktivitas manusia di dalam pembuatan toko, kantor hingga gedung dan lain sebagainya.

Fitur Umum Teknologi Software Konstruksi

Teknologi

merupakan solusi yang terbaik untuk meningkatkan produktivitas bisnis kontraktor yang anda miliki. Hal tersebut karena sudah didukung dengan fitur-fitur terbaik dalam suatu

yang ada.Sebagai pembahasan yang mengenai fitur-fitur dari sebuah teknologi , dimana anda dapat melihat pembahasan yang tersedia dibawah ini.

1. Monitor Aktivitas Proyek

Agar bisa memastikan tentang perkembangan proyek yang sedang berjalan sesuai dengan rencana atau tidak. Maka pengelola proyek harus memantau perkembangan proyek tersebut sehingga bisa melihat gambarannya seperti apa, baik itu tentang biaya, tenaga dan waktu.Selain itu, fitur monitor aktivitas proyek juga bisa melakukan pengelolaan mengenai pendelegasian tugas buat pegawai yang memiliki tanggung jawab pada proyek konstruksi.Pengoptimalan pengelolaan yang berupa dokumen juga bisa dilakukan dengan memantau dan melacak, atau menyederhanakan pengelolaan dokumen-dokumen konstruksi hingga bisa memastikan kelangsungan proyek yang sesuai dengan rencana.

2. Efisiensi pada Pengelolaan Material

Teknologi mampu melacak ketersediaan bahan-bahan baku dengan cara yang nyata hingga mengefisienkan proses dari stock opname.Tak sampai disitu, melalui teknologi ini juga perusahaan dapat mengetahui jumlah stok dengan akurat untuk tiap lokasi konstruksi. Pemantauan yang secara internal juga bisa dilakukan apabila melakukan transfer pada lokasi konstruksi, penggunaan material dan lain-lainnya.

3. Efektifkan Pengelolaan dari Purchasing

Fitur umum teknologi yang paling terakhir adalah mengefektifkan pengelolaan purchasing. Tentunya ini akan membuat perusahaan mudah terhindar dari pengeluaran yang tak penting atau pemborosan.Bahkan anda bisa menerima penawaran yang terbaik dari tiap vendor ketimbang RFQ atau Request for Quotation. Beberapa kemudahan lainnya bisa anda temukan dengan teknologi ini.Diantaranya kemudahan dalam melaksanakan kegiatan online tender, vendor portal dalam mengelola maupun memantau vendor yang dimiliki oleh perusahaan kontraktor.Dengan demikian pembahasan kita saat ini. Semoga anda yang ingin tingkatkan produktivitas bisnis kontraktor dengan teknologi

bisa berjalan dengan baik dan dapat memajukan perusahaan anda sendiri.


You Might Also Like