Buku Akuntansi Digital vs. Cetak: Mana yang Lebih Baik?

Sindhu Partomo
Buku Akuntansi Digital vs. Cetak: Mana yang Lebih Baik?

Daftar Isi


Saat ini, kamu memiliki dua pilihan utama untuk mempelajari dasar-dasar akuntansi: buku akuntansi digital dan cetak. Masing-masing format memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, sehingga penting untuk memilih yang terbaik untuk kebutuhanmu.

Artikel ini bertujuan untuk membantumu memahami perbedaan antara buku akuntansi digital dan cetak, serta membantu kamu memilih format yang tepat untuk kebutuhan belajarmu.

Pengertian Buku Akuntansi Digital dan Cetak

Buku Akuntansi Digital:
Buku akuntansi digital adalah buku yang disajikan dalam format elektronik. Buku ini dapat diakses melalui berbagai perangkat, seperti komputer, tablet, dan smartphone.

Buku Akuntansi Cetak:
Buku akuntansi cetak adalah buku yang disajikan dalam format fisik, seperti kertas. Buku ini dapat dibaca secara langsung tanpa memerlukan perangkat elektronik.

Kelebihan Buku Akuntansi Digital

  • Portabilitas: Buku akuntansi digital dapat dibawa kemana saja dengan mudah karena tidak memerlukan banyak ruang penyimpanan.
  • Aksesibilitas: Buku akuntansi digital dapat diakses kapan saja dan di mana saja, asalkan kamu memiliki perangkat elektronik dan koneksi internet.
  • Fitur Pencarian: Buku akuntansi digital umumnya dilengkapi dengan fitur pencarian yang memudahkan kamu untuk menemukan informasi yang kamu cari dengan cepat.
  • Pembaruan: Buku akuntansi digital dapat diperbarui dengan mudah oleh penerbit, sehingga kamu selalu mendapatkan informasi terbaru.
  • Ramah Lingkungan: Buku akuntansi digital tidak memerlukan kertas, sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan buku cetak. Di era ini, kamu harus sudah memerhatikan aspek lingkungan dalam pengambilan keputusan sekecil apapun.

Contoh Buku Akuntansi Digital:

  • Accounting Principles 14th Edition by Walter B. Meigs, Robert F. Meigs, and Barry J. Nixon (Kindle)
  • Financial Accounting: Reporting and Analysis by James R. Clasing, Michael H. Haka, Mark A. Mazur, and Richard L. Skousen (eTextbook)
  • Intermediate Accounting by Donald R. Kieso, Jerry J. Weygandt, and Terry D. Zahn (eTextbook)

Kelebihan Buku Akuntansi Cetak

  • Kemudahan Membaca: Banyak orang lebih suka membaca buku dalam format cetak karena lebih mudah dibaca dan dipahami dibandingkan dengan membaca di layar.
  • Catatan dan Anotasi: Buku akuntansi cetak memungkinkan kamu untuk membuat catatan dan anotasi langsung di buku, sehingga lebih mudah untuk mereview materi.
  • Ketersediaan Offline: Buku akuntansi cetak dapat diakses kapan saja dan di mana saja tanpa memerlukan koneksi internet.
  • Koleksi: Bagi beberapa orang, memiliki buku akuntansi cetak dapat menjadi bagian dari koleksi buku yang berharga.

Contoh Buku Akuntansi Cetak:
Financial Accounting and Reporting: Comprehensive Coverage by David Hermanson, John A. Heath, and Paul R. Williams
Accounting: Principles and Applications by Robert F. Meigs, Robert H. Meigs, and Barry J. Nixon
Intermediate Accounting by Donald R. Kieso, Jerry J. Weygandt, and Terry D. Zahn

Tabel Perbandingan Buku Akuntansi Digital dan Cetak

FiturBuku Akunansi DigitalBuku Akuntansi Cetak
PortabilitasTinggiRendah
AksesibilitasTinggiRendah
Fitur PencarianAdaTidak ada
PembaruanMudahSulit
Ramah LingkunganTinggiRendah
Kemudahan MembacaRendah (tergantung perangkat)Tinggi
Catatan dan AnotasiSulitMudah
Ketersediaan OfflineRendah (membutuhkan koneksi internet)Tinggi
KoleksiRendahTinggi

Perbandingan Efektivitas Buku Akuntansi Digital dan Cetak

Efektivitas buku akuntansi digital dan cetak dalam membantu proses belajar tergantung pada preferensi individu.

Bagi orang yang lebih suka membaca di layar dan membutuhkan portabilitas tinggi, buku akuntansi digital mungkin lebih efektif.

Sedangkan bagi orang yang lebih suka membaca dalam format cetak dan ingin membuat catatan dan anotasi, buku akuntansi cetak mungkin lebih efektif.

