5 Rekomendasi Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2023!

Rekomendasi bisnis tahun 2023

Daftar Isi


Walau setengah tahun sudah berlalu, masih banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan di tahun 2023. Disamping bisa memberikan penghasilan tambahan, membuka bisnis juga dapat memberikan banyak pelajaran mulai dari cara mengatur keuangan, cara berkomunikasi dengan pelanggan, sampai dengan belajar mempromosikan bisnis. Akan tetapi tidak sedikit juga yang kesulitan dalam mencari ide bisnis di tahun 2023.

Peluang Bisnis Tahun 2023

Tidak perlu lagi kesulitan dalam mencari ide bisnis di tahun 2023, dengan berkembangnya teknologi dan mudahnya informasi, banyak peluang usaha yang bisa dicoba. Bahkan hanya dari rumah saja sudah bisa membuka usaha yang menghasilkan keuntungan. Untuk memulai bisnis tidak boleh asal-asalan, karena diperlukan niat dan konsistensi untuk mengembangkann bisnis kedepannya. Terlebih saat ini sudah banyak perusahaan besar yang memiliki bisnis di berbagai bidang. Oleh karena itu perlu inovasi dan ide bisnis baru agar bisa bersaing dengan baik di pasar.

Untuk menentukan bidang bisnis apa yang akan diambil, kamu harus memperhitungkan beberapa aspek, mulai dari jenis bisnis, produk yang akan dijual, supplier yang akan memasok barang, target pasar yang akan dimasuki, serta strategi marketing yang akan digunakan.

Bagi kamu yang sudah berniat membuka usaha, di bawah ini ada beberapa rekomendasi bisnis yang trend di tahun 2023. Yuk, simak selengkapnya dibawah ini!

1. Bisnis Restoran All You Can Eat (AYCE)

Bisnis Ayce

Kenapa bisnis All You Can Eat? Bisnis All You Can Eat mempunyai daya tarik marketing tersendiri yang mudah dikenali dimata masyarakat, dimana pelanggan dapat mengambil makanan sepuasnya dalam waktu terbatas. Bisnis All You Can Eat seringkali menjadi tempat favorit untuk merayakan perayaan tertentu seperti hari ulang tahun, perayaan perusahaan, hari kelulusan atau hanya sekedar makan bersama keluarga, yang artinya pelanggan akan datang dengan membawa cukup banyak orang bersama. Tentu hal ini menjadi potensi keuntungan tersendiri karena biaya tarif makan di All You Can Eat dihitung berdasar jumlah orang.

Bisnis ini juga menerapkan sistem self service yang mana tidak memerlukan tenaga koki, pemasak dan pramusaji yang banyak, karena pelanggan sendiri yang mengambil makanan dan memasak makanannya, sehingga biaya operasional restoran bisa lebih berhemat dan mengalokasikan dana untuk keperluan lain.

Untuk memaksimalkan keuntungan, perlu juga diterapkan strategi “display buffet” dimana perlu disiapkan beberapa makanan pendamping yang bervariasi agar pelanggan tidak hanya fokus ke makanan utama saja. Dikarenakan banyaknya bahan makanan yang digunakan, kamu perlu memilih supplier yang bisa memberikan harga spesial. Jika perlu, kamu bisa langsung bertransaksi dengan petani atau peternak, sehingga harga yang didapatkan bisa lebih murah.

Konsep yang unik juga perlu diperhatikan sebelum membuka bisnis restoran All You Can Eat, karena bagi pelanggan, semakin unik sebuah konsep yang ditawarkan maka konsumen akan semakin tertarik mengabadikan momen dan mengunggahnya di media sosial pribadi mereka. Terlebih saat ini semakin banyak influencer dan youtuber yang melakukan review terhadap restoran unik. Ketika hal ini viral, maka secara tidak langsung dapat membantu brand restoran semakin berkembang dengan cepat.

2. Bisnis Franchise

Bisnis Franchise

Bisnis franchise (waralaba) merupakan salah satu bentuk kerjasama bisnis antara pemilik merek dagang, produk, atau sistem operasional. Dimana Kerja sama tersebut memberikan izin bagi kedua pihak untuk menggunakan merek, produk, dan sistem operasional dalam menjalankan bisnis.

Dalam praktiknya, orang yang memiliki usaha atau bisnis tersebut dinamakan franchisor atau pewaralaba, sedangkan pembeli lisensi bisnis tersebut adalah franchisee atau terwaralaba. Sama halnya dengan jenis bisnis lain, bisnisfranchise menawarkan berbagai keuntungan bagi kedua belah pihak, baik itu sebagai pemilik maupun pembeli hak bisnis.

Keuntungan ini antara lain: Perkembangan bisnis relatif cepat, Minim marketing dan memiliki rekan bisnis profesional yang terpercaya. Di tahun 2023 ini, bisnis franchise merupakan salah satu bisnis yang cocok dilakukan oleh wirausahawan atau pun pemula yang ingin mulai berkarir sebagai seorang pengusaha.

Dengan memilih bisnis waralaba, sebagai pengusaha kita tidak perlu memikirkan strategi bisnis yang digunakan, karena baik perencanaan dan sistem operasional sudah ditentukan terlebih dahulu oleh pemilik bisnis atau franchisor. Dengan begitu, kita hanya perlu menjalankan sistem operasional dan prosedur yang sudah dibuat.