Rekomendasi Buku Akuntansi: Digital vs. Cetak untuk Berbagai Kebutuhan

Berikut adalah beberapa rekomendasi buku akuntansi digital dan cetak untuk berbagai kebutuhan:

Untuk Pemula:

  • Digital: Accounting Principles 14th Edition by Walter B. Meigs, Robert F. Meigs, and Barry J. Nixon (Kindle)
  • Cetak: Financial Accounting and Reporting: Comprehensive Coverage by David Hermanson, John A. Heath

Untuk Mahasiswa Akuntansi:

  • Digital: Intermediate Accounting by Donald R. Kieso, Jerry J. Weygandt, and Terry D. Zahn (eTextbook)
  • Cetak: Accounting: Principles and Applications by Robert F. Meigs, Robert H. Meigs, and Barry J. Nixon

Untuk Profesional Akuntansi:

  • Digital: Financial Accounting Reporting and Analysis by James R. Clasing, Michael H. Haka, Mark A. Mazur, and Richard L. Skousen (eTextbook)
  • Cetak: Intermediate Accounting by Donald R. Kieso, Jerry J. Weygandt, and Terry D. Zahn

Contoh Buku Akuntansi Digital dan Cetak dari Penulis Indonesia
Buku Akuntansi Digital:

  • Akuntansi Keuangan Teori dan Praktik oleh Prof. Dr. Yusup Sidik, M.Acc., CPA. Buku ini tersedia dalam format e-book di Google Play Store dan Apple Books.
  • Akuntansi Biaya: Konsep, Aplikasi, dan Praktik oleh Dr. Hj. Titik Andriani, M.Acc. Buku ini tersedia dalam format e-book di Gramedia Digital.
  • Akuntansi Lanjut: Teori dan Praktik oleh Prof. Dr. H. Muhammad Nizar, M.Sc., Ak., CPA. Buku ini tersedia dalam format e-book di Blibli.com.

Buku Akuntansi Cetak:

  • Akuntansi Keuangan untuk Perusahaan Jasa oleh Dr. Ir. H. Djohan, M.Acc., CPA. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Salemba Empat.
  • Akuntansi Biaya untuk Industri Manufaktur oleh Dr. Hj. Nurhayati, M.Si., Ak. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Universitas Indonesia (UI Press).
  • Akuntansi Lanjut: Teori dan Aplikasi oleh Prof. Dr. H. Marzuki Usman, M.Acc., CPA. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Erlangga.

Tips Memilih Buku Akuntansi

  • Pertimbangkan materi yang ingin dipelajari. Pastikan buku yang kamu pilih membahas materi yang ingin kamu pelajari secara komprehensif. Misalnya, persamaan dasar akuntansi.
  • Perhatikan tingkat kesulitan buku. Pilihlah buku yang sesuai dengan tingkat kemampuanmu. Jika kamu masih pemula, pilihlah buku yang membahas dasar-dasar akuntansi dengan bahasa yang mudah dipahami.
  • Pilihlah penulis yang kredibel. Pastikan penulis buku yang kamu pilih memiliki keahlian dan pengalaman di bidang akuntansi.
  • Bacalah review dari pembaca lain. Review dari pembaca lain dapat membantu kamu untuk mengetahui kualitas buku dan apakah buku tersebut sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Tentukan kebutuhanmu. Apa yang ingin kamu pelajari dari buku akuntansi? Apakah kamu membutuhkan buku untuk mempelajari dasar-dasar akuntansi, atau kamu membutuhkan buku untuk mempelajari topik akuntansi yang lebih lanjut?
  • Pertimbangkan preferensimu. Apakah kamu lebih suka membaca di layar atau di format cetak? Apakah kamu ingin membuat catatan dan anotasi di buku?
  • Periksa fitur-fiturnya. Jika kamu memilih buku akuntansi digital, periksalah fitur-fitur yang ditawarkan, seperti fitur pencarian, fitur anotasi, dan fitur update.
  • Bandingkan harga. Bandingkan harga buku akuntansi di berbagai toko buku online dan offline.

Buku akuntansi digital dan cetak dari penulis Indonesia menawarkan berbagai pilihan untuk mempelajari akuntansi. Format dan penulis yang tepat untukmu tergantung pada preferensi individu, gaya belajar, dan kebutuhanmu.

Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, kamu dapat memilih buku akuntansi yang tepat untuk membantumu mencapai tujuan belajarmu.

Kalau kamu mau tahu lebih banyak tentang keuangan, sistem akuntansi, ERP, atau ingin bisa menjalankan pencatatan dan analisis akuntansi secara serba otomatis, pelajari fitur dari Ukirama di sini.

Sumber:

Hanggara, A. (2019). Pengantar Akuntansi. Jakad Media Publishing.
Ibrahim, E. C. (2022). Siklus Akuntansi Paham Dan Bisa!. Deepublish.
Horngren, C., Harrison, W., Oliver, S., Best, P., Fraser, D., Tan, R., & Willett, R. (2012). Accounting. Pearson Higher Education AU.

Ukirama ERP memudahkan ratusan perusahaan mengelola bisnis setiap hari

Jadwalkan Demo

Sindhu Partomo
Sindhu Partomo

Seorang penulis dengan fokus pada Branding dan Digital Marketing

You Might Also Like