Kemudahan tersebutlah yang membuat banyak orang merasa bisnis waralaba akan menguntungkan. Dengan bisnis franchise ini, kemungkinan besar bisnis akan berkembang relatif cepat tanpa perlu repot menyiapkan produk untuk meningkatkan valuasi bisnis. Jadi, kamu hanya perlu menyiapkan tempat dan modal untuk menjalankan bisnis waralaba yang telah disepakati.

3. Bisnis Katering Online

Bisnis Katering Online

Di tahun 2023 ini, bisnis katering online memiliki peluang semakin besar untuk meraup keuntungan. Pasalnya, saat ini masyarakat memiliki kecenderungan untuk lebih suka beli makanan di luar melalui Go Food, Grab Food, Shopee Food, dibandingkan memasak sendiri.

Dari segi kepraktisan dan biaya, masak makanan sendiri bisa lebih mahal dan memakan waktu, lebih murah langsung membeli makanan jadi atau berlangganan katering karena mendapatkan diskon, variasi menu yang beragam, dan kelezatan rasa yang konsisten. Oleh karena itu, bisnis katering online memiliki peluang yang bagus di tahun 2023.

Bisnis katering online dapat dimulai dengan melakukan survei harga biaya operasional. Hasil analisa survey tersebut akan menunjukkan seberapa besar pengeluaran operasional bisnis perharinya. Dari sini kamu bisa mencari pemasok bahan makanan yang berkualitas tapi termurah di kelasnya. Dengan begitu biaya operasional harian akan bisa ditekan, serta potensi keuntungan akan meningkat.

4. Bisnis Reseller

Bisnis Reseller

Ingin memulai usaha, namun hanya punya sedikit modal? Tidak perlu khawatir, bisnis reseller adalah solusinya. Reseller merupakan sebuah alternatif untuk memulai usaha dengan menjual kembali produk dari toko lain (supplier).

Tidak perlu menyetok banyak produk adalah salah satu keuntungan bisnis reseller. Dimana, reseller dapat memesan produk ke supplier berdasarkan permintaan pelanggan saja. Selain itu reseller juga dapat mengambil banyak produk dari berbagai supplier, sehingga reseller memiliki beragam produk jual yang bisa dipasarkan.

Kerugian juga lebih bisa dihindari, karena reseller bisa mengadopsi sistem pre-order, yang mana pembelian produk didasarkan pada jumlah pesanan yang masuk, sehingga tidak ada stock sisa yang mengendap atau tidak laku. Kamu juga tidak memerlukan gudang yang besar, karena bisa menggunakan gudang supplier, nantinya barang jualan akan langsung dikirimkan dari gudang tersebut.

5. Bisnis Laundry Kiloan

Bisnis Laundry Kiloan

Laundry kiloan adalah salah satu usaha yang selalu punya peluang baik di pasar. Terlebih jika kamu tinggal di kota-kota besar dengan mobilitas tinggi dan aktivitas yang cukup sibuk sehari-harinya. Banyak pekerja tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencuci pakaiannya sendiri.

Tidak terbatas pada pekerja saja, bisnis laundry kiloan juga dibutuhkan oleh mahasiswa kosan yang sibuk dengan aktivitas perkuliahannya. Dengan banyaknya kebutuhan ini, membuka bisnis laundry kiloan akan menjadi peluang baik di tahun 2023. Terlebih untuk memulai bisnis ini tidak memerlukan modal yang terlalu besar, dengan modal sekitar 10jt, kamu sudah dapat membuka bisnis laundry kiloan di rumah.

Pada saat libur perayaan hari besar seperti idul-fitri dan natal, permintaan akan jasa laundry juga akan semakin meningkat. Untuk memenuhi permintaan yang banyak ini, diperlukan manajemen operasional serta waktu yang baik, agar pakaian dapat dicuci dan kering sesuai waktu yang telah disepakati oleh pelanggan. Penentuan supplier sabun cuci yang terjangkau juga menjadi satu strategi untuk menekan biaya operasional. Dengan begitu bisnis laundry kiloan akan bisa mendapatkan keuntungan maksimalnya.

Kesimpulan

Apapun bisnis yang akan kamu jalankan, diperlukan perencanaan yang matang, serta konsistensi dalam menjalankannya. Pemilihan supplier juga menjadi kunci agar dapat menekan biaya operasional harian. Selain itu, konsep unik dan inovasi produk juga menjadi keharusan agar bisnis tersebut punya nilai unik di mata masyarakat. Pemanfaatan media teknologi dan internet juga menjadi solusi untuk mengembangkan bisnis secara cepat di tahun 2023.

Untuk semakin mempermudah operasional bisnis harian, kamu juga bisa menggunakan software ERP. Software ERP akan melancarkan berbagai pekerjaanmu, mulai dari pencatatan akuntansi, keuangan, inventory stock, manufaktur dan proyek yang kamu jalankan. Tidak perlu lagi melakukan pencatatan secara manual, semua akan dicatat dan dikelola secara otomatis oleh software ERP. Kami juga merekomendasikan Ukirama ERP sebagai pilihan software ERP terbaik. Terlebih Ukirama ERP sudah dipercaya oleh banyak perusahaan sejak tahun 2018. Kini mengembangkan bisnis secara singkat bukan hal yang sulit lagi dengan Ukirama ERP.

Ukirama ERP memudahkan ratusan perusahaan mengelola bisnis setiap hari

Jadwalkan Demo

Aththaariq Rizki

Saya seorang konsultan yang tertarik pada penulisan terkait software ERP, Data Analisis, dan Supply Chain Management

You Might Also Like